Update iOS

10 May 2012 19:00 | Hits: 16748

Cara Update iOS 5.1.1 Terbaru Menggunakan Redsnow untuk Perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch

Cara Update iOS 5.1.1 Terbaru Menggunakan Redsnow untuk Perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch

Apple telah merilis update sistem operasi terbarunya untuk perangkat mobile seperti iPhone, iPad dan iPod Touch beberapa waktu lalu. Pada update iOS terbaru ini, Apple dan timnya telah menambahkan beberapa fitur tambahan, perbaikan bugs dan sistem keamanan yang sempat mengganggu perangkat produksinya tersebut. Hal ini pun mendorong Apple untuk terus menekan tim pengembangan jailbreak mereka agar melakukan update pada waktu yang tepat.

Perangkat lunak jailbreak Redsnow telah melakukan konfirmasi bahwa alatnya tersebut dapat digunakan untuk melakukan update iOS terbaru. Redsnow menawarkan tethering untuk perangkat seperti iPhone 4, iPad 1, iPod Touch 4G dan perangkat di bawahnya.

Tim dari MuscleNerd pun telah mencoba cara jailbreak update iOS terbaru ini menggunakan langkah-langkah yang diberikan oleh Redsnow. Bagi Anda yang belum melakukan pembaharuan sistem operasi perangkat iOS Anda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut menggunakan Redsnow.

  • Unduhlah perangkat lunak Redsnow terbaru yang dikembangkan oleh tim Redsnow iPhone Development untuk sistem operasi yang Anda pergunakan. Ada dua versi alat yang dapat Anda unduh, yakni versi Windows dan Mac. Untuk versi Windows, Anda dapat mengunduhnya di sini, sedangkan untuk versi Mac Anda bisa mengunduhnya di sini.
  • Kemudian sambungkan perangkat Anda dengan iTunes dan lakukan back up konten yang ada di dalam perangkat. Hal ini memang tidak menjadi hal yang harus Anda lakukan, tapi ini dapat menjadi opsi yang baik. Selain itu, Anda pun dapat melakukan optimalisasi proses back up menggunakan fitur iCloud.
  • Setelah proses back up selesai, lakukan update iOS 5.1.1. Anda dapat memilih proses update melalui setting GPRS OTA (Over The Air) perangkat atau menyambungkan perangkat iOS dengan komputer PC atau Mac. Kemudian akses iTunes dan install update iOS dengan cara mengunduh data iOS 5.1.1 sesuai dengan spesifikasi perangkat. Lalu lakukan install secara manual melalui iTunes
  • Carilah folder Redsnow yang telah diunduh sebelumnya. Unzip atau unrar file tersebut dan jalankan eksekusi data untuk membuka Redsnow.
  • Pilihlah Extras kemudian pilih Select IPSW di dalam Redsnow. Jika diminta, arahkan data IPSW yang merupakan sistem iOS 5.1 kemudian pilih file tersebut.
  • Pada tampilan homescreen Redsnow, pilihlah Jailbreak dan pastikan opsi Install Cydia sudah diaktifkan sebelum melakukan proses berikutnya.
  • Setelah itu Anda akan diarahkan agar Anda mengarahkan perangkat untuk mengikuti mode DFU. Hal ini harus dilakukan agar proses jailbreak update iOS terbaru dapat berlangsung dengan baik.
  • Jika mode DFU telah terdeteksi, secara otomatis Redsnow akan melakukan proses selanjutnya. Selama proses itu berlangsung, Anda akan menemukan garis putih yang bergulir di antara teks pada layar perngkat iOS Anda. Setelah perangkat melakukan reboot, proses jailbreak akan dinyatakan selesai dengan kehadiran ikon Cydia pada homescreen.

Setelah melakukan jailbreak update iOS terbaru ini, Anda harus menggunakan mode tethering setiap melakukan restart perangkat. Update terbaru dari Apple ini menghadirkan beberapa peningkatan terhadap kinerja sebagian fitur perangkat iOS. Jika Anda belum melakukan pembaharuan sistem operasi terbaru ini, ada baiknya jika Anda melakukan hal tersebut. Pasalnya, saat ini kode updater tersebut telah tersedia dan kemungkinan para peretas atau hacker akan mulai melakukan pekerjaannya.

Jika Anda memilih untuk mengunduh update iOS 5.1.1 langsung dari dari perangkat, Anda dapat masuk ke dalam menu Setting. Setelah masuk ke dalam menu tersebut, Anda dapat memilih opsi General dan Software Update Setelah itu unduh file sistem operasi buatan Apple tersebut yang berukuran sekitar 50MB. Anda harus mengumpulkan banyak file update jika mengunduhnya melalui iTunes. Update ini tersedia untuk perangkat iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPod Touch generasi ketiga, kemudian iPad dan iPad 2. [MS]