Cara Setting WiFi

10 May 2012 11:00 | Hits: 16666

Cara Setting WiFi Hot Spot Samsung Galaxy Mini (Android 2.2 Froyo) agar Dapat Berfungsi Sebagai Acces Point Hot Spot untuk laptop atau komputer

Cara Setting WiFi Hot Spot Samsung Galaxy Mini (Android 2.2 Froyo) agar Dapat Berfungsi Sebagai Acces Point Hot Spot untuk laptop atau komputer

Jika Anda memiliki sebuah laptop, pasti Anda tidak asing lagi dengan suatu program yang ada dalam laptop Anda yang bernama WiFi. Wireless Fidelity (WiFi) merupakan sebuah jaringan standar lokal yang digunakan untuk jaringan lokal nirkabel (Wireless Local Area Network - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE (Institute of Electrical and Electonics Engineers) 802.11 standar.

Secara teknis operasional, WiFi merupakan salah satu varian teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang bekerja pada jaringan dan perangkat WLAN. Dengan kata lain, WiFi adalah sertifikasi merk dagang yang diberikan perusahaan pabrikan kepada perangkat telekomunikasi (internet) yang bekerja dalam jaringan WLAN dan sudah memenuhi kualitas kapasitas interoperasi yang dipersyaratkan. WiFi dapat digunakan pada perangkat seperti laptop, smartphone, tablet, atau pemutar audio digital yang dapat terhubung ke sumberdaya jaringan internet melalui titik akses jaringan nirkabel atau yang lebih dikenal dengan nama hotspot.

Dewasa ini, WiFi merupakan salah satu fitur yang dirasa harus ada di perangkat smartphone. Bukan hanya ponsel kelas atas saja yang sudah menerapkan WiFi, bahkan ponsel buat pemula pun sudah banyak yang menyediakan teknologi WiFi sebagai fitur bawaannya, termasuk Android. Saat ini, rata-rata perangkat Android juga telah memiliki fitur WiFi seperti Smasung Galaxy Mini yang menggunakan OS Android 2.2 Froyo.

Selain sebagai fitur bawaan, WiFi juga punya fitur tambahan lainnya yang bernama WiFi hotspot. WiFi hotspot berfungsi untuk membagi koneksi internet dengan perangkat lain yang juga memiliki fitur WiFi. WiFi hotspot merupakan salah satu fitur bawaan yang ada pada smartphone dengan sistem operasi atau OS Android 2.2 Froyo atau versi terbarunya (v2.3 Gingerbread). Berikut akan Paseban jelaskan mengenai cara setting WiFi hotspot pada Samsung Galaxy Mini (Android 2.2 Froyo)

Untuk melakukan cara setting WiFi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke menu pengaturan atau setting. Setelah itu, Anda masuk ke menu wireless dan jaringan. Jika Anda sudah masuk pada menu wireless atau jaringan, langkah selanjutnya Anda masuk ke menu mobile network untuk mengaktifkan lebih dulu paket data atau internet yang Anda miliki sesuai dengan provider telepon selular yang Anda gunakan. Setelah itu Anda aktifkan dengan cara melakukan checkmark layanan paket datanya. Lalu akan muncul sebuah peringatan kepada Anda pada saat Anda mengaktifkan penggunaan paket data. Jika peringatan tersebut muncul, Anda pilih OK untuk mengaktifkan paket data Anda. Setelah itu paket data Anda akan aktif.

Langkah berikutnya adalah masuk ke menu Tethering & Portable Hotspot. Jika Android anda belum memiliki menu ini, Anda bisa mendownload dan
menginstal aplikasinya di sini. Setelah Anda instal aplikasi tersebut, Anda masuk ke menu Konfigurasi Mobile AP untuk melakukan pengaturan WiFi System di Android Anda. Dalam melakukan setting WiFi System ini, cara yang digunakan sama seperti melakukan setting Access Point pada umumnya, yaitu Anda tentukan terlebih dahulu Nama SSID, Type Security atau pengamanan dan Password. Setelah hal tersebut Anda lakukan, lanjutkan dengan memilih menu simpan supaya Anda berhasil memiliki Mobile Access Point atau Portable Hotspot. Pastikan bahwa Mobile Acces Point Anda sudah memiliki tanda centang sebagai tanda bahwa Portable Hotspot Anda telah aktif.

Langkah terakhir setelah semuanya benar-benar aktif, Anda keluar dari menu pengaturan untuk melakukan pencarian jaringan WiFi yang ada di sekitar Anda untuk Anda coba koneksikan dengan laptop atau komputer Anda ke Portable Hotspot yang telah Anda buat tadi. Selain berfungsi sebagai Access Point, Samsung Galaxy Mini GT-S5570 juga bisa difungsikan sebagai DHCP Server sehingga PC atau laptop yang terkoneksi ke Access Point ini akan mendapatkan IP Address secara otomatis. Selain itu, Anda juga bisa setting secara manual IP Address-nya sesuai dengan kebutuhan Anda. IP Address Acces Point yang juga berfungsi sebagai Gateway dan DNS Server adalah sebagai berikut:

  • IP Address Device : 192.168.43.1
  • IP Gateway : 192.168.43.1 IP
  • DNS Server : 192.168.43.1

Dengan menggunakan Samsung Galaxy Mini GT-S5570 ini, Anda tidak perlu bersusah payah untuk menggunakan modem sebagai koneksi internet. smartphone yang Anda miliki sudah bisa di posisikan sebagai Access Point Hotspot yang dikoneksikan dengan menggunakan laptop/komputer yang Anda miliki. Itulah beberapa cara setting WiFi hotspot untuk Samsung Galaxy Mini (Android 2.2 Froyo). [FT]