Perkembangan Teknologi Komunikasi

09 May 2012 17:00 | Hits: 26832

Perkembangan Teknologi Komunikasi di Indonesia

Perkembangan Teknologi Komunikasi di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu dari beberapa negara berkembang di dunia. Bahkan saat ini, Indonesia sudah merupakan salah satu negara yang memiliki pengaruh cukup besar di dunia. Jika ingin menjadi salah satu negara maju, maka perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia harus bisa lebih ditingkatkan lagi dari sebelumnya.

Salah satu sarana komunikasi yang penting saat ini adalah media, baik itu media masa, media cetak, media elektronikdan sebagainya. Di antara berbagai media tersebut, yang menunjukkan peran secara signifikan yaitu media cetak dan media elektronik. Melalui media, Anda bisa mengetahui mengenai berbagai isu maupun kejadian yang tengah terjadi baik itu di dalam negeri maupun luar negeri.

Saat ini media berperan penting dan aktif untuk ikut membangun bangsa. Hal itu bisa dilihat dari beberapa aspek. Salah satu aspek yang cukup besar peningkatannya yaitu penggunaan media internet oleh masyarakat. Dahulu, mungkin hanya segelintir orang saja yang bisa mengakses internet dan paham mengenai apa itu internet. Tapi saat ini, sudah banyak orang yang rasanya tidak bisa hidup tanpa internet. Bahkan di desa pun sekarang telah banyak internet masuk desa.

Peristiwa ini merupakan salah satu perkembangan teknologi komunikasi yang sangat baik. Tetapi beberapa dari pengguna internet itu tidak mengetahui dengan pasti untuk apa kegunaan internet sebenarnya. Rata-rata orang Indonesia memakai internet hanya untuk eksis atau bisa dibilang ikut-ikutan. Ini terjadi karena maraknya situs jejaring sosial yang tersebar di internet.

Internet merupakan salah satu wadah yang baik untuk belajar, bukan hanya untuk sekedar bermain dalam jejaring sosial. Biasanya para pelajar dan mahasiswa menggunakan internet untuk membantu mereka dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Bahkan ada beberapa orang pengajar yang menggunakan media internet untuk mengumpulkan tugas yang diberikannya.

Dengan bantuan dari mesin pencari dalam internet, maka Anda dapat dengan mudah menemukan sesuatu yang Anda cari itu. Saat ini, internet tidak hanya digunakan untuk belajar atau jejaring sosial saja. Beberapa perusahaan bahkan menggunakan media internet sebagai alat bantu promosinya. Internet merupakan salah satu akses yang baik untuk promosi karena bukan hanya bisa di akses di Indonesia, melainkan dari berbagai penjuru dunia.

Saat ini perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia berasal dari berbagai pihak dan elemen masyarakat. Bukan juga hanya berasal dari Internet, tetapi banyak faktor lain yang menyebabkan perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia. Beberapa faktor lain itu adalah penggunaan berbagai alat elektronik lain seperti smartphone, PC /laptop, berbagai acara dari media elektronik seperti televisi dan radio, media cetak, dan lainnya.

Dahulu mungkin orang hanya menggunakan handphone untuk menelepon atau mengirim pesan singkat untuk sekedar bertanya kabar kepada keluarga atau sanak saudara. Namun saat ini, handphone tidak hanya berfungsi sebagai media untuk menelepon atau mengirim pesan saja, melainkan sudah menjadi sebuah komputer mini yang dapat memiliki banyak fungsi. Berbagai macam handphone yang beredar saat ini sudah merupakan jenis smartphone yang memiliki banyak fitur tambahan beserta kegunaan masing-masing.

Lain lagi halnya dengan televisi. Ini merupakan salah satu akses pemberi informasi yang sangat cepat dan akurat. Dengan adanya televisi, maka segala macam kejadian yang ada baik di luar maupun dalam negeri dapat dengan mudah diketahui. Rata-rata penduduk Indonesia sudah memilik televisi di rumahnya, jadi media inilah yang berperan penting dalam kemajuan teknologi komunikasi di Indonesia.

Di samping berbagai hal positif dari perkembangan teknologi komunikasi, tentu ada hal negatif juga. Beberapa hal negatif yang dapat terjadi dengan berkembangnya teknologi komunikasi di Indonesia antara lain ketergantungan orang akan internet akibat seringnya mereka menggunakan internet. Selain itu, mudahnya akes ke situs-situs dewasa karena belum adanya tindakan berarti dari pemerintah. Ada juga masalah lainnya seperti cyber crime atau kejahatan yang terjadi dalam dunia maya.

Media televisi juga memunculkan banyak polemik, seperti siaran acara hiburan yang terlalu vulgar, acara kekerasan, gosip negatif mengenai artis yang secara tidak langsung dapat mengakibatkan sisi psikologis dari seseorang yang menonton khususnya anak-anak. Untuk itu, perlu diadakan pengaturan ulang mengenai jam tayang kegiatan yang berhubungan dengan anak-anak dan dewasa. [FT]