Perkembangan Teknologi Informasi

08 May 2012 17:00 | Hits: 5156

Perkembangan Teknologi Informasi di Bidang Pendidikan dan Kebudayaan

Perkembangan Teknologi Informasi di Bidang Pendidikan dan Kebudayaan

Saat ini, perkembangan teknologi informasi di Indonesia sudah masuk ke tahap yang baik, bahkan cukup berdampak positif bagi bangsa dan negara. Mengapa bisa dikatakan positif? Hal itu dikarenakan segala macam informasi baik itu yang berasal dari luar negeri dapat masuk ke Indonesia. Begitupun sebaliknya, segala macam informasi yang ada di Indonesia dapat terdengar sampai mancanegara.

Teknologi Informasi meliputi hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan pengelolaan informasi. Dalam bidang pendidikan dan kebudayaan, perkembangan teknologi informasi memang sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, saat ini Paseban akan mencoba menjelaskan mengenai perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.

Perkembangan Teknologi Informasi dalam Bidang Penddidikan

Dalam dunia pendidikan, perkembangan teknologi informasi mulai terlihat berdampak positif. Hal ini dapat terlihat dari sistem kegiatan belajar mengajar yang saat ini sudah tidak berpusat pada guru lagi, melainkan berpusat pada siswa.

Selain itu, dengan sistem seperti ini diharapakan para siswa lebih aktif untuk mencari berbagai informasi tambahan lainnya dari luar sekolah. Bisa juga dengan diberikannya tugas tambahan oleh guru atau guru hanya menjelaskan garis besar tentang mata pelajaran saja, selanjutnya siswa tersebut dituntut aktif untuk mencari informasi mengenai pelajaran itu baik dari buku, internet, jurnal, makalah dan lain sebagainya.

Selain informasi yang didapat banyak, tentu harus diuji juga keakuratannya. Maka disinilah peran dari guru, yaitu untuk membimbing dan menjelaskan mengenai informasi yang telah didapat oleh siswa tersebut. Jika menurut guru itu salah, berarti guru tersebut bertugas untuk merevisinya, sedangkan jika menurut guru sudah benar, ada baiknya diberikan penjelasan tambahan mengenai informasi tersebut.

Hal lain yang membuat kemajuan perkembangan teknologi informasi berpengaruh terhadap dunia pendidikan yaitu mengenai cara pembelajaran yang berbasis e-learning atau juga cara pembelajaran distance learning.

Untuk saat ini, cara pembelajaran e-learning sudah banyak diterapkan dalam perguruan-perguruan tinggi di Indonesia, baik itu perguruan tinggi negeri maupun swasta. Cara pembelajaran e-learning ini juga diharapkan bisa diterapkan dalam proses belajar mengajar di sekolah, baik dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Sedangkan cara belajar distance learning merupakan suatu metode alternatif dalam pemerataan kesempatan dalam bidang pendidikan. Cara belajar dengan sistem ini diharapkan dapat mengatasi beberapa masalah yang ditimbulkan akibat keterbatasan tenaga pengajar yang berkualitas di berbagai daerah di Indonesia.

Metode distance learning akan sangat membantu siswa atau bahkan masyarakat umum dalam mempelajari hal-hal atau ilmu-ilmu baru dengan tampilan yang lebih menarik dan mudah untuk dipahami. Selain metode e-learning dan distance learning, masih banyak metode-metode lain yang sangat membantu dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, diantaranya dengan adanya modul-modul pembelajaran gratis yang tersedia, portal pembelajaran online,dan lain-lain.

Namun, dalam dua metode cara pengajaran ini diperlukan sebuah akses media seperti internet untuk dapat menggunakannya. Internet sendiri merupakan salah satu media penting dalam dunia pendidikan. Dengan internet, Anda dapat mencari suatu hal yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Informasi melalui media internet, bisa menjadi salah satu kunci untuk membuat dunia pendidikan di Indonesia mempunyai standar yang sama dengan negara lain.

Dibalik semua hal positif tadi, tentu ada hal negatif perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, diantaranya mudahnya bagi siswa untuk mengakses segala hal yang berhubungan dengan situs dewasa, banyaknya tawaran untuk bermain game online via internet, banyaknya akses untuk dapat berkenalan dengan orang lain yang belum dikenal sehingga dapat menimbulkan terjadinya tindak kejahatan, dan lain sebagainya.

Perkembangan Teknologi Informasi dalam Bidang Kebudayaan

Selain dalam bidang pendidikan, perkembangan teknologi informasi juga tumbuh pesat dalam bidang kebudayaan. Ada banyak contoh yang menyebabkan perkembangan teknologi informasi berpengaruh terhadap kebudayaan, antara lain semakin dikenalnya budaya Indonesia oleh negara lain karena berbagai cara promosi yang dilakukan baik dari instansi pemerintah maupun dari tiap individu.

Budaya yang paling terkenal dari Indonesia adalah yang berasal dari daerah Bali. Hal itu dapat terjadi karena Bali merupakan salah satu tujuan wisata di Indonesia. Seharusnya pemerintah ikut membantu daerah lain agar sama dengan yang terjadi di Bali, yaitu menjadi terkenal di dunia, sehingga budaya daerah lain pun ikut dikenal oleh dunia.

Dari beberapa hal positif mengenai perkembangan teknologi informasi dalam bidang budaya, rasanya lebih banyak lagi hal negatif yang masuk. Beberapa di antaranya yaitu perubahan sifat dari anak muda yang lebih mengikuti pola hidup orang barat, bermunculannya kosakata baru yang diciptakan sendiri oleh berbagai orang sehingga lebih terlihat sebagai bahasa gaul, dan pudarnya sistem budaya yang sudah diberikan secara turun temurun mengenai pakaian adat, bahasa daerah, tarian adat, dan lainnya.

Anak muda sekarang cenderung untuk melepaskan semua itu karena sudah dianggap ketinggalan zaman. Inilah yang membuat kebudayaan daerah Indonesia sedikit merana melihat para generasi penerus bangsa yang justru menolak kebudayaan itu sendiri. Jangan sampai hal-hal yang sudah pernah terjadi pada bangsa ini kembali terjadi lagi di masa yang akan datang, seperti pengakuan atau pengambilalihan kebudayaan kita oleh negara lain mengenai kebudayaan yang harusnya milik Indonesia menjadi milik bangsa dan negara mereka. [FT]