Dampak Teknologi Informasi

08 May 2012 11:00 | Hits: 6403

Dampak Teknologi Informasi pada Globalisasi dan Komunikasi

Dampak Teknologi Informasi pada Globalisasi dan Komunikasi

Saat ini teknologi informasi melibatkan lebih dari hanya melek komputer, tetapi juga memperhitungkan bagaimana komputer bekerja dan bagaimana komputer ini selanjutnya dapat digunakan tidak hanya untuk pengolahan informasi tetapi juga untuk komunikasi dan pemecahan masalah.

Hari ini dunia kita telah berubah banyak akibat dampak teknologi informasi. Hal-hal yang pernah dilakukan secara manual atau dengan tangan kini telah menjadi sistem operasi komputer, yang hanya memerlukan satu klik mouse untuk menyelesaikan tugas. Dengan bantuan teknologi informasi kita juga bisa mendapatkan informasi konstan secara real time dan up to date.

Dampak teknologi informasi dapat dilihat dari kenyataan bahwa ia telah merambah hampir setiap aspek kehidupan kita sehari-hari. Hari ini PC pribadi, ponsel, mesin faks, pager, email dan internet telah menjadi bagian integral dari budaya kita selain itu ia juga memainkan peran penting di zaman kita untuk kegiatan sehari-hari. Sayangnya teknologi informasi membuat berkurangnya privasi seseorang dengan berkembangnya sistem hacking. Orang sekarang khawatir tentang informasi pribadi mereka kelak menjadi pengetahuan umum.

Meskipun teknologi informasi memiliki dampak negatif, ia memiliki berbagai dampak positif. Dampak terbesar dari teknologi informasi adalah globalisasi. Teknologi informasi tidak hanya membawa dunia lebih terjangkau, tetapi telah memungkinkan ekonomi dunia menjadi saling tergantung pada sebuah sistem tunggal. Ini berarti bahwa kita tidak hanya dapat berbagi informasi dengan cepat dan efisien, tetapi kita juga dapat menurunkan hambatan batas-batas linguistik dan geografis. Dunia telah berkembang menjadi sebuah desa global karena bantuan teknologi informasi yang memungkinkan negara-negara yang tidak hanya dipisahkan oleh jarak tapi juga oleh bahasa berbagi informasi satu sama lain.

Selain itu salah satu dampak teknologi informasi lainnya adalah membuat komunikasi menjadi lebih murah, lebih cepat, dan lebih efisien. Kita sekarang dapat berkomunikasi dengan siapa saja di seluruh dunia hanya dengan chatting atau mengirim mereka sebuah email untuk respon hampir seketika. Internet juga telah membuka komunikasi tatap muka langsung dari berbagai belahan dunia berkat konferensi video.

Dampak teknologi informasi lainnya yakni ia dapat menjembatani kesenjangan budaya yang ada. Teknologi informasi telah membantu untuk menjembatani kesenjangan budaya dengan membantu orang-orang dari budaya yang berbeda untuk berkomunikasi dengan satu sama lain, dan memungkinkan untuk pertukaran pandangan dan ide.

Yang terakhir ini mungkin keuntungan terbaik dari dampak teknologi informasi, yakni ia dapat menciptakan lapangan kerja baru. Penciptaan lapangan kerja baru ini tentu menarik. Komputer programmer, sistem analis, pengembang Hardware dan Software dan desainer Web adalah beberapa dari banyak kesempatan kerja baru yang diciptakan sebagai dampak teknologi informasi. [ND]