Muslimah Community

07 May 2012 15:00 | Hits: 8558

Muslimah Community - Komunitas Muslimah Berjiwa Enterpreneur, Sosial, Kreatif, Stylish & Syar’I

Muslimah Community - Komunitas Muslimah Berjiwa Enterpreneur, Sosial, Kreatif, Stylish & Syar’I

Perintah memakai jilbab bagi wanita muslimah sudah jelas hukumnya wajib, karena hal ini telah Allah SWT cantumkan dalam kitab Al-Quran serta Hadist Rasul-Nya. Karena hukumnya wajib, maka sepatutnya bagi wanita muslimah untuk mematuhi akan perintah-Nya. Mungkin tidak jarang terdengar nada-nada sumbang yang berkesan mengatakan bahwa jilbab itu tidak sesuai dengan perkembangan zaman, kuno atau tidak cocok di zaman modern. Kini, semua komentar tersebut sudah tidak berlaku lagi, karena saat ini dengan mengenakan jilbab, wanita muslimah masih bisa terlihat cantik, anggun dan modis. Seperti wanita-wanita muslimah yang tergabung dalam sebuah komunitas bernama Muslimah Community misalnya, mereka terlihat sangat cantik dan modis dengan balutan busana muslim yang dikenakannya.

Muslimah Community terbentuk pada tanggal 24 April 2012, mulanya komunitas ini bernama HSC (Hijab Style Community) Bandung yang merupakan cabang dari HSCI (Hijab Style Community Indonesia) yang berpusat di Palembang dan terbentuk pada 3 Juli 2011. Dikarenakan terdapat beberapa hal yang tidak bisa disesuaikan dengan HSCI, maka komunitas inipun mengambil keputusan untuk menjadi komunitas independen dan merubah namanya menjadi Muslimah Community.

Tujuan dibentuknya Muslimah Community adalah sebagai wadah silaturahmi bagi sesama muslimah dalam rangka berbagi ilmu, sebagai tempat untuk menambah teman-teman baru, sebagai sarana untuk refreshing dari kegiatan sehari-hari yang mungkin cukup melelahkan dan membahas seputar dunia wanita muslim mulai dari masalah agama, fashion, kegiatan sosial, mengembangkan kreatifitas dan belajar berwirausaha. Saat ini sudah ada sekitar 70 orang yang terdaftar menjadi anggota resmi Muslimah Community.

Visi dari Muslimah Community ini adalah menjadi komunitas muslimah Indonesia yang berjiwa enterpreneur, sosial, kreatif, stylish dan syar’i. Sementara misinya adalah mempererat tali silaturahmi di antara muslimah khususnya di kota Bandung, menjadikan hijab sebagai identitas utama muslimah dan mengangkat fashion bernuansa islami, menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang mengembangkan jiwa enterpreneur dan kreatifitas, menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang menumbuhkan kepekaan dan kepedulian sosial dan menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang menambah wawasan agama.

Harapan terbentuknya Muslimah Community yakni untuk membantu dan mengubah paradigma yang beranggapan bahwa berpakaian muslim itu kuno, tidak bisa bergaya dan ketakutan-ketakutan seperti itu. Dengan adanya komunitas ini, mereka ingin menunjukkan bahwa dengan berjilbab pun masih bisa berpenampilan menarik, "teman-teman yang belum memakai jilbab mungkin bisa sedikit demi sedikit tertarik dan mudah-mudahan dengan adanya komunitas ini bisa menginspirasi. Sedangkan yang sudah berjilbab semoga bisa semakin istiqomah dan nggak lupa juga bahwa inti dari jilbab itu merupakan kewajiban. Mudah-mudahan melalui kegiatan-kegiatan yang kami lakukan bisa menjadi sarana syi’ar kepada teman-teman untuk sama-sama belajar menutup aurat”, ungkap Sofie Megita selaku humas Muslimah Community.

Muslimah Community terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung, tidak hanya wanita berjilbab saja. Namun dengan catatan bagi wanita yang belum berjilbab diperkenankan untuk memakai jilbab jika ingin mengikuti acara yang diselenggarakan komunitas ini.

Adapun kegiatan yang sudah diselenggarakan oleh Muslimah Community di antaranya Hijab & Beauty Class yang pertama oleh Dian Pelangi dan kedua oleh Suci Utami sebagai tutornya, pengajian bersama Abu Marlo dan kegiatan Cooking Class. Dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan Muslimah Community, ada sesi pengumpulan dana untuk disalurkan ke panti asuhan. Selain itu, biaya HTM dalam setiap kegiatan pun akan disisihkan untuk disumbangkan.

Cara berkomunikasi yang dilakukan setiap anggota Muslimah Community yaitu menggunakan jejaring sosial dan layanan sms. Tidak hanya menjelaskan mengenai komunitasnya, Sofie Megita juga memberi komentar mengenai Paseban, ia mengungkapkan bahwa, "Paseban situs yang informatif yah, tidah hanya membahas mengenai masalah teknologi mobile tapi juga multifungsi dengan dijadikan sebagai sarana jejaring sosial dan bisa menemukan berbagai komunitas yang mungkin belum pernah kita ketahui sebelumnya”. [RF]

Muslimah Community - Komunitas Muslimah Berjiwa Enterpreneur, Sosial, Kreatif, Stylish & Syar’I

Muslimah Community - Komunitas Muslimah Berjiwa Enterpreneur, Sosial, Kreatif, Stylish & Syar’I

Muslimah Community - Komunitas Muslimah Berjiwa Enterpreneur, Sosial, Kreatif, Stylish & Syar’I

Muslimah Community - Komunitas Muslimah Berjiwa Enterpreneur, Sosial, Kreatif, Stylish & Syar’I