Cara Membuat Wordpress

03 May 2012 16:30 | Hits: 5702

Cara Membuat Wordpress Versi Mobile

Cara Membuat Wordpress Versi Mobile

Mungkin banyak yang tidak mengerti kenapa juga harus repot membuat blog seperti Wordpress atau Blogspot dalam versi mobile. Tapi pada kenyataannya pengunjung yang menggunakan perangkat mobile tidak bisa diremehkan, berdasarkan data dari Google Analytics hampir 10% pengunjung blog menggunakan aplikasi Opera Mini.

Untuk itu, Paseban akan membahas cara membuat Wordpress versi mobile. Sebenarnya ada bermacam-macam cara yang dapat Anda lakukan untuk menyajikan blog Wordpress Anda ke dalam versi mobile, seperti mobile press, Carrington mobile, WP Touch dan lainnya. Selain itu juga bisa menggunakan plugin dengan membuat tampilan Wordpress lebih responsif, dengan demikian blog Anda secara otomatis akan dapat menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat yang digunakan.

Salah satu plugin yang cukup sering digunakan dalam membuat blog versi mobile adalah Wordpress Mobile Pack. Dengan menggunakan plugin ini cara membuat Wordpress versi mobile menjadi lebih mudah hanya dengan meng-install, mengaktifkan dan kemudian mengatur beberapa konfigurasinya.

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat Wordpress versi mobile menggunakan Wordpress Mobile Pack:

  1. Dari halaman Administrasi Wordpress pilih plugins>> Add New, pada kotak pencarian ketikkan "Wordpress mobile Pack”>> klik Search plugins.

  2. Dari sederetan plugin yang muncul klik Install Now pada Wordpress Mobile Pack, setelah instalasi selesai jangan lupa diaktifkan. Enaknya lagi, dalam cara membuat Wordpress versi mobile ini, plugin-nya merupakan plugin gratis.

  3. Selanjutnya adalah konfigurasi Wordpress Mobile Anda. Akan ada 4 pilihan menu pada halaman Administrasi Wordpress yaitu Mobile Theme,Mobile Widgets,Mobile Switcher dan Analytics.

Mobile Theme berfungsi untuk mengatur tampilan Wordpress Anda. Silahkan berekreasi sendiri sesuai dengan keinginan Anda. Namun disarankan untuk cara membuat Wordpress dengan mobile pack untuk memberikan centang di semua menu kecuali "clear cache now”. Hal ini untuk meningkatkan kecepatan akses di blog Anda.

Mobile Widget berisi pilihan widget apa saja yang ingin ditampilkan di blog mobile Anda. tinggal berikan ceklist saja pada widget mana yang Anda suka atau yang sebelumnya telah Anda setting di blog versi desktop.

Mobile Switcher adalah bagian konfigurasi dari cara membuat Wordpress menggunakan mobile pack ini. Pada menu ini, apabila Anda salah mengatur setting akan mengakibatkan blog Anda menjadi blank. Oleh karena itu, agar tidak terjadi kesalahan konfigurasi ikuti setting yang ada pada screenshoot berikut ini.

wordpress

Mobile Analytics ini digunakan untuk melacak berapa jumlah pengunjung yang datang di blog Wordpress versi mobile yang Anda miliki. Pada layanan Percent Mobile, Anda juga dapat melihat lebih detail tentang aktifitas pengunjung tersebut di blog Anda layaknya Google Analytics.

Mudah bukan, cara membuat Wordpress Anda ke dalam versi mobile? Sebenarnya selain Plugin Mobie Pack juga masih ada plugin lain yang dapat digunakan untuk membuat Wordpress versi mobile. Tinggal pilih saja mana yang terbaik. Ayo tingkatkan trafik Wordpress Anda sekarang dengan membuatnya dalam versi mobile. [RK]