Tema Google Chrome

04 May 2012 09:00 | Hits: 7360

Tips, Trik Membuat Tema Google Chrome Sendiri

Tips, Trik Membuat Tema Google Chrome Sendiri

Bagi Anda yang telah terbiasa menjelajah internet lewat PC atau Laptop, pasti Anda telah mengenal sebuah browser populer besutan Google, ya Google Chrome. Google Chrome dikenal sebagai browser yang ringan, cepat dan aman. Berkat hal tersebut membuat orang banyak menggunakannya, apakah Anda termasuk orang tersebut? Selain ketiga hal yang sudah disebutkan sebelumnya, Google Chrome juga memiliki satu kelebihan lainnya, yakni tema. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Google Chrome memiliki berbagai macam pilihan tema, kini lewat sebuah langkah sederhana, Anda dapat membuat sendiri tema Google Chrome.

Membuat tema Google Chrome bisa dibilang gampang-gampang susah, Anda dituntut untuk bisa berkreasi memainkan warna dan gambar latar belakang yang selaras dengan warna yang Anda pilih untuk menghasilkan tema yang baik. Untuk dapat membuat tema Google Chrome, sedikitnya ada dua cara, cara yang pertama adalah menggunakan aplikasi crxtheme. Aplikasi crxtheme adalah aplikasi Standalone yang terpisah dari browser Google Chrome, namun juga merupakan produk Google sendiri. Cara kedua untuk membuat tema Google Chrome adalah dengan menggunakan extension, ini artinya Anda bisa membuat teme Google Chrome tanpa harus keluar dari browser tersebut.

Paseban memilih cara kedua untuk membuat tema Google Chrome karena dirasa lebih memudahkan dan tidak perlu meng-install aplikasi tambahan kecuali Extension tersebut. Berikut langkah-langkah dalam membuat tema Google Chrome:

  1. Pada browser Anda pilih menu pengaturan dengan cara meng-klik icon "kunci pas” di sudut kanan atas, kemudian pilih Tools - Extensions.

  2. Anda akan dibawa kedalam halaman yang berisi Extension yang telah Anda unduh sebelumnya. Perhatikan sudut kanan bawah, klik link Get More Extensions.

  3. Seketika Anda akan berada disuatu halaman yang berisi banyak Extension untuk diunduh. Untuk memudahkan, Anda bisa langsung mencari My Chrome Theme extension dengan cara mengetikannya pada kolom Search.

  4. Jika Anda sudah berhasil menemukannya, segera pasang extension tersebut pada browser Google Chrome Anda. Pilih menu Add to Chrome untuk memasangnya.

  5. Kini tema Google Chrome Anda siap dibuat. Buka extension yang telah Anda unduh barusan.

  6. Anda akan diperlihatkan sebuah halaman browser yang masih kosong tanpa gambar, kemudian Anda diminta untuk memililih latar belakang gambar tesebut bisa melalui upload atau menggunakan Webcam.

  7. Setelah selesai memilih gambar Anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya, kini Anda diminta untuk menghiasi elemen penting Google Chrome. Ada baris Tab, kemudian ada Background Tab, Frame Color dan ada Background Color.mainkan kreasimu dalam memilih warna untuk menciptakan tema Google Chrome yang baik.

  8. Step terakhir adalah menggunakan tema Google Chrome yang telah Anda buat, Anda juga dapat membaginya melalui link yang telah disediakan, sebelumnya Anda diminta memberikan nama yang sesuai dengan tema Anda.

Selesai, dengan langkah-langkah sederhana, dibantu dengan Extension My Chrome Theme, kini Anda telah berhasil menciptakan satu tema Google Chrome yang bisa Anda gunakan sendiri atau orang lain. [IQ]