Aplikasi Pembuat Tema Nokia

02 May 2012 17:00 | Hits: 14041

Cara Memperindah Handphone Nokia dan Sony Ericsson dengan Aplikasi Pembuat Tema Nokia MTC (My Theme Creator) via PC

Cara Memperindah Handphone Nokia dan Sony Ericsson dengan Aplikasi Pembuat Tema Nokia MTC (My Theme Creator) via PC

Bagi Anda pengguna handphone Nokia yang gemar untuk mengumpulkan tema handphone, pasti Anda merasa penasaran bagaimana caranya membuat tema handphone yang Anda koleksi tersebut. Saat ini ada sebuah program aplikasi pembuat tema Nokia yang bisa Anda kreasikan sendiri.

Ada beberapa aplikasi pembuat tema Nokia, baik secara online maupun offline. Untuk membuat secara online biasanya aplikasi tersebut bisa langsung digunakan oleh handphone Anda, sedangkan secara offline harus di-install terlebih dahulu ke PC maupun laptop Anda.

Aplikasi pembuat tema Nokia berikut ini dapat digunakan secara offline yang berarti Anda harus terlebih dahulu meng-install-nya pada PC Anda. Aplikasi yang bernama mTC (my Theme Creator) ini dapat digunakan untuk membuat tema pada handphone Nokia dan Sonny Ericcson saja.

Tahap pertama yang harus dilakukan dalam pembuatan tema handphone adalah Anda harus terlebih dahulu meng-install Java for Windows, baru Anda bisa meng-install apliaksi mTC. Untuk meng-install aplikasi pembuat tema Nokia mTC, PC Anda harus dalam keadaan online karena proses instalasi aplikasi mTC memerlukan jaringan internet. Setelah proses instalasi selesai, Anda bisa memulai untuk membuat tema dengan kreasi Anda sendiri.

Buka aplikasi mTC yang sudah Anda install sebelumnya, lalu pilih menu device selection untuk memilih tipe handphone yang Anda inginkan. Klik dua kali pada tipe handphone yang Anda inginkan tersebut. Setelah itu pilih atau klik menu Theme Settings untuk mengatur warna, background, font, garis dan lainnya. Jika ukuran gambar background yang Anda gunakan belum disesuaikan dengan ketentuan background pada tema, tema tersebut bisa saja menjadi rusak dan tidak dapat Anda gunakan lagi. Namun, pada aplikasi mTC ini sudah disediakan menu untuk mempermudah Anda dalam mengatur ukuran gambar.

Setelah selesai, pada menu Theme Settings, pilih menu Graphics Editor untuk mengatur ukuran gambar agar sesuai. Caranya yaitu pilih menu image layout untuk menentukan bagian mana yang background-nya ingin Anda ubah. Anda juga bisa mengambil foto diri Anda atau foto-foto Anda lainnya sebagai background tema yang akan Anda gunakan.

Sebagai contoh, pilih (radio_audio_bg)_audio_bg, untuk mengubah *background* pada tampilan pemutar musik dengan gambar yang Anda inginkan. Caranya klik *open* untuk mencari gambar yang Anda inginkan, dilanjutkan dengan mengklik *open* kembali untuk membuka gambar tersebut. Kemudian, pada menu *adjustments* pilih *Resize (Scale to Fit)* untuk menyesuaikan ukuran gambar yang telah Anda pilih. Setelah itu pilih *Save Image & Apply* untuk menyimpan gambar tersebut dan kemudian menggunakannya sebagai *background* pada tampilan pemutar musik tadi.

Setelah tampilan musik berhasil Anda ubah sesuai dengan keinginan Anda, berikutnya gunakan cara yang sama pada tampilan lainnya seperti tampilan radio, SMS, softkey (background Options, menu, exit) dan lain sebagainya. Lalu jangan lupa untuk menyimpan gambar dengan nama yang berbeda-beda. Karena, jika gambar yang Anda buat tadi berbeda, tetapi dengan menggunakan nama file yang sama, maka gambarnya akan menjadi sama semua dan yang pasti akan membuat kerja Anda menjadi sia-sia.

Setelah semua sudah diatur sesuai keinginan dan kreasi Anda, langkah terakhir tinggal menyimpan tema yang telah Anda buat sebelumnya. Masuk ke menu file, kemudian pilih save as untuk menyimpan tema yang telah Anda buat tersebut ke tempat yang diinginkan. Setelah itu, coba masukkan tema tersebut ke handphone Anda dan kemudian pilih tema yang telah Anda buat tadi sebagai tema dalam handphone Anda. Untuk mendapatkan aplikasi mTC, Anda bisa mengunduhnya secara gratis di sini. [FT]