Cara Memperindah Blog

02 May 2012 16:00 | Hits: 10693

Empat Cara Memperindah Blog dengan Mudah

Empat Cara Memperindah Blog dengan Mudah

Siapa saja yang memiliki koneksi Internet dapat menjadi seorang blogger. Sekarang ini banyak sekali penyedia blog khusus, Anda bisa mengetik, mem-posting dan mempublikasikan apapun sebanyak dan sesering yang Anda inginkan. Sayangnya, program blogging yang ada hanya menyediakan template default. Jika demikian, mungkin Anda bertanya "bagaimana cara memperindah blog saya?” Jangan khawatir, Anda dapat memperindah blog Anda dan membuatnya lebih menarik dan populer dengan merancang dan meng-upload sendiri template pribadi Anda.

Bagian yang terbaik adalah Anda tidak perlu menjadi seorang desainer atau programmer untuk membuat blog tampak lebih indah, tetapi Anda harus tahu di mana menemukan sumber daya yang tepat, dan bagaimana untuk menyelaraskan desain blog Anda dengan tujuannya.

Pertama, bila Anda telah memiliki sebuah blog, maka cobalah untuk membiasakan diri dengan blog Anda tersebut. Blog platform seperti Wordpress dan Blogger memiliki built-in fungsi desain yang membantu Anda menyesuaikan dan mempersonalisasi template blog Anda. Ini dapat menjadi cara memperindah blog yang mudah. Wordpress misalnya, blog platform yang satu ini memungkinkan Anda untuk meng-upload foto pribadi ke dalam sidebar blog Anda dengan Widget. Oleh karena itu pastikan bahwa Anda memahami pilihan dan tombol dari blog platform Anda tersebut.

Cara memperindah blog lainnya, adalah dengan mengubah banner blog Anda. Banner, atau header sebuah blog terletak di bagian paling atas dari halaman web dengan rincian nama dan informasi dari situs. Cari tahu dimensinya dan kemudian Anda dapat membuat banner baru dengan ukuran yang sama. Gunakan program seperti Adobe Photoshop untuk mendapatkan hasil terbaik. Anda dapat mencoba untuk memuat gambar, kata-kata, warna atau font sesuai selera dan topik blog Anda.

Menyesuaikan tema warna template blog juga dapat menjadi salah satu cara memperindah blog. Ini bisa menjadi pekerjaan yang sederhana seperti mengubah warna judul teks, dan headline atau malah serumit mengubah seluruh halaman web. Situs seperti Wordpress dan Blogger menyediakan kemudahan untuk mengubah warna teks dari posting dengan menggunakan format toolbar di halaman setup. Cukup highlight teks yang ingin Anda ubah dan pilih warna dari menu drop-down pada toolbar.

Cara memperindah blog yang keempat adalah dengan menambahkan sentuhan akhir pada template blog pribadi Anda. Sebagai contoh, Anda mungkin mempertimbangkan untuk menambahkan widget permanen pada sidebar blog Anda. Dalam Wordpress, cukup arahkan ke pilihan Widget, klik dan tarik setiap penambahan yang Anda inginkan ke sidebar blog Anda.

Sementara pada Blogger, Anda dapat mencari layanan Add a gadget. Kebanyakan penyedia blog juga menawarkan pilihan untuk menambahkan foto pribadi, kalender, jam, counter kunjungan dan tampilan slide, Anda dapat menyisipkan beberapa di antara mereka sebagai pemanis. Selamat mencoba! [ND]