Teknologi dalam Pendidikan

06 May 2012 11:00 | Hits: 4556

Dampak Positif Teknologi dalam Pendidikan

Dampak Positif Teknologi dalam Pendidikan

Kombinasi antara dua hal penting, yakni pendidikan dan teknologi telah dianggap sebagai kunci utama untuk kemajuan manusia saat ini. Mengutip dari Prof. Dr. Yusufhadi Miarso, M.Sc, "Masyarakat dengan budaya yang maju menggunakan dan bahkan menghasilkan teknologi yang maju pula; sebaliknya masyarakat yang kurang maju menggunakan teknologi yang lebih sederhana.” Pendidikan memberi masukan pada teknologi yang pada gilirannya menjadi basic dari pendidikan itu sendiri. Oleh karena itu jelas bahwa teknologi telah memberi dampak pada metode, tujuan dan potensi yang dirasakan dari pendidikan. Teknologi dalam pendidikan ini cukup besar andilnya dalam perbaikan proses pendidikan itu sendiri.

Teknologi dalam pendidikan memiliki perspektif yang luas. Metode ini memainkan peran penting dalam meningkatkan proses pembelajaran siswa dan juga membantu guru dalam berkomunikasi dengan siswa dengan cara yang mudah.

Teknologi dalam pendidikan memfasilitasi pertukaran informasi yang cepat oleh para peneliti pada topik tertentu, sehingga kecepatan distribusi informasi sangat meningkat. Jika kita flashback ke masa lalu, pendidikan di masa lalu lebih berpusat pada pengajaran dan pembelajaran, namun kini teknologi telah mempengaruhi perubahan tujuan pendidikan. Sebagai dampak teknologi dalam pendidikan, saat ini pendidikan semakin dianggap sebagai proses menciptakan, melestarikan, mengintegrasikan, transmisi dan menerapkan pengetahuan.

Kini teknologi juga membebaskan institusi pendidikan dari batasan ruang dan waktu, dan memungkinkan pelayanan pendidikan di mana saja, kapan saja. Dampak teknologi dalam pendidikan membuat perpustakaan fisik bisa digantikan oleh perpustakaan digital yang tersedia bagi siapa saja dan dapat diakses kapan saja via internet baik dengan menggunakan komputer, tablet atau smartphone. Selain itu dampak teknologi dalam pendidikan modern memungkinkan siswa di lokasi tertentu untuk mengakses guru di bidang tertentu dan untuk berinteraksi dengan mereka, apakah secara live atau melalui video misal via Youtube.

Dampak tertinggi dari perubahan yang terjadi dalam kaitannya dengan teknologi dan pendidikan adalah dalam cara mengajar semakin dapat terjadi melalui media teknologi, bukan hanya memanfaatkan teknologi sebagai ekstra tambahan di dalam kelas.

Dampak teknologi dalam pendidikan juga membuat meningkatnya akses ke data dalam jumlah besar, ini berarti siswa akan memerlukan bantuan memilih, mengevaluasi dan menganalisis informasi yang mereka dapatkan, dan mereka perlu belajar bagaimana menentukan validitas dan kebenaran informasi itu sendiri. Peran seorang guru adalah untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan untuk menentukan bagaimana menemukan, menganalisis dan menafsirkan informasi.

Peran guru akan berubah seiring dengan kemajuan informasi. Siswa tidak kekurangan informasi, melainkan akan merasa kekurangan waktu untuk mencari, menganalisis, memahami dan menerapkan informasi. Ruang kelas tidak lagi menjadi tempat yang membosankan dan pembelajaran menjadi menyenangkan. Dengan penggunaan komputer dan program perangkat lunak yang menyediakan bahan belajar, teknologi telah mengubah proses pendidikan. Berkat adanya teknologi dalam pendidikan, sekarang belajar mengajar dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan. [ND]