Cara Instal Ubuntu

06 May 2012 08:00 | Hits: 9956

Cara Instal Ubuntu Linux Pada Samsung Galaxy Tab 10.1

Sistem operasi Android merupakan sistem operasi pintar yang bisa Anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda. Salah satunya adalah Anda bisa melakukan rooting pada sistem operasi ini. Rooting adalah salah satu cara untuk membuat sistem operasi Android Anda berbeda dengan sistem Android yang biasa.

Paseban tidak akan membicarakan tentang masalah rooting pada Android, namun akan membahas keunggulan lain yang dimiliki oleh sistem operasi Android. Di dalam sistem Android Anda bisa menginstal sistem operasi lain, salah satunya adalah Ubuntu Linux. Pada kesempatan kali ini akan kami jelaskan bagaimana cara instal Ubuntu Linux pada Samsung Galaxy Tab 10.1 Anda.

Setelah Anda mengikuti cara instal Ubuntu Linux ini Anda tidak serta merta kehilangan sistem Android Anda, namun Anda akan mempunyai dua sistem operasi yang berjalan sekaligus dalam satu tablet. Berikut cara instal Ubuntu Linux ini pada Samsung Galaxy Tab 10.1 Anda.

Rooting Samsung Galaxy Tab Anda

Sebelum melakukan instal Ubuntu Linux pada Samsung Galaxy Tab, pastikan jika Anda telah melakukan rooting pada Samsung Galaxy Tab Anda.

Unduh Ubuntu

Cara instal Ubuntu Linux selanjutnya setelah Anda melakukan rooting pada Samsung Galaxy Tab adalah Anda perlu mengunduh Ubuntu Linux di sini. Lalu simpan dan unzip file Ubuntu ini pada komputer Anda.

Jika Anda tidak memiliki Android SDK, Anda harus mengunduh Android SDK terlebih dahulu di sini, Unzip file SDK Anda dan taruh ke dalam folder root folder komputer Anda. Contoh pada direktori C:. Dan Anda juga membutuhkan Busybox, Anda bisa mengunduh Busybox di sini.

Instal Busybox Pada Samsung Galaxy Tab Anda

Untuk menginstal Busybox pada Samsung Galaxy Tab Anda, masuk ke dalam folder dimana tempat Anda menyimpan Busybox yang Anda unduh, jalankan Clockwork Recovery, lalu flash file zip tersebut.

Copy Ubuntu Folder ke dalam Galaxy Tab

Setelah Anda melakukan unzip terhadap file Ubuntu Linux di dalam komputer Anda, pindahkan atau copy folder yang berisi file Ubuntu yang telah Anda unzip ke dalam Tab Anda.

ADB Shell dan Script

Cara instal Ubuntu Linux selanjutnya adalah, jalankan command prompt pada komputer Anda dengan menuliskan ‘cmd’ pada Search Windows Anda. Atau jika pada Linux/Mac, jalanakan Shell.

Pergi ke direktori adb direktori atau SDK direktori dengan menulis cd \adb lalu tuliskan adb shell

Anda akan berada dalam shell dari Samsung Galaxy Tab Anda, jika tidak, berarti Anda tidak melakukan instalasi driver Tab 10.1 dengan benar. Jika Anda masih belum memiliki driver dari Tab, Anda bisa mengunduhnya di sini.

Lalu selanjutnya tuliskan: cd \sdcard ubuntu, lalu ketikan sh ubuntu.sh, jika Anda mendapatkan error, tidak perlu panik, Anda tinggal menuliskan bootubuntu jika Anda mendapatkan Ubuntu Linux shell pada poin ini, berarti Anda berhasil melakukan instalasi Ubuntu Linux pada Android Anda.

Install beberapa Ubuntu Packages dan VNC Server untuk GUI

Cara instal ubntu selanjutnya adalah Anda perlu melakukan instal beberapa Ubuntu packages, dengan cara Ketik apt-get update, untuk mengupdate semua packages. Selanjutnya melakukan pengaturan pada VNC server sehingga kita bisa mengkases visual pada Ubuntu Gnome desktop kita.

Tuliskan apt-get install tightvncserver untuk menginstal tightvncserver, lalu tuliskan export USER=root dan vncserver -geometry 1280x800, Anda bisa menentukan password VNC server Anda di sini.

Login ke Dalam Ubuntu di Tab Anda

Untuk melakukan login ke dalam Tab Anda, unduh aplikasi gratis Android VNC Viewer di sini. Set IP address ke ‘127.0.0.1’ masukan password yang telah Anda buat tadi, lalu set port ke 5901. Anda sekarang telah melihat desktop ubuntu. Jika demikian, berarti Anda berhasil.

Sekarang Anda telah memiliki sistem operasi Ubuntu Linux pada Samsung Galaxy Tab Anda. Semoga cara instal Ubuntu Linux pada Samsung Galaxy Tab Anda ini dapat membantu Anda. Selamat mencoba. [PY]