Ingin Tahu Bagaimana Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Psikologis?

Saat ini teknologi informasi sudah menjadi konsumsi masyarakat luas tanpa memandang strata atau status sosial. Penggunaan teknologi komunikasi dan informasi seperti handphone, internet, televisi dan lainnya semakin pesat merambah ke setiap penjuru. Pesatnya perkembangan teknologi informasi jelas sangat berpengaruh terhadap cara pandang serta gaya hidup masyarakat luas, sehingga banyak sekali pengaruh yang ditimbulkannya baik itu pengaruh yang bersifat positif maupun bersifat negatif.

Teknologi informasi disusun oleh tiga matra utama teknologi yaitu teknologi komputer yang menjadi pendorong perkembangan teknologi informasi. Kemudian teknologi informasi yang memiliki peran sebagai inti dari sebuah proses penyebaran informasi. Selanjutnya adalah konten informasi yang menjadi faktor pendorong utama dalam pengimplementasian teknologi informasi.

Salah satu bukti hasil dari perkembangan teknologi informasi adalah adanya internet yang kini sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Mengakses internet bisa dilakukan dengan mudah, hanya berbekal sebuah handphone saja, kita sudah bisa mengakses internet. Informasi yang diinginkan pun bisa didapat dengan cepat baik informasi yang baru saja terjadi atau yang telah terjadi, baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri. Pengaruh dari perkembangan teknologi informasi memang sangat luar biasa dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak sekali keuntungan yang didapat dari hasil perkembangan teknologi informasi ini, namun tidak sedikit yang mengalami kerugian baik itu disadari maupun tidak, salah satunya terhadap psikologis kita.

Mungkin banyak orang tidak menyadari bahwa perkembangan teknologi informasi berpengaruh terhadap meningkatnya individual space, hal ini terbukti orang lebih senang berkutat dengan internet daripada bersosialisasi di dunia nyata, tanpa disadari social space yang ada pada dirinya mulai menurun dengan individual space tersebut. Kemudian meningkatnya kecemasan sosial, di mana hal ini bisa terjadi karena teknologi yang canggih maka sebuah informasi akan tersebar luas secara cepat. Misalnya dengan adanya berita mengenai kebrutalan sekelompok geng motor di suatu daerah yang mengakibatkan korban jiwa, hal ini akan menimbulkan kepanikan tersendiri bagi masyarakat ketika melihat segerombolan motor dan akan merasa keselamatan dirinya terancam.

Perkembangan teknologi informasi terhadap psikologis selanjutnya adalah meningkatnya kebutuhan komersial masyarakat, tidak bisa dipungkiri bahwa media komunikasi yang hi-tech akan mempengaruhi minat masyarakat, sehingga sifat konsumerismenya akan dimanfaatkan oleh sejumlah perusahaan jasa komunikasi. Jika hasil perkembangan teknologi informasi ini disalahgunakan, maka akan berdampak pada menurunnya kreativitas seseorang karena menganggap teknologi sebagai alat bantu yang sangat efisien sehingga segala sesuatu bisa dikerjakan secara instan.

Itulah beberapa pengaruh dari perkembangan teknologi informasi terhadap psikologis saat ini. Kini, sudah saatnya perkembangan teknologi informasi disikapi dengan bijak, karena hal ini akan memudahkan kita dalam mendapatkan atau bertukar informasi. [RF]