Setting Internet Telkomsel

01 May 2012 15:00 | Hits: 42087

Tips & Trik Setting Internet Telkomsel di Smartphone Android

Tips & Trik Setting Internet Telkomsel di Smartphone Android

Android merupakan sistem operasi yang berbeda dengan sistem operasi lainnya seperti OS Symbian karena Android dapat dengan mudah di-install berbagai macam aplikasi. Bagi Anda yang baru saja menggunakan provider baru yang berbeda dengan provider lama Anda atau bagi Anda yang baru saja menggunakan smartphone Android baru mungkin Anda akan merasa kesulitan dalam proses aktivasi atau setting internet.

Pada dasarnya, setting internet smartphone Android sama dengan setting internet pada smartphone lainnya, namun terkadang ada beberapa hal yang harus diperhatikan terutama jika Anda menggunakan provider Telkomsel. Tapi tidak perlu khawatir, karena Paseban akan membantu Anda dengan memberikan tips dan trik untuk setting internet Telkomsel di smartphone Android.

Aktivasi GPRS dan MMS

Pertama yang harus dilakukan untuk setting internet Telkomsel adalah mengaktifkan GPRS dan MMS. GPRS dan MMS dapat di setting secara manual dan otomatis. Jika smartphone Anda mendukung layanan GPRS dan MMS, operator akan mengirimkan settingan tersebut secara otomatis ketika simcard pertama kali dimasukkan ke dalam smartphone. Namun jika Anda memiliki masalah dan tidak mendapat setting internet Telkomsel otomatis, sebaiknya langkah yang lebih dulu Anda lakukan adalah meminta aktivasi kepada operator Telkomsel melalui SMS dengan langkah-langkah yang telah Paseban sajikan sebelumnya di artikel ini.

Jika Anda memiliki masalah dengan sistem sms, Anda dapat membuat account pada setting internet smartphone Android Anda dengan cara pilih menu Setting, Wireless Control, Mobile Network, Acces Point Name.

  • Tekan tombol menu lalu pilih New APN.

  • Lalu isi kolom yang kosong sebagai berikut:

Menu Pengaturan
Profile Name TSEL GPRS
APN Telkomsel
User name wap
Password wap123
Authentication Normal
Gateway IP address 10.1.89.130
Homepage http://wap.telkomsel.com
Data Bearer GPRS
Proxy port number 9201 atau 8000

Setelah selesai semuanya, restart smartphone Android anda, karena terkadang beberapa tipe smartphone memerlukan restart untuk menggunakan akses internet. Setelah di-restart silahkan Anda coba untuk mengakses internet, jika belum terkoneksi berarti ada kesalahan setting internet Telkomsel pada smartphone Android Anda. Hubungi operator di *123# untuk informasi.

Aktivasi Paket Internet

Untuk memudahkan kelancaran Anda dalam mengakses internet, setelah Anda melakukan setting internet Telkomsel sebaiknya bagi pengguna Telkomsel akan lebih baik bila Anda menggunakan paket internet seperti Telkomsel Flash Unlimited yang memiliki berbagai paket yaitu paket 50.000, 100.000, dan 200.000.

Yang membedakan dari setiap jenis paket adalah kecepatan akses dan waktu berlaku tarif. Jika setting GPRS, MMS, dan 3G telah aktif, maka segera ketik *363# pada layar smartphone Anda, kemudian pilih no. 4 (unlimited) dan pilih paket yang diinginkan, jika telah selesai maka Anda akan mendapatkan sms konfirmasi bahwa paket Telkomsel Flash Unlimited Anda telah aktif. Paket ini berlaku untuk semua jenis simcard Telkomsel termasuk Kartu HALO, SimPATI dan Kartu As. [FT]