Cara Mempercepat Internet

30 Apr 2012 19:00 | Hits: 23413

Tips dan Trik Cara Mempercepat Koneksi Internet di Laptop Anda

Tips dan Trik Cara Mempercepat Koneksi Internet di Laptop Anda

Saat ini, internet hampir menjadi suatu kebutuhan dalam seluruh lapisan masyarakat, mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa, dari desa hingga ke kota. Namun, dalam beberapa hal adakalanya Anda akan merasa sangat jengkel dan jenuh ketika koneksi internet Anda tidak sesuai dengan yang Anda harapkan alias lemot. Untuk itu, berikut Paseban paparkan beberapa cara mempercepat internet untuk Anda.

Ada beberapa cara mempercepat internet Anda, bisa dengan memakai sebuah program atau aplikasi tambahan atau juga bisa dengan mengotak-atik bagian dalam laptop Anda seperti registry editor dan lain sebagainya

Cara mempercepat internet pertama adalah dengan mengubah setting bandwith pada OS Windows. Pada dasarnya, OS Windows sudah membatasi bandwidth untuk koneksi internet sebanyak 20% dari total bandwidth yang seharusnya bisa dimaksimalkan. Jika Anda ingin menambah bandwidth internet supaya koneksinya terasa lebih cepat dan kencang bisa dengan cara mengurangi atau mengosongkan batasan bandwidth tersebut supaya pada OS Windows kita bisa memaksimalkan penggunaan bandwidth yang sudah ada.

Caranya :

  • Klik Start, masuk ke menu Run dan ketikkan gpedit.msc, kemudian klik OK.

  • Setelah masuk, klik Administrative Templates dan kemudian klik Network.

  • Setelah terbuka, klik QoS Packet Scheduler kemudian klik Limit Reservable Bandwith lalu ubah *settingan menjadi Enable.

  • Setelah itu ubah bandwith limit menjadi angka 0. Klik Apply

  • Setelah selesai, restart laptop Anda.

Cara mempercepat internet kedua yaitu dengan menggunakan DNS dari OpenDNS

  • Klik Start, masuk ke menu Control Panel kemudian pilih Network and Internet Connection, dan pilih Network Connection.

  • Klik kanan Local Area Connection lalu pilih Properties. Setelah itu pilih Internet Protocol (TCP/IP), kemudian klik Properties.

  • Klik Use Following DNS Server dan isi Preferred DNS Server Anda denga angka 208.67.222.222.

  • Isi Alternate DNS Server dengan angka 208.67.220.220 kemudian klik OK.

Bagi Anda pengguna browser Firefox, Anda bisa menggunakan add on Faster Fox sebagai cara ketiga. Faster Fox adalah sebuah add on yang berfungsi untuk mempercepat koneksi dengan melakukan optimasi pada network dan cache browser.

Fungsi dari cache adalah untuk menyimpan data sementara dari situs yang kita kunjungi, sehingga ketika kita membuka kembali situs tersebut proses loading-nya akan lebih cepat karena datanya telah disimpan di cache. Beberapa optimasi yang dapat dilakukan oleh Faster Fox adalah: HTTP pipelining, Memory caching, Disk caching, DNS caching, FastBack caching.

Selain menggunakan Faster Fox, cara lain untuk mempercepat intenet Anda saat memakai browser Firefox yaitu dengan cara tweak Firefox. Caranya dapat Anda lakukan seperti berikut:

  • Pada Mozilla Firefox ketik about:config. Setelah itu akan keluar peringatan tentang garansi browser Anda, oleh karena itu Anda harus hati-hati dalam melakukan tweaking Firefox ini.

  • Klik I’ll be careful, I promise. Lanjutkan dengan merubah nilai pengaturan atau jika belum ada buatlah sendiri dengan cara klik kanan kemudian pilih new. Pilih Integer untuk data berupa angka dan pilih Boolean untuk true/false. Selain dengan Faster Fox dan Tweak Firefox, Anda juga dapat memasang Adblock pada Firefox Anda, yang fungsinya adalah untuk mem-filter iklan-iklan yang tidak perlu pada saat kita browsing, sehingga proses loading akan menjadi lebih cepat dan maksimal.

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa melakukan tweak registry yang dapat Anda lakukan dalam registry Windows. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pilih menu Start kemudian masuk ke menu Run. Ketik regedit (registry editor) pada menu Run. Carilah alamat registry HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Current ControlSet\Services\Tcpip\ServiceProvider. Lalu pilih DnsPriority dan ubah nilainya menjadi angka 1 (satu).

  • Setelah itu pilih HostsPriority dan ubah nilainya menjadi angka 1.

  • Selanjutnya pilih LocalPriority dan ubah kembali nilainya menjadi 1.

  • Terakhir, pilih NetbtPriority dan ubah nilainya menjadi 1. Lalu close atau tutup dan keluar dari Registry Editor dan restart laptop Anda. [FT]