Mempercepat Akses Internet

30 Apr 2012 16:45 | Hits: 23927

Dua Cara Sederhana untuk Mempercepat Akses Internet pada Ponsel Android

Dua Cara Sederhana untuk Mempercepat Akses Internet pada Ponsel Android

Akses internet merupakan suatu hal wajib yang dimiliki oleh ponsel masa kini. Kebutuhan akses Internet setiap saat dbutuhkan untuk beberapa aplikasi yang berjalan di Background. Pada ponsel Android yang juga telah mendukung akses push notification sejak Android Froyo 2.2 tentunya harus mendukung akses internet setiap saat. Aplikasi Google Play Store pun membutuhkan internet dalam rangka untuk memperbaharui aplikasi-aplikasi yang sudah terpasang di ponsel Android. Aplikasi social media pun juga membutuhkan akses Internet yang harus tersedia setiap saat

Melihat bayaknya aplikasi yang bergantung kepada akses internet, sehingga akses Internet menjadi begitu penting. Kali ini Paseban berkesempatan membagi tips untuk mempercepat akses internet pada ponsel Android. Sebenarnya tidak ada cara khusus untuk mempercepat akses internet, karena kecepatan telah ditetapkan oleh penyedia internet masing-masing namun dengan sedikit tips maka Anda seolah akan merasa bahwa akses internet Anda telah dipercepat.

Setting WCDMA Only

Cara mempercepat akses internet kali ini dinilai paling sederhana. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah untuk mengoptimalkan kecepatan akses internet Anda. Tekniknya gampang, dengan memanfaatkan sinyal WCDMA atau 3G/HSDPA maka ponsel Android Anda akan memiliki akses Internet yang lebih kencang. Ponsel secara default akan menangkap sinyal Internet yang tersedia, namun dengan preferensi WCDMA terlebuh dahulu. Sinyal WCDMA di Indonesia dinilai kurang stabil, maka ponsel akan menagkap siyal GSM yang memanfaatkan akses GPRS atau EDGE dalam mengakses internet. Keadaan ini akan membuat akses internet kita serasa sangat lambat. Dengan sedikit trik, ponsel Android Anda akan selalu menangkap sinyal WCDMA.

Ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama masuk ke dalam menu Settings, kemudian pilih Wireless & Network dan Mobile Networks. Akan terdapat menu Network Mode, silahkan Anda pilih WCDMA Only.

Cara kedua dengan cara memasukan kode *#*#4636#*#* pada menu Phone, kemudian Anda harus memilih Phone Information dan set Prefered Network menjadi WCDMA Only. Cara kedua ini dilakukan jika pada cara pertama tidak ditemukan pilihan WCDMA only seperti pada ponsel Samsung Galaxy.

Dengan cara tersebut ponsel Anda akan selalu menangkap sinya WCDMA sehingga akan mempercepat akses internet, namun ada yang perlu diperhatikan, dimana pemakaian baterai akan sangat boros dan jika berada di area tanpa sinyal WCDMA maka ponsel berada dalam modus Emergency Call Only.

Menggunakan Browser Lain

Browser bawaan Android diyakini oleh para pengguna memiliki kecepatan yang sangat lambat, maka dari itu untuk bisa mempercepat akses Internet, Anda harus mengganti browser bawaan dengan browser lain.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh ponsel Android adalah kemampuan banyak aplikasi yang bisa dipasang di dalamnya. Variasi aplikasi juga banyak ditemui pada ponsel Android, termasuk aplikasi browser Internet pun banyak tersedia di Google Play Store.

Ada banyak pilhan browser yang bisa dinikmati, ada Dolphin, Opera Mobila, Opera Mini, SkyFire dan masih banyak lagi. Mempercepat akses internet bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa pilihan browser tersebut.

Setelah melihat dua tips mempercepat Akses internet, bagaimana kecepatan akses internet pada ponsel Android Anda? Cara pertama cukup simpel namun sangat boros baterai, cara kedua juga simpel namun dirasa kurang signifikan. Pilihan untuk mempercepat akses internet kini jatuh ke tangan Anda. [IQ]