OS Mobile Terbaik

10 May 2011 13:28 | Hits: 8489

Android VS iOS VS Windows Phone. Mana yang Terbaik?

Android VS iOS VS Windows Phone. Mana yang Terbaik?

Satu tahun terakhir telah menjadi tahun yang luar biasa bagi smartphone, dengan kenaikan dahsyat OS (Operating System) Android, bangkitnya Microsoft dengan peluncuran Windows Phone 7 dan konsistennya perkembangan iOS. Belum pernah terjadi sepanjang sejarah pasar dibanjiri dengan banyaknya pilihan smartphone.

Untuk Anda yang berencana membeli smartphone, memilih smartphone mana yang terbaik berhubungan erat dengan memilih OS apa yang digunakan smartphone tersebut. "OS manakah yang terbaik?" bukanlah pertanyaan yang tepat dalam hal ini, karena sifat jawaban akan relatif sesuai preferensi pengguna. Oleh karena itu Paseban akan mencoba menjawab pertanyaan, OS manakah yang terbaik untuk Anda? Kali ini Paseban akan membandingkan tiga OS yang sedang naik daun dan banyak dipilih: Android 2.3, Windows Phone 7, dan iOS 4.3.

User Interface
Apple selama beberapa dekade mempertahankan resep suksesnya, yaitu simpel dan elegan, untuk desain iOS. Sementara kelebihan Google adalah memberikan kebebasan kepada pengguna untuk mengubah dan menyesuaikan keinginan pengguna.

Microsoft memiliki konsep penampilan yang berbeda dengan kedua OS sebelumnya. iOS dan Android mengutamakan susunan ikon sebagai tampilan utamanya, sementara Windows Phone lebih kepada susunan kotak, yang mana akan membuatnya terlihat monoton. iOS dan Android menampilkan ikon untuk menjalankan aplikasi sebagai tampilan utamanya, sementara Windows Phone lebih kepada akses terhadap informasi, seperti akses ke email yang belum terbaca, jadwal pada kalender Anda, dll.

Apps and Openness
Untuk banyaknya pilihan aplikasi yang tersedia iOS dan Android berada pada posisi saling bersaing, sementara Windows Phone tertinggal jauh dibelakang. Untuk keterbukaan Android dengan open-source-nya menduduki nomor satu, sementara iOS dan Microsoft membatasi keterbukaan ini. Untuk mendapatkan aplikasi Android tidak hanya melalui penyedia aplikasi resmi Google, Android Market, tetapi juga dapat melalui situs lain.

Sementara iOS dan Windows Phone membatasi hanya dari penyedia aplikasi resmi mereka. Kebebasan yang diberikan Google ini membuat Anda bisa mendapatkan aplikasi darimanapun Anda mau, tetapi kebebasan ini disertai dengan resiko dalam masalah keamanan. Dalam masalah kualitas aplikasi, iOS dan Android saling bersaing. Dan dilihat dari yang beredar sekarang, aplikasi Android dan iOS tidak memiliki banyak perbedaan.

Features and data integration
Android merupakan OS yang kaya akan fitur dan menduduki posisi teratas dalam kategori ini, meskipun iOS memiliki beberapa fitur yang tidak ada pada Android. Dalam kategori ini Windows Phone memiliki satu kekurangan diantara pesaingnya, tidak adanya fitur cut and paste. Dalam hal ini pilihan tergantung pada kebiasaan pengguna. Seperti pengguna yang terbiasa menggunakan Microsoft, Mac, atau terbiasa dengan layanan Google.

Customization
Android memang memiliki konsep pengguna bebas meng-customize isi OS ini. Jadi dibandingkan dengan iOS dan Windows Phone, Android menduduki nomor satu dalam kategori ini. Namun hal ini dapat diartikan iOS dan Windows Phone lebih mudah digunakan, apabila pengguna masih pada tahap pemula.

Pilihan OS mana yang lebih baik dikembalikan ke tangan pengguna disesuaikan dengan kebutuhan dan kebiasaan. Android dan iOS yang sekarang ini sedang head-to-head dalam hal jumlah pengguna. Sementara Windows Phone, yang memiliki usia termuda dan baru saja memasuki arena, masih mengamati dari posisi bontot. RY