Cara Membuat Website

30 Apr 2012 08:30 | Hits: 38378

Cara Membuat Website Lewat Handphone dengan Mudah

Cara Membuat Website Lewat Handphone dengan Mudah

Bagi Anda yang gemar untuk membuat website dan tidak punya cukup waktu untuk membuat atau mendesain website dari PC atau laptop, jangan khawatir karena pada artikel ini Paseban akan menjelaskan beberapa cara membuat website lewat handphone dan juga kelebihan dan kekurangan dalam membuat website dengan handphone. Semoga tips cara membuat website ini bisa berguna untuk Anda.

Tiap handphone pasti memiliki kemampuan yang berbeda untuk browsing. Biasanya ukuran layar sangat mempengaruhi kapasitas browser baik dalam ukuran byte maupun kemampuan untuk menjelajahnya. Masalah utama yang dihadapi dalam cara membuat website lewat handphone ini adalah mengenai pemilihan browser yang cocok untuk Anda gunakan dalam handphone Anda. Sekali lagi ukuran layar tentu juga akan mempengaruhi resolusi yang bisa Anda dapatkan. Semakin besar layar yang Anda gunakan, tentu resolusi yang didapat juga semakin besar.

Handphone sejenis smartphone iPhone dan smartphone berbasis Android memiliki browser yang dapat berfungsi penuh. Sedangkan model handphone lain cenderung memilik browser sederhana. Lewat smartphone ini pun membuat website akan semakin memungkinkan, mengingat fitur dan fasilitas lebih yang dimiliki smartphone jika dibandingkan dengan handphone biasa.

Ada dua cara yang bisa digunakan dalam menulis mark-up untuk melakukan browsing lewat handphone, yaitu WML atau XML dan XHTML atau XHTML-MP. XML merupakan mark-up bawaan yang dirancang untuk handphone, dan biasanya sudah tersedia langsung untuk handphone versi lama. Sedangkan XHTML merupakan mark-up yang biasanya jauh dipilih oleh para pengembang web.

Browser handphone modern mampu menggunakan XHTML atau XHTML-MP. Ketika Anda akan membuat XHTML, sangat penting bagi Anda untuk membuat mark-up yang cocok untuk Anda gunakan dalam handphone Anda sebagai alat bantu Anda untuk bisa membantu Anda menemukan cara membuat website* lewat handphone Anda.

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menemukan cara membuat website adalah membuat email yang valid. Email yang valid merupakan dasar Anda dalam membuat website. Jika tidak ada email, maka sudah dipastikan Anda tidak akan bisa membuat web. Setelah Anda sudah mendapatkan email.

Langkah berikutnya yaitu mencari domain dan hosting. Ada domain dan hosting premium yaitu bayar pajak tahunan, dan ada juga yang free alias gratis. Lebih baik Anda mencari hosting yang gratis terlebih dahulu. Anda bisa melakukan registrasi di hostgue.tk, blogger.com, wordpress.com, dan lainnya. Tapi Paseban sarankan agar Anda membuat di hostgue.tk, karena sudah memiliki fitur auto instaler yang akan membantu Anda dalam memasang script Joomla, Drupal, Jcow, Mambow, dan laiinya secara otomatis tanpa harus membuat database.

Setelah proses registrasi selesai, Anda tinggal melanjutkan proses selanjutnya yaitu mengisi atau meng-update blog atau website yang telah Anda buat. Anda harus menentukan informasi apa saja yang akan Anda bagikan kepada para pengunjung website Anda.

Sebetulnya lebih mudah untuk membuat website versi handphone atau yang lebih dikenal dengan nama wapsite karena tampilan yang sederhana hanya satu kolom yang bisa dengan mudah diakses dari handphone. Wapsite bisa dengan mudah dibuat dan dikelola hanya menggunakan handphone saja. Website tampilan situs yang besar dan lebar, biasanya terdiri dari beberapa kolom. Jika diakses dari handphone menggunakan Opera Mini atau browser biasanya harus di perbesar atau di zoom ke kiri atau ke kanan, ke atas dan ke bawah untuk bisa melihat semua tampilan nya.

Setelah semua langkah di atas selesai, cara selanjutnya dalam cara membuat website dilanjutkan dengan membuat domain. Masuk kembali ke Hostgue.tk dan masukan email beserta password untuk login. Setelah* login*, pilih opsi Create New Account dan isi kolom domain dilanjutkan dengan kata sandi Anda dan masukkan huruf gambar yang terlihat untuk membuat domain. Setelah pembuatan Domain selesai silahkan Anda buka auto installer. Pilih CMS yang akan di instal ke host Anda, apabila Anda mau memasang Wordpress, tinggal klik instal Wordpress. Isi kolom untuk membuat username wordpress dan kata sandi. Username dan kata sandi harus Anda ingat, karena itu akan dipakai login ke wp-admin wordpress. Kolom pertama kosongkan saja kemudian install Wordpress. Dan silakan kunjungi alamat web yang telah dibuat tadi.

Ada berbagai metode deteksi browser yang tersedia. Berikut ini adalah script PHP yang dapat digunakan untuk mendeteksi browser mobile, Anda dapat men-download-nya di sini. Contoh lain dari deteksi browser PHP mobile dapat dilihat di sini. Ada beberapa aplikasi online yang bisa digunakan untuk melakukan test website handphone, di antaranya emulator online di sini yang akan memungkinkan Anda untuk melihat gambaran dari website yang telah Anda buat. Aplikasi ini juga dapat membantu Anda menguji deteksi browser Anda.

Itulah beberapa cara membuat website lewat handphone dan selamat membuat website Anda sendiri. [FT]