Cara Root Android

26 Apr 2012 08:00 | Hits: 7907

Inilah Cara Root Andorid pada HTC Explorer

Inilah Cara Root Andorid pada HTC Explorer

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Android adalah kemampuannya untuk melakukan rooting yang menjadikan dirinya menjadi berbeda dengan yang lainnya. Tidak sedikit para pengguna Android yang memodifikasi sistem operasi Android-nya diubah menjadi rooting agar mendapatkan keistimewaan yang dimiliki oleh sistem Android yang telah mengalami rooting ini.

Pada artikel ini, Paseban akan mengulas bagaimana cara root Android khusus bagi Anda pengguna ponsel HTC Explorer agar Anda juga bisa merasakan keistimewaan yang Anda dapatkan ketika Anda melakukan rooting pada Android Anda. Berikut cara root Android pada HTC Explorer Anda:

Instal HTC Sync

Cara root Android pertama yang harus Anda lakukan ialah Anda harus menginstal HTC Sync pada PC atau Laptop Anda. Anda harus menginstal ini agar PC atau Laptop Anda mengenali input commands untuk melakukan rooting pada Android Anda. Untuk mengunduhnya, Anda bisa langsung menuju situs HTC resmi di sini.

Unlock Bootloader

Cara root Android berikutnya setelah Anda mengunduh dan meng-install HTC Sync pada komputer PC atau Laptop Anda adalah, Anda harus melakukan unlock bootloader pada ponsel Anda. Untuk melakukan unlock bootloader secara aman, Anda bisa mengikuti petunjuk untuk melakukan unlock bootloader pada link ini.

Karena jenis ponsel ini tidak tertulis langsung pada list, maka Anda harus memilih ‘’all other supported models’’ pada akhir daftar.

Menambahkan Recovery

Anda harus mengubah mode ponsel Anda menjadi fastboot mode dengan cara: tekan dan tahan tombol Power dan Volume Down hingga layar Bootloader muncul. Ketika Anda telah menjadi bootloader, Anda tinggal menekan tombol Power untuk menjadikan mode ponsel Anda fastboot mode.

Setelah ponsel Anda dalam fasboot mode, maka hal yang selanjutnya Anda lakukan adalah:

  • Download A310E Recovery.zip secara gratis di sini.

  • Ekstrak file tersebut pada komputer Anda.

  • Jalankan dan instal recovery.bat pada ponsel Anda yang telah mengalami fastboot mode dan terkoneksi dengan USB.

  • Setelah Anda berhasil menjalankan dan menginstal recovery.bat pada ponsel Anda. berarti Anda telah mendapatkan recovery.

Root Device Anda

Setelah Anda mendapatkan recovery pada ponsel Anda, cara root Android selanjutnya adalah mulai melakukan rooting pada device Anda. Dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Download Superuser.zip secara gratis di sini.

  • Tempatkan file tersebut pada microSD Anda.

  • Instal Superuser.zip dengan pilihan ”Install .zip from sd” dari recovery menu.

Setelah Anda melewati proses terakhir tadi tanpa hambatan, berarti Anda sukses dalam melakukan rooting pada ponsel Anda. Setelah Anda berhasil membuat root pada ponsel Anda, ada baiknya Anda menginstal program link2sd sebuah program untuk membuat partisi pada kartu eksternal ponsel Anda. Anda bisa mengunduh program link2sd secara gratis di sini. [PY]