Kamus Indonesia Online

29 Apr 2012 12:00 | Hits: 3457

Bahasa - Situs Kamus Indonesia Online yang Berisi Penjelasan Kata dalam Berbagai Bidang, Dialek, Ragam dan Kelas

Bahasa - Situs Kamus Indonesia Online yang Berisi Penjelasan Kata dalam Berbagai Bidang, Dialek, Ragam dan Kelas

Dari sudut pandang linguistik, bahasa Indonesia merupakan varian dari bahasa Melayu dengan dasar yang dipakai bahasa Melayu Riau. Dalam perkembangannya, bahasa Melayu berubah menjadi bahasa Indonesia ketika dicanangkannya Sumpah Pemuda, hal ini bertujuan untuk menghindari imperialisme bahasa apabila nama Bahasa Melayu ini tetap digunakan.

Sampai saat ini, bahasa Indonesia terus berkembang dengan menghasilkan kata-kata baru, baik itu melalui penciptaan, penyerapan dari bahasa daerah atau bahasa asing. Meskipun hampir 90% warga Indonesia menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari, namun terkadang ada beberapa kata yang sulit dipahami dan memerlukan penjelasan tersediri. Kehadiran KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) menjadi solusi yang tepat sebagai rujukan untuk menyelesaikan permasalahan ini. Tidak hanya itu, Kamus Besar Bahasa Indonesia juga berfungsi sebagai sumber penggalian ilmu pengetahuan, teknologi, seni, sumber hukum dan peradaban Indonesia.

Melalui perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini, KBBI tidak hanya hadir dalam bentuk cetak, namun juga hadir dalam versi online. Bagi Anda pengguna internet, jika Anda tidak memiliki KBBI versi cetak, namun Anda sangat memerlukannya, Anda bisa memanfaatkan situs kamus Indonesia online. Apabila Anda merasa kebingungan, Paseban akan merekomendasikan sebuah situs kamus Indonesia online http://bahasa.cs.ui.ac.id/kbbi/ yang di dalamnya akan memeberikan penjelasan mengenai kata-kata bahasa Indonesia beserta kata turunan, frase dan informasi lainnya.

Ketika Anda memasuki tampilan utama pada situs kamus Indonesia online ini, Anda langsung klik "Cari Kata Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia” yang berada di atas layar. Setelah itu Anda tinggal ketik kata yang ingin Anda ketahui penjelasannya pada kolom "Kata yang Hendak Dicari”. Anda juga bisa menspesifikasikan kata yang Anda cari, karena di bawah kolom ini terdapat 4 kolom berupa Bidang, Dialek, Ragam dan Kelas.

Ketika Anda meng-klik kolom Bidang pada kamus Indonesia online ini, maka akan muncul spesifikasi bidang yang terdiri dari Anatomi, Antropologi, Arkeologi, Arsitektur dan masih banyak lagi. Pada kolom Dialek, Anda akan menemukan spesifikasi Melayu Jakarta, Bali, Batak, Jawa, Sunda, Arab dan lain-lain. Selanjutnya pada kolom Ragam, akan muncul spesifikasi Arkais, Cakapan, Hormat, Kasar, Klasik dan lain-lain. Sementara pada kolom Kelas, akan menampilkan spesifikasi Adjektiva, Adverbia, Noun, Numeralia, Partikel, Pronomina dan Verba.

Hasil pencarian kata yang Anda cari juga hadir dalam 2 bentuk, yaitu dalam bentuk Kamus dan Tabel. Ketika Anda mencari penjelasan kata misalnya "interogasi” dalam bentuk Kamus, maka akan muncul beberapa pengertian kata tersebut. Jika Anda mencarinya dalam bentuk Tabel, maka akan muncul penjelasan "interogasi” dalam kategori Kelas Kata dan Definisi. Namun, perlu Anda ketahui, kamus Indonesia online ini juga memiliki kekurangan yakni tidak semua kata dapat diartikan di sini. [RF]