Cara Root Android

20 May 2013 18:30 | Hits: 1244

Cara Root Android Samsung Galaxy S4 Versi Internasional

Anda memiliki smartphone berbasis Android? Tentunya Anda sudah familiar dengan sistem root yang dapat Anda lakukan pada smartphone Android Anda. Bila Anda ingin melakukan root pada smartphone Android Anda tapi Anda tidak mengetahui cara root Android, Anda bisa mengikuti langkah-langkah cara root smartphone Android yang akan dibahas. Akan tetapi, sebelum membahas langkah-langkah tersebut, ada baiknya Anda mengetahui seluk beluk tentang pengertian dan fungsi rooting pada smartphone berbasis Android milik Anda.

Root merupakan sistem akun yang membuat Anda mampu memiliki akses file sepenuhnya pada smartphone Android Anda. Dengan mengaktifkan sistem akun root pada smartphone Android, Anda dapat menghapus aplikasi bawaan, menginstall aplikasi tambahan, mengubah file sesuai dengan keinginan Anda, dan mendapatkan akses-akses absolut lain yang bisa Anda lakukan sesuka hati. Sistem root bisa Anda lakukan sendiri dengan cara mengikuti langkah-langkah yang akan diberikan berikut ini. Namun, langkah-langkah yang akan dibahas kali ini hanya untuk Samsung Galaxy S4 I9500 (versi Internasional) dan Samsung Galaxy S4 SHV-E300S/K (versi Korea) dengan menggunakan Exynos 5 Soc. Berikut langkah-langkah cara root Android yang sebaiknya Anda ikuti agar proses rooting smartphone berbasis Android Anda berhasil.

Cara root Android yang pertama adalah download beberapa aplikasi berikut ini:

Setelah mendownload aplikasi-aplikasi diatas, install USB Drivers dan ekstrak file ODIN serta CWM recovery ke desktop PC Anda. Seandainya Anda sudah memiliki aplikasi Samsung KIES di PC, Anda tidak perlu lagi menginstall Samsung USB driver.

Cara root Android yang kedua adalah dengan menjalankan aplikasi ODIN yang telah Anda ekstrak di  PC lalu klik tombol PDA. Kemudian pilih file tar yang terdapat di CWM recovery. Anda tidak perlu merubah settingan lain di ODIN.

Cara root Android yang ketiga adalah dengan menon-aktifkan Samsung Galaxy S4 dan pasangkan kembali baterai. Setelah itu, nyalakan kembali Galaxy S4 kemudian aktifkan mode download dengan cara tekan secara bersamaan tombol Volume DOWN + Home + Power. Bila Anda telah menekan tombol tersebut, maka Anda akan melihat tampilan peringatan tentang custom OS kemudian tekan tombol Volume Up untuk melanjutkan.

Cara root Android yang keempat adalah dengan menyambungkan Samsung Galaxu S4 Anda ke komputer dan tunggu sampai ODIN dapat mendeteksi Android Anda. Setelah terdeteksi, ODIN akan menampilkan sebuah kotak putih yang berisi sebuah random COM NO.

Cara root Android yang kelima yaitu dengan menekan tombol Start kemudian Anda diharuskan untuk menunggu ODIN flashing custom recovery ke Galaxy S4 Anda. Setelah selesai, secara otomatis Galaxy S4 Anda akan reboot dengan sendirinya.

Cara root Android yang keenam yaitu matikan sekali lagi Galaxy S4 Anda. Alihkan reboot ke mode Recovery dengan cara menekan secara bersamaan tombol Volume UP + Home + Power.

Ketika mode Recovery sedang aktif, Anda pilih opsi root your phonedengan menggunakan tombol Volume kemudian tekan tombol Power. Setelah itu, pada layar akan muncul beberapa pilihan. Pilih opsi ‘root your phone (new method)’.

Cara root Android yang terakhir yaitu memilih opsi reboot system now melalui navigasi setelah proses rooting selesai. Bila proses rooting tidak berhasil, Anda disarankan untuk mengulang kembali langkah ke 6 dan ke 7.Tetapi jangan pilih opsi ‘root your phone (new method)’, melainkan ‘root your phone (old method)’.

Bila proses rooting Anda sukses setelah mengikuti tips cara root Android diatas, maka Anda tidak akan menerima OTA secara langsung dari Samsung. Selain itu, setelah selesai rooting, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan pesan peringatan yang berisi bahwa sistem-sistem software yang terdapat pada smartphone Android Anda mengalami kontaminasi. Bila Anda mendapatkan pesan peringatan seperti itu, Anda tidak perlu khawatir. Cukup abaikan saja dan biarkan smartphone Android Anda dalam kondisi telah melalui proses rooting. Bila Anda ingin menghilangkan sistem akun root, Anda bisa melakukan unroot dan smartphone Android Anda akan kembali seperti semula sebelum mengalami proses rooting. [NDC]