Kekurangan Handphone Android

20 Apr 2012 16:30 | Hits: 29572

Kekurangan Handphone Android Ice Cream Sandwich 4.0

Kekurangan Handphone Android Ice Cream Sandwich 4.0

Pada awal kemunculannya, sistem operasi Android Ice Cream Sandwich 4.0 menjanjikan berbagai perbaikan jika dibandingkan dengan OS Android 3.0 Honeycomb (khusus tablet) maupun Android Gingerbread 2.3 dan Android Froyo 2.2. Hal yang paling mencolok adalah pada UI atau tampilan dari sistem operasi Android terbaru ini. Namun apakah Anda tahu, bahwa terdapat kekurangan handphone Android yang menggunakan sistem operasi Android terbaru tersebut?

Dalam sistem operasi Android 2.2 Froyo maupun Android 2.3 Gingerbread, Anda akan menemukan sebuah tombol fisik, yakni tombol Home, Back dan Option. Desain tiga tombol fisik tersebut juga akan Anda temukan pada handphone milik Apple. Namun, untuk sistem operasi Android Ice Cream Sandwich 4.0, Anda tidak akan menemukan tombol tersebut. Alih-alih, fungsi tombol tersebut akan digantikan dengan tombol virtual.

Secara teori, hal ini akan menjadi hal yang sangat berguna. Developer aplikasi bisa saja mengubah UI produk aplikasi mereka sesuai dengan tipe aplikasi yang digunakan. Tentunya hal ini akan membuat aplikasi tersebut sejalan dengan UI handphone Android. Tak hanya itu, hal ini juga akan memudahkan pengguna ketika beralih dari mode landscape ke mode portrait.

Namun, ternyata hal ini menjadi salah satu kekurangan handphone Android Ice Cream Sandwich 4.0. Hal ini muncul karena saat ini tak banyak handphone yang secara nyata didesain khusus untuk sistem operasi Android terbaru tersebut. Tentu saja hal ini berujung pada optimisasi yang kurang efisien.

kekurangan Android Ice Cream Sandwich

Seperti yang Anda lihat di atas, jarak antara tombol Home dengan tombol spasi terlalu rapat. Tentu hal ini akan menyulitkan Anda ketika mengetik menggunakan virtual keyboard yang ada di handphone dengan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich 4.0. Jika Anda menganggap kekurangan handphone Android yang satu ini sebagai hal yang remeh, tunggu dulu. Bayangkan ketika Anda sedang mengetik cukup panjang, dan secara tak sengaja Anda memencet tombol Home. Bisa saja kata-kata yang Anda ketikkan tersebut akan hilang, karena ketika Anda secara tak sengaja memencet tombol Home, maka Anda akan keluar dari aplikasi yang saat itu Anda gunakan.

Sebenarnya hal ini bisa saja diatasi. Pertama, tentu saja Google harus mengatur kembali letak ketiga tombol tersebut. Google harus mengaturnya supaya jarak antar tombol cukup renggang dan memudahkan penggunanya untuk memakainya. Cara lain, Anda bisa juga mengunduh sebuah aplikasi keyboard tambahan di Google Play. But, it's all up to you now. [IB]