Manfaat Tablet PC

20 Apr 2012 15:00 | Hits: 11632

Kekurangan dan Manfaat Tablet PC di Dunia Kerja

Kekurangan dan Manfaat Tablet PC di Dunia Kerja

Manfaat tablet PC kini semakin variatif. Seperti sebagai sarana untuk hiburan, hingga memanfaatkannya sebagai perangkat untuk meningkatkan performa kerja. Dengan spesifikasi yang mumpuni, sebuah tablet PC bisa memberikan manfaat yang hampir bisa dikatakan setara dengan sebuah Notebook maupun komputer.

Manfaat tablet PC semakin berkembang dengan banyaknya opsi sistem operasi yang ada di pasaran. Dari sebuah tablet PC dengan sistem operasi Android, sistem operasi iOS hingga sistem operasi terbaru milik Microsoft, yakni Windows 8. Lalu, apa plus dan minus memanfaatkan tablet PC di dunia kerja? Berikut Paseban sajikan beberapa hal yang menjadi kelemahan dan kekurangan mengenai manfaat tablet PC di dunia kerja.

Kelebihan

Mobilitas Tinggi

Manfaat tablet PC yang utama adalah tingkat mobilitasnya. Hal inilah yang banyak disukai oleh praktisi IT di perusahaan-perusahaan dunia. Tablet PC sama sekali tidak memiliki bagian yang terhubung dengan meja dan membuatnya sulit untuk dibawa berpindah-pindah.

Tak hanya itu, bentuk tablet PC juga membuat mudah untuk digunakan. Berbeda dengan sebuah laptop atau komputer yang memiliki sebuah bagian mekanis yang harus digunakan setiap hari. Entah itu dari engselnya yang bisa saja kurang tertutup rapat atau hard drive yang bermasalah.

Low Cost

Manfaat tablet PC yang menjadi pertimbangan besar ketika menggunakannya di dunia kerja adalah harga yang murah. Jika Anda membandingkan harga sebuah tablet PC dengan sebuah komputer atau laptop, sebuah tablet PC terhitung murah. Terlebih saat ini banyak tablet PC yang dijual dengan kisaran harga dari 1 juta rupiah hingga 2 juta rupiah.

Mudah untuk Melakukan Penguncian

Manfaat tablet PC berikutnya adalah kemudahan dalam melakukan penguncian. Hal ini berbeda ketika Anda memakai sebuah laptop atau komputer. Tentu saja hal tersebut menjadi nilai plus jika penggunanya adalah seseorang yang kerap berhubungan dengan internet.

Tidak Membutuhkan Keyboard

Bagi Anda yang terbiasa dengan sebuah laptop atau komputer, keyboard mungkin merupakan perangkat yang penting. Namun, tidak semua orang merasakan hal tersebut. Bagi sebagian orang, tablet PC yang tak memiliki keyboard fisik menjadi hal yang sangat menyenangkan. Dengan tanpa adanya keyboard, tablet PC menjadi barang yang mudah dibawa kemanapun. Namun, tentunya untuk terbiasa dengan keyboard virtual pada tablet, Anda harus berlatih agar bisa lancar dalam menggunakannya.

Kekurangan

Resistansi Pekerja

Hampir semua orang tentu akan melakukan reaksi ketika ada perubahan. Menerapkan manfaat tablet PC dalam dunia kerja pun demikian. Tak semua orang akan dengan semangat melakukan hal ini.

Permasalahan Keamanan

Hal ini adalah masalah klasik, terutama di Indonesia. Tak jarang Anda akan menjumpai kenalan atau orang di sekitar Anda yang kehilangan laptop. Dan, permasalahan serupa tentu saja menjadi hal yang harus dihadapi ketika Anda memutuskan untuk menerapkan manfaat tablet PC di dunia kerja. Dengan sifatnya yang mudah dibawa ke mana-mana, tentu saja hal ini akan menarik pencuri untuk melakukan hal yang sama sekali tidak Anda inginkan.

Permasalahan Software

Masalah berikutnya yang harus dihadapi ketika memanfaatkan tablet PC dalam dunia kerja adalah permasalahan software. Hampir sebagian besar kantor di Indonesia, dan bahkan di dunia, menggunakan sistem operasi Windows. Tentu saja dengan beralih dari sistem operasi Windows ke sistem operasi mobile menjadi hal yang cukup sulit. Terlebih ketika Anda memutuskan untuk menggunakan tablet Android atau iPad. Namun, hal ini bisa diatasi jika Anda menggunakan tablet berbasis Windows 7 atau Windows 8. [IB]