Cara Mempercepat YouTube

14 May 2013 20:00 | Hits: 39579

3 Cara Mempercepat YouTube Agar Mengurangi Buffering

3 Cara Mempercepat YouTube Agar Mengurangi Buffering

YouTube menjadi salah satu website yang paling terkenal saat ini, melalui YouTube banyak orang-orang terkenal, mendapatkan hiburan, menciptakan animasi dan masih banyak yang lainnya. Website ini melengkapi ketangguhan internet, namun yang menjadi masalah adalah butuh koneksi yang bagus agar lancar streaming YouTube. Jika tidak, Anda akan menikmati buffer yang cukup menjengkelkan. Maka dari itu, tips cara mempercepat YouTube berikut ini mungkin akan membantu Anda untuk mengurangi tingkat buffernya.

Sebenarnya buffering bukan cuma masalah YouTube, hampir semua website yang menyajikan video mengalami masalah yang sama seperti Netflix, Hulu, HBO, Vimeo atau apapun. Video merupakan file yang besar karena itu membutuhkan kecepatan internet yang bagus. Ini seperti hitungan kita mendownload karena buffering banyak orang yang memprotes penyedia-penyedia streaming video di internet, padahal salah satu yang paling berpengaruh adalah koneksi penggunanya. Anda pasti yakin, Google memiliki server yang besar dan berkualitas untuk YouTube. Agar tidak termasuk ke dalam golongan orang-orang yang protes, berikut adalah tips cara mempercepat YouTube agar mengurangi buffering-nya.

Mungkin dengan cara mempercepat YouTube ini Anda terhindar dari buffering yang berlebihan, syarat lainnya bila koneksi Anda pas-pasan (d ibawah 30kbps) sepertinya tidak terlalu terasa perubahannya karena ini merupakan pengaturan manual, apabila terjadi eror di komputer itu sudah menjadi resiko.

Bergabung ke YouTube Feather Beta

Mungkin beberapa dari Anda ada yang masih awam dengan YouTube Feather, wajar karena memang fitur ini masih baru untuk YouTube sendiri. Fitur dari YouTube ini mengatakan kalau YouTube Feather bisa mempercepat streaming YouTube. Kenapa Anda harus percaya? Karena ini langsung dari YouTube sendiri, jadi pasti ada keuntungannya dengan bergabung pada fitur ini.

Bagaimana cara kerja Feather? Dengan menghilangkan fitur-fitur di luar YouTube dan menerapkan teknologi terbaru, web YouTube memfokuskan bandwith Anda ke streaming video. Ini berarti informasi yang dikirim ke pengguna makin diminimalisir oleh Google. Yang paling terlihat adalah list video yang ada di kanan YouTube (menghilang), iklan, dan flash-flash yang ada di halaman. Ada keuntungan namun juga ada yang dikorbankan, terkadang kita butuh suges yang lain ketika melihat video di YouTube.

Pengaturan ISP

Beberapa orang mengeluarkan berbagai pengaturan ISP untuk mempercepat internet atau streaming. Mitch Ribar memposting cara mempercepat streaming video, sebenarnya yang dikirim kepada pengguna adalah cache video seperti yang YouTube lakukan. Dengan mengikuti tutorial yang diberikan Mitch Ribar untuk memblok IP yang mengirim cache tersebut video aslinya akan dikirim langsung ke Anda (bukan versi cache).  Caranya:

- Klik Start Menu kemudian ketikkan cmd di kolom search, klik kanan command prompt lalu plilih Run As Administrator.

Jika Anda melihat UAC prompt klik Yes, bila tidak ada lanjutkan saja.

Copy command berikut: netsh advfirewall firewall add rule name=”YoutubeBufferTrick” dir=in action=block remoteip=173.194.55.0/24,206.111.0.0/16 enable=yes.

- Klik kanan pada command prompt dan paste, lalu tekan Enter.

Jika ingin menghilangkan pengaturan ini dari network Anda lakukan hal yang sama tetapi dengan command yang berbeda. Berikut command-nya:

netsh advfirewall firewall delete rule name=”YoutubeBufferTrick”

Karena ini merupakan cara dengan memblok IP address beberapa website maka kita Anda mungkin terganggu membuka website-website lainnya. Ini adalah pilihan.

Coba dengan DNS yang Berbeda

Mungkin Anda sering melakukan pengaturan DNS agar bisa mendownload video dari luar negeri yang diblok di Indonesia atau mengubah DNS agar bisa bermain game online internasional (maklum, banyak game online internasional yang memblok IP Indonesia). Banyak pilihan DNS yang tersedia di internet, namun tidak sedikit juga yang merupakan DNS abal-abal. Lebih baik Anda menggunakan DNS yang sudah terkenal seperti Open DNS, Google Public DNS atau yang Anda percayai lainnya. Kedekatan regional internet cukup berpengaruh dalam streaming atau mendownload.

Sampai saat ini, DNS publik yang ramai dipakai adalah DNS dari Google. Google juga mengklaim bahwa Google Publik DNS mampu meningkatkan browsing Anda secara signifikan. Namun, Google juga memberikan catatan jika pengguna yang menggunakan DNS mereka jauh dari server Google mungkin akan malah memperlambat koneksi internet mereka.  [RIC]