Kamera Mirrorless Terbaik

14 May 2013 18:06 | Hits: 7138

Ini Dia Kamera Mirrorless Terbaik di Pasaran Yang Mempesona Mata

Ini Dia Kamera Mirrorless Terbaik di Pasaran Yang Mempesona Mata

Portabilitas merupakan kebutuhan manusia saat ini, hal inilah yang membuat kamera mirrorless semakin populer di pasaran kamera. Namun bukan hanya unsur portablitas yang membuat mirrorless popular, selain ukurannya yang kompak kemampuannya mengolah gambar mampu menyaingi kamera DSLR dengan ukuran yang lebih besar. Kamera mirrorless kadang kala memiliki sebutan compact system camera (CSC), digital interchangeable-lens camera (DILC), mirrorless system camera (MSC), atau electronic viewfinder interchangeable-lens (EVIL). Yang membedakan kamera jenis ini dengan kamera DSLR adalah tidak terdapatnya cermin di dalam bodi kamera, hal inilah yang membuat ukuran kamera mirrorless menjadi lebih ringkas dan ringan.

Untuk menampilkan gambar di jendela bidik, sebagian kamera mirrorless menggunakan jendela bidik elektronik dan sebagian kecil lainnya menggunakan teknologi hybrid viewfinder. Teknologi ini memungkinkan perubahan dari jendela bidik optik ke jendela bidik elektronik. Kembali ke semakin populernya kamera mirrorless, berikut ini adalah enam kamera mirrorless terbaik yang bisa menjadi alternarif bagi Anda saat ini.

Canon EOS-M

Canon EOS M dibekali sensor APS-C  dengan prosesor Digic 5 dan resolusi 18MP, sensornya tersebut mampu menghasikan gambar hingga ISO sebesar 25.600. Selain untuk memotret, Anda dapat menggunakan kamera mirrorless terbaik dari Canon ini untuk merekam video full HD 1080p 30 frame per detik. Nikmati gambar dan video hasil karya Anda pada layar multi touchscreen berukuran 3 inch, selain itu Anda juga dapat memanfaatkan layar tersebut untuk mengatur mode pemotretan, diafragma, ISO, maupun pencahayaan.

Olympus OM-D E-M5

Kamera mirrorless terbaik yang kedua adalah Olympus OM-D E-M5, kamera ini memiliki sensor LIVE MOS 16.1 MP yang dilengkapi dengan Image Processor dan TruePic IV. Anda dapat mengambil gambar dengan memanfaatkan fitur High Iso, Low Noise, Wide Dynamic Range, dan Full HD Movie. Rentang ISO yang dapat diakomodasi oleh kamera dari Olympus ini adalah 1600 hingga 3200, Olympus OM-D E-M5 juga dilengkapi dengan fitur built-in 5-axis image stabilization. Dengan dukungan image stabilization, Anda dapat mengambil dengan baik gambar objek yang bergerak.

Nikon 1J1

Nikon 1J1 merupakan kamera mirrorless selanjutnya pada bahasan ini, untuk memproses gambar Nikon 1 J1 menggunakan sensor CMOS resolusi 10.1MP dengan kemampuan high speed. Dalam mengambil gambar, Nikon 1J1 memiliki kinerja fokus otomatis yang cepat berkat hybrid auto focus (AF) system yang dimilikinya, fokus otomatis ini mampu menangkap hingga 73 poin ketika Anda melakukan pemotretan. Selain mengambil gambar, kamera mirrorless ini juga mendukung perekaman full HD video, kualitas suara yang dihasilkan juga berkualitas dengan suara stereo codec H.264. Berbagai fitur dibenamkan Nikon untuk kamera mirrorlessnya yang satu ini antara lain Motion Snapshot Mode dan Smart Foto Selector.

Fujifilm X-Pro 1

Fujifilm X-Pro 1 merupakan kamera mirrorless selanjutnya yang didesain dengan gaya retro, kamera mirrorless dari Fujifilm ini memiliki sensor yang hamper setara dengan kamera DSLR yaitu APS-C X-Trans resolusi 16 MP. Kualitas gambar yang dihasilkan sangat baik dengan ketajaman yang luar biasa, kamera ini didukung dengan 26x optical zoom lens. Di bagian belakang kamera terdapat monitor LCD sebesar 3 inch, monitor ini dapat digunakan dengan sangat mudah.

Canon Powershot G15

Produk Canon lagi-lagi berhasil memasuki jajaran kamera mirrorless dengan predikat terbaik saat ini. Kali ini produk Canon yang dimaksud adalah Canon Powershot G15, kamera ini disematkan sensor CMOS dengan resolusi 12.1MP. Kamera mirrorless ini mampu mengakomodasi ISO hingga 12800. Canon Powershot G15 juga dilengkapi dengan monitor LCD TFT PureColor II G 920 ribu titik berukuran 3 inch. Dengan menggunakan kamera mirrorless yang satu ini, Anda dapat menghasilkan foto bokeh yang lebih dramatis berkat aperture maksimal f/2.8 yang dimilikinya.

Sony NEX-F3

Kamera mirrorless ini memiliki sensor CMOS dengan resolusi 16MP, uniknya kamera mirrorless memiliki monitor LCD 3 inch yang dapat diputar hingga 180 derajat. Dengan desain layar yang dapat berputar, Anda dapat memotret diri Anda sendiri dengan mudah. [ALX]