Nintendo Wii

15 May 2013 14:15 | Hits: 3430

Kelebihan dan Kekurangan Nintendo Wii Sebagai Konsol Game Modern

Kelebihan dan Kekurangan Nintendo Wii Sebagai Konsol Game Modern

Semua tahu bahwa konsol game di dunia masih di dominasi oleh PlayStation dan Xbox. Namun Nintendo bukanlah perusahaan baru yang belum memiliki pengalaman dalam merancang mesin permainan. Ada banyak inovasi, fitur, dan kemudahan lain yang ditawarkan Nintendo Wii. Bahkan beberapa fitur dan aspek Nintendo Wii melebihi dua konsol saingannya, PS3 dan Xbox 360. Seperti apa rincian mengenai kelebihan dan kekurangan Nintendo Wii sebagai konsol game modern? Mari simak selengkapnya dibawah ini:

  • Kontroler atau Joystick milik Nintendo Wii mampu merespon terhadap letaknya dalam ruang fisik tiga dimensi yang terletak di depan televisi. Inilah salah satu inovasi terbaru konsol penerus Nintendo GameCube.
  • Memiliki tambahan kontroler Wiimote yang merupakan kontroler terbaru, sangat unik dan berbeda dengan kontroler game lain. Selain itu juga ada sebuah Nunchuk sebagai kontroler tambahan untuk beberapa jenis game yang kompatibel. Bentuknya kontroler Nintendo Wii cukup kecil, ditambah harga yang tidak terlalu mahal sehingga menjadi salah satu yang menjadi keunggulan Nintendo Wii dibandingkan PlayStation 3 dan Xbox 360.
  • Kontroler Wiimote tersebut, kemampuannya sangat bisa diandalkan karena mampu mendeteksi gerakan yang cukup akurat. Wiimote bisa dikoneksikan tanpa kabel, Anda bisa memanfaatkan koneksi bluetooth, ditambah ada speaker kecil yang makin seru. Jika Anda tidak ingin memanfaatkan fitur tersebut, Nintendo Wii juga bisa dimainkan dengan cara biasa juga seperti game GT PRO.
  • Nintendo Wii meskipun dirancang sebagai konsol game modern, namun tetap mempunyai kompatibilitas lama (backward compatibility) dengan beberapa konsol lama buatan Nintendo dan SEGA, termasuk juga  NES, Genesis, GameCube, Nintendo 64, SNES, dan TurboGarfx-16. Kompatibilitas dengan GameCube dapat dilakukan dengan menggunakan slot CD berukuran 8 cm seperti yang digunakan GameCube pada umumnya. Sedangkan untuk konsol selain GamCube  dapat diperoleh melalui jasa konsol virtual (Virtual Console).
  • Nintendo Wii mempunyai system permainan yang hampir mendekati dunia nyata, diantaranya termasuk gerakan serta aturan permainan. Fitur ini bisa dijadikan sebagai alternatif olahraga sambil bermain. Hal ini bisa didapatkan karena Nintendo Wii mempunyai Sensor Bar yang dirancang guna mendeteksi gerakan pemain sehingga membuat Anda yang memainkan akan terbawa dalam situasi game yang dimainkan.
  • Ada banyak sekali game terkenal yang bisa dimainkan dengan Nintendo Wii, diantaranya adalah Dragon Quest, Harvest Moon, Dragon Ball, bahkan sampai game-game Nintendo lama seperti Zelda, Mario Bros, dan lain lain. Jumlah game yang tersedia untuk Wii banyaknya hampir sama dengan Xbox 360.
  • Selain merupakan konsol game, Nintendo Wii juga dapat dipakai untuk mengakses internet. Ada bisa melakukan akses streaming YouTube, Netflix, atau bahkan membuka Facebook. Bisa dibilang Nintendo Wii menjadi TV kedua Anda yang seperti Internet TV canggih.
  • Selain akses internet biasa, Anda juga bisa melakukan akses layanan Online Mii Channel, Forecast channel, News Channel maupun Shop Channel. Salah satu yang terpenting adalah akses ke online sharing yang disebut Miiverse. Layanan Miiverse ini bisa membantu Anda jika kesulitan dalam bermain game.
  • Banyak pilihan Modchip, semua free region, dan bisa upgrade firmware lewat DVD.
  • Nintendo Wii dianggap sebagai konsol game generasi baru dengan harga rilis termurah jika dibandingkan dengan para pesaingnya, meskipun ada banyak orang menganggap konsol ini mahal. Awalnya  di Jepang Nintendo Wii diluncurkan dengan harga JP¥ 25.000, sedangkan di Amerika Utara dibanderol dengan harga $249,99. Wii juga dijual dalam satu paket dengan Wii Sports, yang terdiri dari game olahraga seperti tennis, baseball, bowling, golf, dan boxing.
  • EPRI  (Electric Power Research Institute )mengungkapkan bahwa Nintendo Wii system menggunakan listrik enam kali lebih sedikit dibandingkan dengan Sony PlayStation 3 dan Xbox 360.

Untuk kekurangan Nintendo Wii memang ada, namun tidak membuat konsol ini menjadi di diskreditkan. Beberapa kekurangannya diantaranya adalah

  • Tampilan grafis yang kurang bagus jika dibandingkan PlayStation 3 dan Xbox 360.
  • Batere Wiimote yang terkoneksikan cepat habisnya, hanya sekitar 4-5 jam menggunakan 2 batere AA sanyo 2500nmh.
  • Untuk akses internet,  tidak tersedia colokan kabel sehingga Anda harus membeli Access Point.
  •  Anda membutuh ruangan yang lega dan khusus untuk memaiinkannya.
  • GPU serta prosesornya yang hanya memiliki spesifikasi tidak terlalu istimewa atau hanya sekelas xbox.

Demikian beberapa kelebihan dan kekurangan Nintendo Wii, sebagai bahan referensi Anda sebelum membeli konsol ini. [ALX]