Sistem Operasi Android

13 May 2013 17:00 | Hits: 1035

Tak Mau Kalah, Barang-Barang Elektronik Ini Juga Menggunakan Sistem Operasi Android

Tak Mau Kalah, Barang-Barang Elektronik Ini Juga Menggunakan Sistem Operasi Android

Android saat ini sedang naik daun. Mungkin Anda hanya mengenal Android sebagai sistem operasi untuk ponsel. Akan tetapi, pernahkah terlintas di benak Anda terdapat berbagai barang elektronik lain yang juga menggunakan sistem operasi berlogo robot hijau ini? Ternyata, telah banyak barang elektronik yang dilengkapi dengan sistem operasi Android. Bahkan, antara barang yang satu dan barang yang lain sudah dapat berkomunikasi. Contohnya adalah beberapa pilihan metode pencucian pada mesin cuci akan ditampilkan di televisi Anda. Contoh yang lain yaitu smartphone Anda dapat mengirim resep ke penanak nasi melalui koneksi internet. Berikut ini berbagai jenis barang elektronik yang menggunakan Android sebagai sistem operasinya.

Lemari Pendingin

Lemari Pendingin yang dilengkapi dengan sistem operasi Android adalah Samsung T9000. Selain memiliki sistem operasi, Samsung T9000 dilengkapi dengan aplikasi Evernote. Sebagaimana smartphone Android, Anda juga dapat mendownload berbagai aplikasi di Google Play Store untuk lemari pendingin ini.

Untuk pengoperasiannya, Samsung menyematkan layar sentuh berukuran 10 inci ke Samsung T9000. Layar sentuh ini juga dapat Anda gunakan untuk melihat foto dan video serta melakukan berbagai hal. Untuk memperolehnya, lemari pendingin dengan sistem operasi Android ini dapat Anda peroleh dengan harga Rp36 jutaan.

Mesin Cuci

Bukan hanya lemari pendingin. Mesin cuci juga merupakan salah satu barang elektronik rumah tangga yang menggunakan sistem operasi Android. Lagi-lagi, yang mengeluarkan mesin cuci Android adalah Samsung. Namun, selain Samsung, produsen asal Korea Seatan, LG, juga mengeluarkan mesin cuci Android.

Jika mesin cuci biasa dikendalikan dengan tombol, lain halnya dengan mesin cuci dengan sistem operasi Android ini. Anda dapat mengontrol mesin cuci Anda dengan menggunakan tablet maupun smartphone. Segala aktivitas mesin cuci dapat Anda atur melalui perangkat di tangan Anda, seperti mengatur kapan mesin mulai mencuci, mengatur kecepatan pencucian, dan mengatur proses pengeringan. Setelah proses pencucian selesai, sebuah notifikasi akan muncul di layar smartphone Anda. Selain itu, mesin cuci ini juga memiliki koneksi WiFi.

Televisi

Saat ini televisi pintar juga sudah semakin populer. Televisi Android juga dapat mengunduh aplikasi di Google Play Store. Layaknya mesin cuci Android, Anda dapat mengontrol televisi Anda menggunakan smartphone atau tablet. Selain itu, smartphone dan tablet Anda dapat juga berfungsi sebagai gamepad. Salah satu televisi dengan sistem operasi Android adalah TV produksi LG. LG membanderol televisi yang diproduksinya dengan harga Rp2 jutaan.

Konsol Game

Sebentar lagi konsol game juga akan mengikuti jejak barang elektronik lainnya yang dilengkapi dengan sistem operasi Android. Konsol game ini diproduksi oleh Ouya. Bahkan, kabarnya, konsol game ini telah memiliki koleksi game sebanyak 400 lebih, antara lain OnLive, TuneIn, dan XBMC. Yang membedakan konsol game android yang satu ini dengan konsol game yang biasa adalah konsol game ini dapat juga digunakan untuk streaming video dan aplikasi dari Youtube dan Netflix. Untuk memperoleh konsol game ini, Anda harus merogoh kocek sebanyak Rp1 jutaan.

Car Entertainment System

Perangkat car Entertainment System yang didukung oleh sistem operasi Android adalah perangkat keluaran Parrot Asteroid. Car Entertainment System ini juga dapat terkoneksi dengan bluetooth. Apa yang membedakan perangkat Android ini dengan perangkat yang biasa? Anda dapat mengaktifkan radio FM maupun menjelajahi halaman web hanya dengan menggunakan kontrol suara. Selain itu, yang lebih istimewa adalah perangkat ini, dengan bantuan smartphone atau tablet, dapat Anda gunakan untuk memarkir mobil.

Kunci Pengaman Rumah

Bahkan, benda sesederhana kunci pengaman juga sebentar lagi dilengkapi dengan sistem operasi Android. Seperti apa persisnya kunci pengaman yang satu ini? Kita tunggu saja karena prduk ini belum turun ke pasaran.

Barang Lainnya

Selain keenam barang di atas, masih terdapat beberapa barang elektornik lain yang didukung oleh sistem operasi Android. Beberapa barang elektronik yang lain yaitu penanak nasi Panasonic dan kamera digital Samsung Galaxy. Semua produk ini diperkenalkan Google Android di ajang Consumer Electronic Show 2013 yang bertempat di Las Vegas. Menarik menunggu peralatan elektronik itu mendarat ke Indonesia. [BAM]