Cara Root Android

10 May 2013 09:00 | Hits: 22014

Cara Root Android dan Recovery Smartphone Lenovo IdeaPhone S890

Cara Root Android dan Recovery Smartphone Lenovo IdeaPhone S890

Proses rooting kali ini menggunakan smartphone keluaran Lenovo yaitu Lenovo IdeaPhone S890 yang mana sudah diujicobakan oleh banyak pengguna dan tingkat keberhasilan dan kestabilan juga di atas rata-rata. Perlu diingat sebelumnya bahwa tutorial cara root Android Lenovo IdeaPhone S890 ini dilakukan dalam keadaan smartphone masih baru di mana tidak ada file atau konfigurasi lama yang ada di dalam smartphone. Jika sudah memiliki data-data lama, data-data tersebut Anda backup terlebih dahulu agar nantinya dapat di-recovery jika proses flashing selesai.

Proses Flashing

Cara root Android ini sebenarnya terbilang mudah, sebelum memulai proses rooting ada beberapa file yang dibutuhkan untuk menjamin keberhasilan rooting seperti driver Lenovo IdeaPhone S890, SP Flash Tool versi 3.1222, file TWRP, file Super User dan Busybox. Pastikan semua driver dan file-file ini lengkap sebelum memulai proses rooting untuk menghindari kesalahan.

  • Untuk proses pertama kali dalam cara root Android yang harus dilakukan adalah meng-install driver Lenovo IdeaPhone S890. Setelah selesai, restart PC untuk menyelesaikan proses install.
  • Download driver Lenovo IdeaPhone S890 di sini.
  • Extract file TWRP atau Team Win Recovery Project khusus Lenovo IdeaPhone S890 ke dalam folder dengan nama TWRP. Kemudian salin file Root_s890_by_Xakep.zip, Super User dan Busybox ke folder root di microSD atau USB storage yang digunakan.
  • Download file TWRP di sini dan file Root_s890_by_Xakep.zip di sini, file Super User dan Busybox di sini.
  • Cara rooting Android berikutnya adalah install SP Flash Tool yang berfungsi sebagai tool flashing yang digunakan secara offline. Setelah selesai install, jalankan SP Flash Tool dan pilih tombol Scatter-loading File dan pilih MT6577_Android_scatter_emmc.txt dari folder TWRP yang sudah dibuat dan lanjutkan dengan menekan tombol Download. Tetap pilih Yes walaupun muncul peringatan bahwa tidak semua images di-load.
  • Download SP Flash Tool di sini.
  • Konfigurasi smartphone dengan mengaktifkan USB debugging dengan mengakses menu Setting > Developer Options serta aktifkan opsi Unknown Sources di menu Setting > Security.
  • Setelah konfigurasi selesai, hubungkan Lenovo IdeaPhone S890 yang dalam keadaan menyala melalui kabel USB ke komputer, setelah sama-sama terhubung matikan Lenovo IdeaPhone S890.
  • Proses selanjutnya dalam tutorial cara rooting Android adalah proses flashing yang jika benar maka akan menampilkan progres bar berwarna merah di bawah SP Flash Tool yang kemudian diikuti dengan progres bar warna kuning dan jika sudah selesai maka akan muncul lingkaran berwarna hijau yang menandakan proses flashing sudah berhasil.

Proses TWRP Recovery dan Flash Super User

Pastikan Lenovo IdeaPhone S890 sudah tidak menyala kemudian masuk ke TWRP dengan cara menahan tombol Power selama 1 detik dan kemudian menekan tombol Volume (+) dan (-) secara bersamaan sebelum tulisan Lenovo saat proses booting. Tekan ketiga tombol sampai muncul tulisan Team Win Recovery.

Jika sudah masuk, pilih menu Install dan pilih file Root_s890_by_Xakep.zip yang berada di root folder di memory microSD atau USB Storage yang digunakan. Lakukan flashing pada file tersebut lalu jika selesai tekan tombol Back dan pilih Reboot untuk mendapatkan hak akses Super User. Jika cara rooting Android seperti di atas dilakukan dengan benar, maka Lenovo IdeaPhone S890 sudah berstatus hak akses Super User.

Recovery Firmware

Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam tutorial cara rooting Android ini, maka kondisi awal dari Lenovo IdeaPhone S890 dapat dikembalikan dengan cara recovery firmware original dari Lenovo. Sama seperti langkah saat melakukan flashing sesuai cara rooting Android di atas tetapi menggunakan firmware original.

  • Gunakan dan jalankan Flash Tool yang ada di dalam folder Firmware v111 atau yang terbaru.
  • Download firmware v111 di  sini.
  • Jalankan Device Manager dengan cara pilih tombol Windows > Control Panel > System > Device Manager yang berguna untuk melihat status driver MTK Preloader yang aktif.
  • Matikan Lenovo IdeaPhone S890 dengan cara mencabut baterai dan tahan tombol Volume (+), kemudian hubungkan smartphone ke PC dengan kabel USB.
  • Tekan tombol Download saat driver MTK Preloader sedang melakukan load driver yang ditampilkan di jendela Device Manager.
  • Jika berhasil, maka Lenovo IdeaPhone S890 sudah kembali pada kondisi awal dengan menggunakan firmware original seperti sebelum mengikuti tutorial cara rooting Android ini.

[BAM]