Cara Membuat Password

10 May 2013 10:45 | Hits: 1371

Tips dan Trik Cara Membuat Password Yang Aman Namun Mudah Diingat

Apabila Anda disuruh menebak, ada berapa password berbeda-beda yang Anda miliki? Jika jawaban Anda 5 atau kurang dari angka tersebut, maka bisa saja Anda memiliki password yang sama namun untuk layanan yang berbeda, dimana hal ini akan memiliki resiko yang cukup besar. Di lain pihak, orang-orang yang memiliki banyak sekali password akan susah untuk mengingat semua password tersebut. Memang, mereka dapat mengakalinya dengan menggunakan program password manager. Namun, bagaimana jika program tersebut mengalami gangguan dan membuat semua password Anda hilang? Tentu tidak banyak cara untuk mengatasi hal tersebut. Tetapi, Anda bisa dari awal memulainya dengan cara membuat password yang baik dan tidak gampang ditebak.

Memiliki password yang berbeda pada layanan yang berbeda-beda merupakan suatu keharusan dalam perkembangan dunia online yang semakin maju. Tidak sedikit orang membuat password yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir atau nama kecil. Memang, hal ini akan mudah untuk diingat, namun beresiko besar terhadap keamanan. Di sisi lain, adalah hal yang sulit untuk mengingat banyak password yang Anda buat secara random. Untuk mengatasi hal tersebut, Paseban akan memberikan tips cara membuat password yang aman dan tidak mudah ditebak, namun mudah untuk diingat. Apa yang membuat password dikatakan aman? Ini merupakan langkah awal yang diperlukan dalam membuat password.

Dengan kriteria password yang aman, maka Anda dapat memastikan berada pada jalur yang benar. - Password paling tidak harus memiliki 8 karakter. - Hindarkan password untuk tidak menggunakan langsung informasi yang mudah ditebak, seperti misalnya tanggal lahir, nomor telepon, nama kecil, nama anak, dan lain sebagainya. - Untuk lebih mengamankan, diperlukan penggunaan karakter spesial atau nomor. - Memberikan variasi huruf besar dan huruf kecil pada password.

Password dasar

Trik dalam mengingat banyak password yang paling mudah adalah memiliki password dasar yang bisa Anda ganti tergantung pada layanan yang Anda gunakan. Ini merupakan tantangan yang cukup menarik, karena Anda memerlukan pasword dasar terbaik yang benar-benar bisa Anda ingat. Anda bisa menggunakan metode penggunaan spesial karakter untuk diberikan pada password dasar, seperti misalnya i diganti dengan 1, s diganti dengan $, dan lain sebagainya. Jika metode ini cocok untuk Anda, maka Anda bisa memulainya dengan menempatkannya pada password dasar. Misal, kata yang mudah Anda ingat adalah “good”, maka Anda bisa menggantinya menjadi “6o0d”, sebagai password dasar, dan kemudian diikuti dengan layanan yang Anda gunakan misalnya Paseban, maka akan menjadi “6o0dpaseban”. Ini merupakan cara termudah untuk mengingat password namun tidak mudah untuk diidentifikasi orang lain.

Password dengan pola tombol keyboard

Ini merupakan cara membuat password yang bisa Anda gunakan dengan memanfaatkan hal yang mudah Anda ingat, namun dicampur dengan beberapa trik dalam penggunaan tombol keyboard. Anda hapal dengan posisi tombol-tombol keyboard bukan? Maka mulailah dengan hal-hal yang mudah Anda ingat, misalnya tanggal lahir Anda. Sebagai contoh, tanggal lahir Anda adalah 23 Juni, maka dapat ditulis dengan 236. Selanjutnya, lihat pada keyboard dan terapkan pola kepada angka tersebut pada keyboard, misalnya dengan pola tombol dua ke bawah dan satu ke kiri dari angka tadi. Maka, password yang akan Anda dapatkan adalah 2wsd3edf6yhj. Ini merupakan cara aman yang diterapkan pada hal-hal yang Anda ingat, dan Anda dapat mengganti pola-pola tersebut sesuai dengan keinginan Anda.

Password campur kata

Dengan metode ini, Anda akan mendapatkan password yang mudah diingat sesuai dengan keinginan Anda, namun dengan mencampur semua hal-hal tersebut. Metode ini akan sangat berguna dan Anda dapat langsung menyukainya. Anda bisa mengambilnya dari suatu kata dari aktifitas, kesenangan, atau hobi yang biasa Anda lakukan. Sebagai contoh, Anda menyukai minuman chocolate milkshake, maka password yang akan Anda dapatkan dengan mencampurnya adalah cmhiolckoslhaatkee. Apabila dirasa bagi Anda password tersebut belum aman, Anda bisa menerapkan metode huruf besar dan huruf kecil pada password yang Anda gunakan. Selain itu, untuk kombinasi, Anda juga bisa menambahkan karakter spesial berupa nomor atau simbol, dan password Anda tidak akan mudah untuk diketahui. [DEAS]