Aplikasi Kamus Android

12 May 2013 14:00 | Hits: 5390

Tiga Aplikasi Kamus Android Terbaik

Tiga Aplikasi Kamus Android Terbaik

Terkadang kita kesulitan dalam mencari sebuah arti kata bukan? Apalagi jika arti sebuah kata yang kita cari itu berasal dari bahasa asing. Tentu ini menjadi sebuah kendala bagi kita yang sedkit memahami bahasa asing yang sangat jarang kita gunakan dalam percakapan sehari-hari. Contoh yang sangat lumrah yaitu kita sering mengalami kendala dalam bahasa inggris. Kita yang bekerja khususnya yang berkecimpung di dalam dunia maya sering menemukan bahasa asing terutama bahasa inggris. Untuk itu kita perlu aplikasi kamus Android.

Kita sering menemukan kontrak kerja, dokumen pekerjaan, bahkan pekerjaan itu sendiri yang bersangkutan dengan bahasa asing terutama bahasa inggris. Jika kita bukan orang yang aktif dalam menggunakan bahasa asing tentu akan merasa sedikit kesulitan dalam mengartikan kata yang dimaksudkan bukan. Kita bisa saja menebak dan mungkin salah mengartikan arti kata tersebut. Tentu hal ini harus kita hindari agar tidak terjadi salah paham satu sama lain.

Nah, kali ini kita akan mendapatkan jawaban untuk menangkis semua keresaahan tersebut. Bagi kita para pengguna smartphone Android, kita dapat menggunakan aplikasi gratis Android yang berhubungan denganarti sebuah kata terutama bahasa inggris. Aplikasi kamus Android ini adalah sebuah aplikasi terjemahan yang dapat mencari arti sebuah kata. Seperti kamus biasanya, aplikasi terjemahan untuk Android ini memiliki banyak kata dan artinya sekaligus.

Kali ini kita akan mengulas beberapa aplikasi kamus terjemahan terbaik dalam aplikasi Android. Aplikasi terjemahan yamg pertama adalah Kamusku. Kamus ini merupakan salah satu aplikasi terjemahan offline English-Indonesia dan Indonesia-English. Kamusku ini memiliki kata yang sering digunakan dalam sebuah percakapan bahasa inggris maupun Indonesia, jadi kemungkinan kita tidak akan mendapatkan sebuah kata yang sangat jarang digunakan dalam bahasa inggris maupun Indonesia di dalam kamus ini. Jadi kita hanya dapat mencari kata yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Ini menjadi kekurangan yang saying disayangkan tentunya.

Nah, jika kita tidak dapat menemukan kata di dalam Kamusku, kita dapat menggunakan kamus yang satu ini. Kita dapat menggunakan Google Translate untuk mencari kata yang lebih lengkap dari kamus yang sebelumnya. Kamus Google Translate memiliki kumpulan kata sampai dengan 65 bahasa yang berbeda-beda. Kita dapat mencari banyak arti kata yang terdapat di dalam aplikasi kamus yang satu ini. Kamus Google Translate ini memberikan kita banyak manfaat seperti:

1.Terjemahan yang mencakup 65 bahasa yang berbeda-beda dari seluruh penjuru dunia.

2.Terjemahan dengan menggunakan teknis bicara yang dapat mengartikan dari 17 bahasa yang berbeda.

3.Kita dapat menggunakan kamera untuk menangkap sebuah text yang akan diterjemahkan dengan cara menandai kata tersebut (Ini hanya     untuk Android versi 2.3 +).

4.Kita dapat mendengarkan sebuah hasil terjemahan dengan spoken Loud dalam 40 bahasa.

5.Melakukan komunikasi dengan orang lain menggunakan speech-to-speech translation di dalam mode percakapan (14 bahasa).

6.Memperlihatkan hasil terjemahan dalam layar penuh agar kita tidak keliru dalam melihat arti sebuah kata.

7.Kita dapat menggunakan aplikasi ini sekalipun kita tidak sedang menggunakan akses internet.

8.Kita dapat melihat  terjemahan apa saja yang sudah kita lakukan tanpa menggunakan akses internet.

9.kita dapat menerjemahkan satu kata bahkan beberapa kata sekaligus di dalam aplikasi ini.

10.Kita dapat menulis secara langsung kata yang ingin diterjemahkan.

Selain dari Goole Translate, masih ada satu lagi kamus terjemahan yang tak kalah menariknya dari kamus-kamus di atas.  KBBI ? Dari singkatannya saja kita orang Indonesia sudah pasti tahu kan kepanjangan dari singkatan tersebut. Ya, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kamus ini adalah salah satu kamus bahasa Indonesia terbaik di Indonesia yang mana menjadi kamus resmi yang digunakan oleh Negara Tercinta ini. Kamus ini diluncurkan oleh Menteri Pendidikan Indonesia. Kamus ini diresmikan sebagai kamus resmi bahasa Indonesia berdasarkan atas perundang-undangan yang ada. Kamus ini telah menyatu padukan semua kata-kata ke dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Kamus Besar Indonesia pertama diluncurkan pada tahun 1988, kamus ini diluncurkan pada acara kongres besar bahasa Indonesia. Kamus ini memiliki 62.000 kata pada edisi pertamanya, kemudian bertambah menjadi 72.000 kata pada edisi kedua tahun 1991. Pada tahun 2000, kamus besar Indonesia memiliki 78.000 kata di dalamnya. Baru-baru ini pada tahun 2008, edisi terbaru dari KBBI meluncurkan 90.000 kata. Kata-kata di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kebanyakan berisi kata-kata yang formal dari pada kata informalnya yang sering digunakan di dalam sebuah percakapan. Kamus Besar Bahasa Indonesia tidak memasukan kata-kata slang baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Nah, sekarang kita tidak akan merasa kesulitan bukan dalam mencari sebuah arti kata dengan adanya dukungan dari aplikasi terjemahan terbaik ini, terutama bagi para pengguna Android. Dengan menggunakan aplikasi terjemahan ini, kita tidak perlu takut tidak dapat mengartikan sebuah kata asing. Segera unduh dan gunakan aplikasi terjemahan ini agar kita tidak kelimpungan dalam mencari sebuah kata. Kita dapat mengunduh aplikasi ini di dalam Google Play dan mengetikan nama aplikasi-aplikasi di atas di dalam kolom search atau klik link ini Kamusku, Google Translate dan KBBI . Setelah aplikasi tersebut muncul, kita tinggal mengunduhnya dengan gratis. Semoga informasi ini bermafaat bagi kita semua.[NRZ]