Kelebihan dan Kekurangan Nokia N8

05 Apr 2012 13:00 | Hits: 42669

Yuk, Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Nokia N8

Yuk, Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Nokia N8

Handphone Nokia N8 bukanlah produk baru dari Nokia. Handphone ini secara resmi diluncurkan oleh Nokia pada April 2010. Tujuannya kala itu adalah untuk menyaingi Apple iPhone 4. Seperti halnya handphone lain, handphone milik Nokia ini pun memiliki kelebihan dan kekurangan. Ingin tahu kelebihan dan kekurangan Nokia N8? Simak uraiannya berikut ini.

Desain

Desain merupakan salah satu faktor yang cukup penting bagi sebuah handphone. Paseban pun melihat desain pada handphone ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Handphone Nokia N8 didesain dengan bodi yang kokoh. Bodi dari handphone ini terbuat dari casing metal yang tahan terhadap goresan. Tentu saja dengan bahan yang terbuat dari metal, membuat handphone ini akan terasa cukup berat, yakni 135gram.

Kelebihan dan kekurangan Nokia N8 dari segi desain selanjutnya adalah terletak pada kualitas layar. Layar capacitive touchscreen AMOLED membuat handphone Nokia N8 memberikan tampilan yang cukup jernih di lingkungan outdoor. Sayangnya, handphone ini memiliki resolusi yang tak terlalu besar. Dengan ukuran layar 3.5 inci, handphone ini hanya menawarkan resolusi 360 x 640 piksel dengan densitas piksel 210ppi.

Performa

Kelebihan dan kekurangan Nokia N8 selanjutnya adalah dari segi performa. Tentu dalam hal ini, akan lebih banyak kekurangannya jika dibandingkan dengan kelebihan yang ada. Yang menjadi kekurangan paling utama adalah pada kualitas prosesor yang digunakan. Sebagai sebuah handphone high-end, tentu saja prosesor dengan kecepatan 680 MHz menjadi nilai minus. Tak heran jika Anda akan merasa bahwa handphone Nokia N8 ini akan sering lama memuat halaman ketika digunakan untuk browsing.

Kekurangan selanjutnya dalam hal performa juga terletak pada sistem operasi yang digunakan. Handphone ini menggunakan sistem operasi Symbian^3 dan terdapat opsi untuk melakukan upgrade ke OS Nokia Belle. Sistem operasi Symbian S^3 hanya menghadirkan tiga layar homescreen. Sedangkan, ketika Anda meng-upgrade handphone ini ke Nokia Belle, maka Anda akan memperoleh enam homescreen. Sehingga Anda akan memperoleh manfaat lebih ketika meng-upgrade handphone-nya ke OS Nokia Belle. Dengan spesifikasi tersebut, tentu akan sangat jauh jika Anda membandingkannya dengan beberapa handphone high-end Android seperti Samsung Galaxy S2.

Kamera

Kamera menjadi kelebihan paling utama dari handphone Nokia N8. Bahkan, kualitas kamera handphone ini tak akan kalah jika dibandingkan dengan iPhone 4S sekalipun. Nokia N8 memiliki kamera 12MP yang dilengkapi dengan Xenon flash, optic Carl Zeiss, sensor 1/1.83 inci dengan auto focus, ND filter, face detection serta geo-tagging. Kamera ini mampu menghadirkan gambar dengan resolusi 4000 x 3000 dan kemampuan merekam video HD 720p. Di bagian depan, handphone ini juga memiliki kamera VGA untuk fasilitas video calling. [IB]

Apple iPhone 4S vs. Nokia N8 test video