Bluetooth File Transfer

03 Apr 2012 12:30 | Hits: 24778

Cara Asyik Transfer Aplikasi Android dengan Bluetooth File Transfer

Cara Asyik Transfer Aplikasi Android dengan Bluetooth File Transfer

Android identik dengan banyaknya aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dulu lebih dikenal dengan sebutan Android Market. Beragam aplikasi dengan berbagai fungsi tersedia untuk diunduh mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Bisa dikatakan aplikasi yang ada pada Android merupakan jantung OS tersebut karena tanpa kehadiran aplikasi-aplikasi tersebut Android tak ada bedanya dengan telepon gengam biasa.

Dalam mendapatkan aplikasi untuk perangkat Android Anda tidak harus dengan cara mengunduhnya. Jika terkadang Anda sedikit iri melihat aplikasi keren yang ada di Android milik teman dan kebetulan paket data Anda telah habis, lalu apa yang Anda lakukan? Paseban punya solusi, Anda tinggal meminta teman Anda mengirimkan aplikasi tersebut ke perangkat Android Anda melalui aplikasi bernama Bluetooth File Transfer.

Aplikasi Bluetooth File Transfer yang bisa Anda dapatkan secara gratis di Google Play Store. Sebenarnya fungsi aplikasi Bluetooth File Transfer ini bukan hanya untuk mengirimkan aplikasi tapi bisa juga mengirimkan berbagai macam file. Kemampuan mengirimkan aplikasi kepada perangkat Android memberikan keuntungan tersendiri, selain menghemat kuota internet sekaligus menghemat waktu download yang cenderung lama.

Untuk bisa mengirimkan aplikasi ke perangkat Android lainnya, Anda cukup meng-install Bluetooth File Transfer pada perangkat Android pengirim tanpa harus meng-install-nya di perangkat penerima, pastikan perangkat Anda memiliki Bluetooth yang mampu bekerja dengan baik.

Prosedurnya mirip seperti mengirimkan file melalui Bluetooth. Buka aplikasi Bluetooth File Transfer yang telah diunduh, kemudian pilih tab yang berlogo Bluetooth lalu tekan tombol menu dan pilih Send Aplications maka akan terlihat list aplikasi yang bisa dikirim. Pilih salah satu atau beberapa yang aplikasi yang ingin Anda kirim karena Anda dapat mengirim banyak aplikasi sekaligus lalu pilih Send.

Pada jendela berikutnya akan terlihat perangkat-perangkat yang bisa dikirim, sebelumnya pada perangkat penerima pastikan Bluetooth sudah menyala dan dalam keadaan discoverable. Pilih perangkat penerima maka secara otomatis aplikasi akan diproses untuk dikirim. Selanjutnya pada perangkat penerima akan terdapat satu file berekstensi .apk yang merupakan ekstensi untuk aplikasi pada perangkat Android. Proses berikutnya tinggal install aplikasi tersebut dengan cara membuka file apk. Proses mengirimkan aplikasi pada perangkat Android telah berhasil.

Selain untuk mengirimkan aplikasi kepada perangkat lain, aplikasi Bluetooth File Transfer ini juga berguna sebagai back up aplikasi yang Anda miliki. Caranya sama saja, tinggal mengirimkan aplikasi tersebut ke perangkat lain yang Anda miliki misalnya komputer atau perangkat Android pribadi lainnya. Karena pada dasarnya file yang dikirimkan menghasilkan file dengan ekstensi apk yang sewaktu-waktu bisa kita install ulang ketika aplikasi di perangkat Android kita telah di-uninstall tanpa harus melakukan download ulang. Proses yang terbilang cukup mudah daripada harus meng-install lagi aplikasi Bluetooth File Transfer yang dikhususkan untuk back up lebih baik mengirimkan aplikasinya saja. [IQ]