Cara Mengoptimalkan RAM

30 Mar 2012 14:30 | Hits: 15542

Tips & Cara Mengoptimalkan RAM pada Perangkat Android

Tips & Cara Mengoptimalkan RAM pada Perangkat Android

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan RAM pada perangkat Android, ada baiknya Anda mengetahui apa pengertian dari RAM itu sendiri. RAM merupakan suatu komponen penting dalam sebuah gadget mulai dari handphone, perangkat GPS hingga komputer.

Pada dasarnya, RAM mempermudah perangkat untuk menjalankan aplikasi dengan menyimpan informasi yang dibutuhkan ke dalam suatu sistem memori yag lebih cepat, sehingga ketika aplikasi tersebut dijalankan tidak adanya load dalam media penyimpanan yang prosesnya bisa lebih lama. Jadi, semakin besar RAM yang dimiliki oleh suatu perangkat akan semakin banyak juga aplikasi yang mampu tertampung di RAM untuk dijalankan.

Pada perangkat dengan sistem operasi Android yang mengedepankan multitasking, RAM dituntut lebih besar agar nantinya aplikasi-aplikasi yang akan dijalankan tidak mengalami kendala serta perpindahan dari suatu aplikasi menuju aplikasi yang lain dapat berjalan lancar. Perangkat Android yang beredar memiliki banyak variasi, mulai dari RAM yang kecil sampai dengan yang super besar. Permasalahan timbul ketika kita hanya memiliki perangkat dengan kapasitas RAM yang kecil. Maka dari itu, cara mengoptimalkan RAM perlu diketahui dan dilakukan agar perangkat mampu berjalan maksimal.

Cara mengoptimalkan RAM perangkat Android ada beberapa solusi, Paseban pernah membahasanya secara umum pada artikel sebelumnya di sini. Namun, pada artikel ini Paseban akan memberikan alternatif untuk mengoptimalkan RAM Android melalui aplikasi pendukung yang tersedia di Google Play.

Cara paling gampang yakni mematikan proses suatu aplikasi secara manual dengan cara masuk ke dalam Settings-Applications-Running Services kemudian pilih aplikasi mana yang tidak Anda butuhkan, misalnya aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan lagi namun belum benar-benar tertutup. Anda bisa memilihnya kemudian pilih Force Close, namun cara ini sedikit riskan karena Anda akan memaksa aplikasi untuk berhenti dan Anda tidak tahu aplikasi mana saja yang boleh diberhentikan.

Para pengembang aplikasi Android sepertinya sudah berpikir banyak mengenai bagaimana cara mengoptimalkan RAM pada perangkat Android. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya aplikasi yang mampu memberi ruang kosong pada RAM di perangkat kita. Salah satunya adalah aplikasi Android Assistant yang bisa Anda unduh via Google Play dengan fitur yang lengkap, di antaranya berisi informasi RAM yang tersedia, kinerja prosesor hingga informasi baterai dan sensor yang terdapat dalam perangkat Android. Namun yang paling penting adalah bahwa aplikasi ini mampu mengoptimalkan RAM dengan sekali klik, cukup dengan mengklik Quick Boost maka seketika RAM kosong yang tersedia akan semakin banyak. Cara yang gampang bukan? Sayangnya, aplikasi ini memiliki sedikit kelamahan yakni pada saat menjalankan aplikasi termasuk prosesnya yang cukup lama.

Jika Anda tidak mau repot-repot, masih ada aplikasi yang mampu mengoptimalkan RAM yang lebih praktis, yakni RAM Manager Pro yang bisa Anda unduh juga via Google Play. Dari namanya saja sudah dapat diketahui bahwa aplikasi ini bertugas mengoptimalkan RAM pada perangkat Android. Aplikasi ini menyediakan profile yang sesuai dengan keinginan Anda.

Sayangnya, untuk menikmati fitur yang lengkap Anda harus membeli aplikasi tersebut dengan harga $2, namun untungnya pengembang aplikasi ini juga menyediakan RAM Manager Free yang bisa Anda unduh secara gratis di sini. [IQ]