Cara Pembayaran Online

29 Mar 2012 17:00 | Hits: 6263

Perbandingan Dua Cara Pembayaran Online - Mandiri ClickPay vs BCA KlikPay

Berbelanja secara online memang memberikan berbagai kemudahan. Selain Anda tak perlu datang secara langsung ke toko yang dimaksud, barang juga akan langsung diantarkan ke rumah Anda. Sedangkan untuk cara pembayaran online terdapat beberapa alternatif yang bisa digunakan. Mulai dari menggunakan kartu kredit, PayPal ataupun cara lain yang ditawarkan oleh pihak ketiga. Salah satunya adalah cara pembayaran online yang diperkenalkan oleh BCA dan Mandiri, yakni Mandiri ClickPay dan BCA KlikPay. Lalu, di antara kedua cara pembayaran tersebut, mana yang lebih banyak memberikan keuntungan? Berikut ulasannya.

Jumlah Mitra

Ketika menggunakan cara pembayaran online, tentu hal pertama yang terlintas di pikiran Anda adalah merchant atau tempat belanja online. Semakin banyak merchant, maka hal ini akan semakin memudahkan aktivitas belanja online Anda. Hal ini pulalah yang diperhitungkan oleh Bank Mandiri dan BCA.

Saat ini, Mandiri sudah bekerja sama dengan 10 merchant tanah air. Antara lain Garuda Indonesia, Plasa.com, Indomog, Rakuten, Blibli.com, Kagum Hotel, Bhinneka, Enjoyspin.com, Net.Axisworld serta Tokopedia. Sedangkan untuk BCA, jumlah merchant yang ada masih kalah jika dibandingkan dengan Mandiri. BCA hanya menyediakan 5 merchant yang telah bekerja sama dengan mereka. Merchant-merchant tersebut adalah Bhinneka.com, Blibli.com, CBN, Gudang Voucher dan Living Social.

Cara Pemakaian

Yang tak kalah pentingnya adalah kemudahan dalam cara pemakaian. Bagi pelanggan Bank Mandiri, fitur Mandiri ClickPay ini merupakan fitur tambahan dari Mandiri Debit dan Mandiri Internet. Jadi, bagi Anda yang sudah terdaftar sebagai pelanggan Mandiri Debit, Anda bisa memanfaatkan cara pembayaran online yang satu ini.

Selain itu, terdapat tiga langkah yang harus Anda lakukan sebelum bisa menggunakan cara pembayaran online dari Mandiri ini. Langkah pertama adalah aktivasi. Aktivasi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Anda bisa melakukan registrasi via ATM ataupun mendatangi kantor Bank Mandiri. Untuk melaksanakan aktivasi via ATM Anda diharuskan untuk memiliki kartu Debit. Sedangkan bagi Anda yang memilih untuk mendatangi kantor Bank Mandiri, harus menunjukkan kartu identitas yang jelas seperti KTP, SIM, Paspor dan bukti kepemilikian rekening.

Setelah itu, Anda diharuskan untuk melakukan aktivasi Mandiri Internet. Sesudahnya, Anda bisa melakukan aktivasi Mandiri ClickPay yang dapat ditemui setelah Anda melakukan aktivasi Mandiri Internet. Setelah selesai, Anda selanjutnya bisa menggunakan fasilitas ini untuk berbelanja di merchant yang telah menjadi mitra Bank Mandiri.

Sebagaimana halnya dengan Mandiri ClickPay, BCA KlikPay merupakan fitur dari layanan Internet Banking BCA. Untuk menggunakan fitur ini, Anda terlebih dahulu harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Registrasi ini bisa dilakukan melalui ATM atau kantor Bank BCA. Setelah melakukan registrasi, Anda diharuskan untuk melakukan aktivasi di situs BCA. Dan setelahnya, Anda bisa menikmati layanan ini dengan mudah.

Kesimpulan

Dilihat dari cara penggunaannya, kedua cara pembayaran online ini memiliki kesamaan. Terlebih kedua Bank ini memiliki banyak cabang serta ATM yang tersebar di Indonesia. Namun, Mandiri ClickPay lebih memiliki keuntungan karena Anda bisa menggunakannya di merchant yang lebih banyak. [IB]