Setting Monitor

06 May 2013 10:30 | Hits: 19336

Tips dan Trik Cara Setting Monitor di Windows 7 dan Windows 8

Tips dan Trik Cara Setting Monitor di Windows 7 dan Windows 8

Tanpa diketahui sebagian besar para pengguna,Windows 7 dan Windows 8, sebenarnya sistem operasi ini memiliki aplikasi utilitas built-in untuk dipergunakan kalibrasi Windows yang dapat memberikan berbagai pengaturan dengan cara setting monitor juga tampilan gambar. Kali ini Paseban akan memandu Anda melakukan kalibrasi pada Windows 8 yang dimana proses kalibrasi pada Windows 7 identik hampir sama. Ketika menggunakan aplikasi kalibrasi Windows 7/Windows 8, Anda akan menggunakan berbagai jenis pola uji dengan mata untuk melakukan langkah-langkah kalibrasi. Hal ini akan berguna agar menghasilkan tampilan monitor Anda lebih baik lagi.

Sekali lagi, perlu diingat bahwa Anda tidak akan mendapatkan hasil yang cukup profesional tetapi Anda akan melihat peningkatan yang nyata dari segi kualitas warna, detail bayangan (pada daerah gelap), detail sorot (di area terang) pada tampilan monitor/layar pada komputer maupun laptop Anda. Sebelum memulai Anda perlu memastikan bahwa monitor anda memiliki kontrol yang diperlukan untuk melakukan kalibrasi Windows. Setidaknya harus memungkinkan Anda untuk dapat mengatur kecerahan dan juga ploa kontras, pengatura suhu warna ke 6500K. Jika monitor Anda memiliki kemampuan untuk pengaturan mode gambar, set kedalam mode standar. Selain itu, pastikan juga setting monitor Anda menampilkan dalam resolusi asli yang sesuai dengan proses kalibrasi Windows.

1. Calibrating tool

Cara termudah untuk mengakses alat kalibrasi pada Windows 8 adalah dengan menggunakan opsi pencarian pada fitur Charm Bara pada Windows 8 atau menggunakan fitur Search pada Windows 7. Silahkan ketikan “calibrate” tanpa tanda petik .petunjuk untuk memindahkan atau melakukan kalibrasi pada jendela layar Windows Anda untuk melakukan proses kalibrasi (misalnya: jika Anda bekerja dengan lebih dari satu monitor) lalu klik Next. Layar berikutnya akan menginstruksikan Anda untuk mengatur tampilan Anda ke pengaturan secara default . Klik Next untuk melanjutkan.

2. Gamma screen

Tampilan layar berikutnya akan menampilkan pengaturan gamma, pengaturan penting yang akan mempengaruhi pencahayaan dan bagaimana warna merah, hijau, dan biru akan saling berinteraksi satu sama lainnya pada layar monitor Anda. Layar gamma menyajikan tiga sampel yang menggambarkan sebuah gamma yang ditetapkan pada pengaturan rendah menjadi tingkat yang tepat sesuai dengan tampilan monitor layar milik Anda. Pada layar berikutnya, gunakan panel geser (slider) untuk menyesuaikan gamma sehingga Anda dapat mendeteksi jika terdapat titik (dot) di dalam lingkaran. Jangan ragu untuk menggunakan panah kembali untuk membantu mencocokkan gamma Anda ke tingkat yang benar, lalu kemudian klik Next untuk melanjutkan. 

3. Brightness and contrast controls

Brightness dan juga pengaturan kontrol kontras memainkan peran besar dalam bagaimana sebuah monitor komputer/laptop menampilkan highlight dan detail shadow. Pada layar pertama menunjukkan bagaimana Anda untuk mengatur kecerahan untuk mencapai detail bayangan monitor secara optimal.  Pada layar berikutnya Anda dapat menggunakan brightness control monitor untuk mencocokkan sampel kecerahan yang baik. Pada pengaturan X akan terlihat dan Anda harus dapat melihat detail bayangan di bahu jas pria yang ada pada gambar. Pengaturan kontras dapat membantu Anda untuk keluar dari detail highlight. Sekali lagi, tiga gambar yang ditampilkan pada gambar tersebut menggambarkan pengaturan tampilan tidak cukup kontras, kontras yang baik, dan terlalu kontras. Pada halaman berikutnya ada versi besar gambar, gunakan kontrol kontras monitor untuk membawa kontras pada pengaturan tinggi yang atau sesuai dengan keinginan Anda.

4. Colour balance

Pada pengaturan layar selanjutnya yaitu colour balance , akan memberikan tawaran layar keseimbangan dengan Tinting pada greyscale akibat berwaran merah jenuh, hijau, atau biru. Tujuannya melakukan pengaturan ini adalah untuk mencapai tampilan monitor dengan warna abu-abu (greys netral) dalam lima pola. Gunakan slider merah untuk menghapus Tinting merah, slider hijau untuk menghapus Tinting hijau, dan slider biru untuk menghapus Tinting biru. 

5. Final screen

Pada pengaturan layar terakhir Anda bisa membandingkan gambar yang baru dikalibrasi dengan keadaan sebelumnya. Anda juga dapat melakukan pilihan untuk mengaktifkan ClearType, hal ini akan membuat teks lebih mudah dibaca dilayar monitor komputer/laptop Anda. Jika Anda sudah merasa cukup dengan tampilan yang sudah diatur sebelumnya, silahkan klik finish. ClearType Tuner akan memastikan monitor Anda diatur kedalam resolusi asli dan membawa Anda melalui serangkaian lima layar dengan sampel teks. Pada setiap layar akan memilih sampel yang terlihat terbaik untuk monitor laptopkomputer Anda. Klik Finish setelah layar kelima muncul, dan Anda baru saja menyelesaikan proses kalibrasi Windows.  Kalibrasi Windows (Windows calibration) adalah pengaturan yang sangat dasar tetapi dapat membantu untuk memastikan bahwa monitor Anda tidak terlalu terang, luntur, atau terlalu gelap pada warna-warna tertentu. Jika Anda masih belum puas dengan kinerja monitor Anda mungkin sudah saatnya untuk mempertimbangkan membeli monitor baru. [AG]