Downgrade Windows

04 May 2013 10:00 | Hits: 15722

Bagaimana Cara Downgrade Windows 8 Ke Windows 7 ? Inilah Caranya

Bagaimana Cara Downgrade Windows 8 Ke Windows 7 ? Inilah Caranya

Istilah "downgrade" menjadi sangat populer ketika pengguna ingin kembali ke,menggunakan sistem atau perangkat keras atau perangkat lunak yang lama, hal ini mungkin pengguna lebih nyaman menggunakan versi lama dibandingkan dengan versi barunya karena itu istilah Downgrade Windows cukup sering dilakukan. Dengan Windows 8, Microsoft membuat beberapa yang hal maupun fitur berbeda dan juga baru. Anda pasti sudah tahu bahwa Windows adalah sistem operasi sumber tertutup dan karenanya, ketika Anda membeli salinan Microsoft Windows, pada dasarnya Anda akan memperoleh lisensi untuk dapat digunakan atau product key yang dapat dipergunakan untuk sistem operasi saat Anda membelinya secara resmi.

Ada persyaratan tertentu untuk Anda dapat melakukan proses downgrade yang harus dipenuhi. Untuk satu mesin/komputer harus menjalankan versi OEM Windows 8 Pro yang "preinstalled" pada komputer milik Anda. Kemudian, dengan asumsi Anda ingin downgrade ke Windows 7 Professional, media instalasi untuk yang kedua harus berasal dari media yang sebelumnya, ijin usaha yang legal versi Windows 7 baik dari OEM atau dari toko ritel. Pada Akhirnya, Anda juga harus memiliki Windows 7 kunci aktifasi asli untuk dapat menyelesaikan proses downgrade pada komputer/laptop Anda. Setelah persyaratan terpenuhi,maka prosesnya sangat sederhana seperti memasukkan disc instalasi Windows 7 pada drive optik dari komputer milik Anda dan mengikuti petunjuk di layar. Kemudian sistem nantinya akan meminta untuk kunci produk sistem operasi (product key). Perlu diingat bahwa versi Windows 8 yang memenuhi syarat untuk downgrade adalah versi Windows 8 Professional (Win 8 Pro) Windows 8 Pro dapat melakukan downgrade ke:  Windows 7 Professional atau Windows Vista Business

Jika masih kurang jelas silahkan buka penjelasan dari Microsoft berikut ini.

- Microsoft pun menjelaskan cara melakukan proses downgrade ke Windows 7 yaitu pengguna hanya tinggal menggunakan CD installer dan produk key Windows 7.

- Setelah install Windows 7, program yang ada di Windows 8 tidak akan berubah, alias tidak ada penghapusan aplikasi program yang terjadi.Microsoft tentu tidak akan membuat para penggunanya “lari” begitu saja setelah downgrade ke Windows 7.

- Setelah pengguna downgrade, Microsoft menyediakan fitur untuk kembali ke Windows 8, tanpa melalui reformat.

- Tetapi tidak semua versi dari Windows 8 dapat di downgrade, jadi berhati-hati jika ingin membeli copy dari Windows 8. Perlu diperhatikan sebelum melakukan Downgrade Windows

- Pastikan komputer Anda benar-benar mendukung Windows 7. Produsen mungkin hanya dapat menyediakan driver hardware tertentu untuk Windows 8, yang mencegah Anda menggunakan perangkat keras Anda untuk kemampuan penuh.

- Pastikan buatlah sebuah recovery drive yang berisi partisi recovery, Fitur ini akan mengijinkan Anda untuk dapat melakukan restore sistem Windows 8 jika terjadi kegagagaln saat proses downgrade. Anda bisa mencari cara membuat partition recovery dengan mencarinya di Google Bagaimana Cara Melakukan Downgrade Windows 8 Jika Anda menggunakan komputer baru dengan Windows 8 (fresh install), Anda mungkin harus memasukkan terlebih dahul layar pengaturan UEFI pada komputer Anda dan mengaktifkan opsi boot Legacy, bukan pilihan booting UEFI. Jika kurang mengerti Anda dapat membaca buku panduan/tentang komputer/laptop Anda tersebut. Untuk downgrade Windows, Anda akan memerlukan sebuah disc instalasi Windows 7 dan juga kunci lisensi (product key) yang valid untuk itu.

- Setelah Anda menemukan disk Windows 7 tersebut, silahkan masukkan kedalam komputer/laptop Anda, kemudian silahkan restrart atau booting pada Windows 7. Kemudian Instal Windows 7 seperti biasa. Perhatikan bahwa Anda dapat menggunakan kunci yang sama untuk melakukan downgrade pada komputer Windows 8.

- Setelah selesai menginstal Windows 7 dan jika setelah memasukan aktivasi online dan gaga, hal tersebut karena kunci produk (product key) Windows 7 Anda sudah digunakan. Namun jika Anda tidak melihat pesan "aktivasi gagal/activation failed", Maka Anda dapat menekan tombol Start, lalu pilih Activate, dan klik Aktifkan Windows. Anda harus mengaktifkan aktifasi melalui telepon, dan menghubungi nomor telepon yang ditampilkan pada jendela aktivasi dan nanti akan dijelaskan bahwa Anda sedang melakukan proses downgrade dari sistem Windows 8 milik Anda.

- Setelah melakukan hal tersebut, maka Anda akan diberikan sebuah kode aktivasi. Masukkan kode aktivasi kedalam jendela Windows 7 Anda agar bisa diaktifasi.

- Untuk dapat melakukan proses downgrade pada lebih dari satu PC/laptop ,Anda hanya dapat menggunakan kunci produk (product key) yang sama.

Jika masih kurang jelas mengenai proses downgrade yang sudah dijalesakan diatas, Anda dapat melihat contoh video tutorial cara downgrade Windows 8 ke Windows 7 pada link berikut ini. [AG]