Android Lemot

31 Mar 2012 10:00 | Hits: 12270

Tips Menghilangkan Handphone Android Lemot Saat Pengetikan

Tips Menghilangkan Handphone Android Lemot Saat Pengetikan

Ada beberapa parameter yang bisa dilihat untuk mengetahui penyebab Android lemot dalam memberikan respon pengetikkan teks pada keyboard. Anda mungkin merasa jengkel pada saat digunakan untuk mengetik messaging, email atau ber-chatting ria ternyata respon keyboard pada layar touchscreen Android tersebut tidak berjalan dengan semestinya.

Ada beberapa hal yang menjadikan hal tersebut terjadi, diantaranya adalah sisa internal memory yang sudah melewati batas maksimum. Atau bisa juga penggunaan aplikasi yang tidak berjalan sempurna, sehingga memberatkan kerja sistem pada ponsel tersebut. Atau juga bisa penggunaan background atau theme yang terlewat berat. Semua hal bisa terjadi tanpa kita sadarai, oleh karenanya ketahui karakteristik Android yang Anda miliki jika tidak ingin Android Anda lemot atau terkesan lambat.

Pada kesempatan ini, Paseban akan memaparkan sedikti tips untuk menghilangkan kesan Android lemot pengetikkan. Inilah tips dan triknya:

Pembersihan Cache

Cara pertama yang dilakukan agar menghindari Andorid lemot adalah dengan pembersihan cache yang harus dilakukan sebagai alternatif memperingan kondisi kerja sistem ponsel Anda. Dengan pembersihan cache dari aplikasi yang sudah ter-install tersebut, kemungkinan cache yang sudah menumpuk bisa dihapus. Untuk membersihkan cache pada sistem ponsel banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya mempergunakan Aplikasi History Eraser buatan Infolife.LLC.

Cara penggunaanya pun cukup mudah, setelah Anda menginstal aplikasi History Eraser tersebut klik tulisan Clear All Apps Cache. Usahakan untuk selalu melihat cache aplikasi apa yang akan dihapus. Jangan sampai Anda memilih cache pada pilihan aplikasi yang tidak tepat. Bisa-bisa data pada aplikasi tersebut menjadi hilang.

Uninstall Aplikasi-Aplikasi Android yang Dirasa Memperberat Kerja Sistem

Pada penjelasan di atas sudah disebutkan bahwa penyebab respon pengetikkan Android lemot dikarenakan sisa memori internal telepon sudah melebihi batas maksimum. Usahakan untuk selalu memanagemen aplikasi-aplikasi apa saja yang di-install pada ponsel tersebut. Apabila dirasa sudah tidak dibutuhkan, cobalah untuk menghapusnya. Agar tidak memberatkan kerja sistem ponsel itu. Pada umumnya smartphone dengan kondisi memori telepon dengan kapasitas ruang yang banyak, dipastikan dapat bekerja dengan cepat dan stabil. Perlu diingat juga aplikasi-aplikasi yang dibuat untuk pemanis homescreen ternyata berkontribusi juga dalam kerja sistem ponsel pintar ini. Seperti kita tahu ada Aplikasi Live Wallpaper, Launcher 3D dan Aplikasi Font Changer akan menyebabkan Android lemot.

Anda bisa mempergunakan sebuah Aplikasi Android untuk memantau aplikasi-aplikasi apa saja yang memperberat kerja sistem Android Anda. Aplikasi ini bernama Aplikasi Watchdog Task Manager. Aplikasi ini dapat berguna untuk memantau aplikasi mana saja yang menggunakan CPU secara berlebihan. Jika terdeteksi sebuah aplikasi dengan penggunaan CPU melebihi dari 20% dan keberadaan aplikasi ini tidak banyak berkontribusi, maka Anda wajib untuk menghapusnya. Karena sayang sekali, Android lemot karena keberadaan aplikasi yang tidak perlu tersebut.

Optimalisasi Penggunaan Fasilitas Keyboard Alternatif

Tips terakhir yang bisa Anda pergunakan adalah mencoba untuk mempergunakan keyboard alternatif. Yaitu sebuah keyboard pendukung berbentuk sebuah aplikasi. Anda bisa men-download-nya pada Android Market dengan nama aplikasi "A.I.type Keyboard”. Apabila masih juga lemot pada saat digunakan untuk pengetikkan, coba install keyboard pendukung lainnya yang lebih cocok dengan kondisi Android yang Anda miliki.

Itulah sedikit paparan dari Paseban, semoga dengan adanya tips dan trik ini pembaca sekalian dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Android yang dimiliki. [AD]