Tablet Android Murah

26 Mar 2012 14:30 | Hits: 6477

Pertimbangan Sebelum Membeli Tablet Android Murah

Pertimbangan Sebelum Membeli Tablet Android Murah

Seiring menjamurnya tablet di pasaran gadget saat ini, mungkin Anda juga memiliki keinginan untuk memiliki sebuah tablet namun dengan harga yang murah. Dalam konteks ini, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli tablet Android murah khususnya.

Sebelum Anda mulai memilih untuk membeli tablet Android murah, ada beberapa parameter yang bisa Anda pergunakan untuk mengecek kondisi tablet tersebut, telebih untuk barang second. Jangan sampai Anda membeli sebuah perangkat yang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda sehari-hari. Dapat dipastikan keberadaan tablet Android murah tersebut tidak bisa berjalan dengan maksimal.

Agar terhindar dari masalah tersebut, perhatikan tips membeli tablet Android murah berikut ini:

Kondisi layar berkualitas rendah

Keberadaan layar pada sebuah gadget terutama tablet sangatlah vital, karena kualitas layar yang mumpuni dan berkualitas, dipastikan akan membawa kondisi grafis yang baik dan bagus. Dengan kondisi grafis yang bagus inilah Anda bisa melakukan hal-hal apa saja yang mendukung aktivitas Anda sehari-hari. Mulai dari melakukan aktivitas bermain game hingga menonton video. Banyak tablet Android murah yang memiliki resolusi rendah dan GPU yang minim. Alhasil output dari layar pun tidak maksimal dan terlihat kurang bagus.

Kondisi Processor dan RAM

Hal yang perlu Anda pertimbangkan selanjutnya adalah kondisi prosesor dan space RAM yang digunakan. Banyak sekali tablet Android murah yang ada di pasaran saat ini tidak mendukung prosesor dengan kecepatan tinggi dan space RAM yang luas untuk penyimpanan data. Kebanyakan tablet Android murah ini hanya memiliki prosesor rendah dan RAM yang kecil. Jika keduanya sudah tidak memadai, akan berakibat terhadap slock speed yang tinggi pada saat pemrosesan sistem. Selain itu, kondisi RAM yang kecil akan menghambat kinerja Anda ketika harus membuka banyak aplikasi sekaligus. Kelemahan ini akan berdampak pada fitur multitasking yang biasa Anda pergunakan.

Kondisi materi dan bahan penyusunnya

Bukan sesuatu yang asing lagi jika saat ini banyak vendor tablet Android yang memakai bahan-bahan murah dan rentan rusak pada saat pembuatannya. Langkah ini memang diambil untuk mengantisipasi harga penjualan yang tinggi, dengan pemangkasan bahan penyusun ini diharapkan bisa sedikit mempermurah biaya produksi. Dan hal seperti inipun berdampak kepada kondisi ketahanan yang akan terjadi nantinya. Jika Anda tidak pandai-pandai merawatnya, dipastikan tablet Android murah Anda akan cepat rusak. Kita bisa lihat pada kondisi casing, body dan LCD layarnya.

Kondisi keterbatasan OS Android yang digunakan

Dan yang terakhir adalah kondisi di mana sistem operasi yang dipergunakan tidak bisa melakukan update. Jika saja fitur update OS sudah dibatasi Anda akan merasakan kekurangan penambahan kinerja yang lebih maksimal. Secara logika memang masih masuk akal karena banyak vendor yang membuat tablet Android murah dengan kondisi OS yang terbatas dan tanpa fitur update OS dikarenakan tidak mumpuninya hardware pendukung tablet tersebut untuk berjalan bersama-sama. [AD]