Teknologi DNA

22 Mar 2012 15:00 | Hits: 2673

MinION USB Stick - Teknologi DNA Terkecil yang Mampu Menerjemahkan DNA Hanya dalam Hitungan Detik

MinION USB Stick - Teknologi DNA Terkecil yang Mampu Menerjemahkan DNA Hanya dalam Hitungan Detik

Sejak gen pertama diurutkan pada pertengahan 70-an, kini analisis DNA menjadi semakin mudah dan cepat. Bahkan sekarang Anda dapat melakukan hal itu dari sofa. Jika pada umumnya sebuah alat hasil teknologi DNA yang paling kecil berukuran minimal sebesar koper, maka sekarang ada sebuah alat yang merupakan hasil dari teknologi DNA yang lebih kecil lagi yaitu bernama MinION.

Sebuah perusahaan bernama Oxford Nanopore telah mengembangkan sequencer DNA sekali pakai yang seukuran flashdisk sekaligus didukung oleh port USB. Teknologi DNA ini mampu mengurutkan 150 juta pasangan basa hanya dalam enam jam, dan menggunakan komputer Anda sendiri untuk melakukan analisis.

MinION bekerja dengan menganalisis komponen sel dari organisme hidup dan memberikan profil DNA dari organisme itu. Teknologi DNA terbaru ini tampaknya bekerja dengan menggambarkan untaian DNA melalui sebuah nanotube, unzipping double helix yang terkenal menjadi untaian tunggal kemudian melakukan electrolyzing pada basis nukleotida satu per satu untuk untuk membangun profil genetik. Hasil pengurutan gen selanjutnya dapat disimpan sebagai long ticker-tape readout.

Teknologi DNA MinION ini telah berhasil membaca gen dari lambda bakteriofag lambda, yang mempunyai 48.500-ish pasangan basa. Ini sangat mengesankan, karena MinION ini mampu membaca 100.000 pasangan basa selama pengambilan DNA tunggal yang sebelumnya belum pernah berhasil dilakukan menggunakan teknik pengurutan tradisional.

Waktu operasional MinION cukup pendek hanya sekitar enam jam, namun dalam kurun waktu tersebut alat tes DNA ini mampu membaca lebih dari 150 juta pasangan basa. Sementara kromosom manusia sendiri berisi hingga 250 juta pasangan basa, tetapi untuk ini Oxford Nanopore telah mengembangkan GridION yang dapat mengurutkan gen manusia dalam 15 menit saja. Sejauh ini MinION hanya bekerja pada gen yang kecil, seperti virus dan bakteri.

Dengan adanya teknologi DNA portable ini tentu akan sangat membantu meningkatkan kesehatan masyarakat dan membantu bidang kedokteran. Saat seorang dokter menggunakan MiniON, dia akan dapat mendiagnosa masalah genetik dan mengidentifikasi virus dan pathogen lainnya dengan cepat. Harga yang perlu Anda bayar untuk mendapat alat secanggih ini hanya $900 saja. [RK]