Cara Membuat Ringtone

02 May 2013 13:30 | Hits: 2141

Cara Membuat Ringtone Langsung Melalui Ponsel Android Anda Tanpa Harus Menggunakan Komputer

Cara Membuat Ringtone Langsung Melalui Ponsel Android Anda Tanpa Harus Menggunakan Komputer

Perangkat mobile telah menjelajahi berbagai hal dari waktu ke waktu, dimulai dari ponsel berukuran besar dan tebal, ponsel model flip, ponsel model slider, ponsel layar sentuh, hingga sekarang muncul smartphone. Meskipun perangkat mobile telah berganti berbagai bentuk dan ukuran setiap waktu, salah satu hal yang masih ada pada suatu perangkat mobile adalah penggunaan ringtone sebagai notifikasi atau pemberi tanda jika ada panggilan yang masuk pada ponsel. Tentu saja, seiring berkembangnya perangkat mobile, ringtone juga memiliki kualitas yang baik dan lebih baik lagi, dan tentu Anda dapat mengetahui cara membuat ringtone Anda sendiri.

Cara membuat ringtone sebenarnya merupakan pekerjaan yang mudah, terutama pada perangkat Android. Ada berbagai macam aplikasi di luar sana yang dapat melakukan proses tersebut hanya dalam waktu beberapa menit. Semua yang Anda butuhkan adalah file audio yang akan Anda buat sebagai ringtone untuk perangkat Android, dan setelah itu Anda dapat berkreasi dengan aplikasi yang Anda gunakan.

Lalu aplikasi apa yang dapat Anda gunakan untuk memotong suatu audio pada perangkat Android agar dapat digunakan sebagai ringtone? Banyak sekali aplikasi untuk membuat ringtone yang bisa Anda gunakan, namun Anda bisa memilih beberapa yang memiliki kinerja baik diantaranya. Berikut ini aplikasi pembuat ringtone gratis untuk perangkat Android, agar Anda dapat memaksimalkan kreasi Anda.

1.RingDroid

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi untuk membuat ringtone khusus bagi Android. Selama beberapa tahun, aplikasi ini telah menjalankan tugasnya dengan baik, dan ini juga merupakan aplikasi yang mudah untuk digunakan. Tidak hanya gratis, namun juga didalamnya tidak terdapat iklan yang mengganggu. Aplikasi ini dapat Anda Download di sini.

2.Ringtone Slicer

Aplikasi ini merupakan penantang tertangguh dalam kelas pembuat ringtone. Ringtone Slicer akan membuat Anda berkreasi untuk membuat ringtone, juga aplikasi ini disediakan secara gratis. Ringtone Slicer akan muncul sebagai salah satu kompetitor terbaik dalam kelas pembuat ringtone. Aplikasi ini dapat Anda download di sini.

3.Ringtone Maker

Aplikasi ini memiliki desain yang cerdas dalam memaksimalkan penggunaannya. Tidak hanya digunakan untuk memotong audio untuk membuat ringtone, namun apliaksi ini juga dapat mengatur volume. Aplikasi ini dapat Anda download di sini.

4.Ringtone Maker

Merasa bingung dengan nama aplikasi yang sama? Ya memang aplikasi ini memiliki kesamaan nama dengan aplikasi di atas. Ringtone Maker yang satu ini tidak memiliki terlalu banyak fitur, tetapi tetap baik dalam proses membuat ringtone. Aplikasi ini dapat Anda download di sini.

Setelah Anda mengetahui nama-nama aplikasi pembuat ringtone yang bisa Anda gunakan, tentu Anda ingin segera untuk membuat ringtone. Untuk membuatnya, Anda membutuhkan satu aplikasi serta audio agar dapat langsung diolah melalui perangkat Android. Sebagai contoh, kita akan membuat ringtone dengan memanfaatkan aplikasi Ringtone Slicer.

Setelah Anda membuka aplikasi ini, Anda akan diberi tampilan sistem file perangkat Android Anda. Navigasinya seperti yang Anda harapkan, jadi Anda bisa mengikutinya hingga menemukan file yang diinginkan. Ringtone Slicer support MP3, WAV, AAC, dan AMR, jadi Anda akan mengarahkan file audio yang memiliki format tersebut. Itu adalah syarat yang perlu Anda penuhi untuk memotong audio agar dapat diaplikasikan sebagai ringtone.

Apabila file audio telah dibuka, Anda akan menemukan tampilan isi audio Anda. Anda dapat melakukan drag pada audio ke kiri atau ke kanan, untuk memposisikan bagian mana dari audio yang akan Anda gunakan sebagai ringtone. Setelah semua bagian telah Anda atur, Anda dapat tap pada tombol Play untuk memainkan audio yang akan Anda potong. Ini adalah suatu proses yang mudah untuk Anda lakukan. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan tombol Repeat untuk terus mengulang ringtone yang Anda buat, sehingga Anda dapat memeriksanya kembali hingga menemukan hasil yang diinginkan.

Sekarang, Anda telah mengetahui bagaimana mudahnya untuk membuat suatu aplikasi. Prosesnya secara keseluruhan akan membantu Anda untuk membuat ringtone yang spesifik disertai kreasi dari Anda. Jadi, sekarang Anda dapat membuat ringtone sesuka hati langsung pada perangkat Android Anda. [DEAS]