menghilangkan virus komputer

27 Apr 2013 12:00 | Hits: 91090

Cara Menghilangkan Virus Komputer Tanpa Menginstall Antivirus

Cara Menghilangkan Virus Komputer Tanpa Menginstall Antivirus

Virus memang selalu mengganggu kegiatan kita saat sedang menggunakan computer, baik itu mengerjakan tugas, kantor, atau hanya bermain game. Untuk Menghilangkan Virus Komputer pun memang mudah, Anda hanya tinggal menginstall antivirus, baik itu produk lokal ataupun internasional. Tapi terkadang beberapa virus sangat bandel dan susah untuk dihapus oleh antivirus, sebut saja virus seperti copy shortcut(1).ink.

Untuk menghilangkan virus komputer yang membandel, jika Anda memiliki antivirus bisa dicoba untuk mengikuti langkah - langkah berikut:

  • Pertama, update dahulu engine virus definitions agar antivirus Anda selalu up to date dan mengenali virus yang baru.

  • Kedua, coba settingan antivirus Anda di setting ke high. Tetapi harus diingat, setting ke high disaat Anda hanya akan menghapus virus yang membandel tersebut. Jangan gunakan settingan ini untuk melakukan full scan, karena bisa saja crack atau keygen yang Anda miliki bisa terhapus. Jika sudah terlanjur, maka sebelum menghapus secara permanen, cek dahulu di antivirusnya untuk skip/ignore yang Anda rasa bukan sebuah virus.

  • Ketiga, jika masih belum mempan juga Anda bisa mencoba mengunduh beberapa aplikasi tambahan seperti Malwarebytes, SuperAntiSpyware, PC Tools, dll.

Untuk mengatasi virus - virus tersebut kembali masuk ke komputer Anda lagi, pastikan jalur - jalurnya Anda tutup. Salah satu jalur yang sering dilewati virus untuk masuk adalah jalur USB/transfer file. Untuk menutupnya, pertama Anda masuk ke Control Panel, setelah itu Anda cari AutoPlay. Anda hilangkan tanda centang yang ada pada menu tersebut lalu pilih Save.

Cara lainnya adalah dengan menginstall software pihak ketiga, seperti Panda USB Vaccine. Tidak jauh berbeda dengan cara manual yang tadi disebutkan, hanya saja jika Anda menggunakan software ini, Anda tidak perlu repot - repot menonaktifkan autoplay yang ada pada komputer Anda. Cara menggunakannya sangat mudah sekali, setelah terinstall pada komputer Anda coba untuk memasukkan flashdisk ke port USB komputer Anda. Lalu klik Vaccine pada pop-up yang muncul di notifikasi, setelah itu maka flashdisk dan komputer Anda aman dari serangan virus yang biasanya dimulai dari autoplay.

Tidak semua virus hanya numpang beken saja di komputer Anda. Ada beberapa virus yang sengaja dirancang untuk menyembunyikan file/folder Anda, ada juga yang sengaja menghilangkan beberapa options yang memang sering digunakan oleh Anda. berikut beberapa hal yang sengaja dilakukan oleh virus dan cara mengatasinya.

Task Manager Menjadi Hilang

Mungkin Anda kaget saat mencoba menekan tombol kombinasi Alt+Ctrl+Del ternyata Task Manager tidak muncul. Ini merupakan salah satu karena adanya virus yang masuk ke sistem komputer Anda. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan langkah - langkah sebagai berikut:

  • Tekan Start lalu ketik regedit atau tombol kombinasi Windows+R lalu ketik regedit

  • Pilih Edit dan pilih Find atau bisa dengan menekan tombol kombinasi Ctrl+F

  • Ketikkan DisableTaskMgr lalu find. Setelah masuk, jika Anda menemukan valuenya 1, ubah value data menjadi 0

Langkah kedua, Anda dapat mencoba mengunduh file Task Manager Fix . Setelah diunduh, Anda tinggal double klik aplikasi tersebut. Setelah itu, maka Anda dapat mencoba kembali tombol kombinasi Alt+Ctrl+Del maka akan keluar Task Manager.

Pada Menu Start, Menu Run hilang

Jika Run hilang pada menu Start, Anda dapat mencoba dahulu tombol kombinasi Windows+R. Jika memang benar - benar tidak muncul menu tersebut, Anda dapat mengikuti langkah seperti yang diatas, pada saat Find Anda ketik NoRun dan ubah value data menjadi 0 jika asalnya 1.

File di dalam harddisk atau flashdisk hilang

Seringkali data yang kita butuhkan tiba - tiba hilang, bisa terjadi karena sudah dilahap oleh virus itu sendiri, dan juga disembunyikan oleh virus tersebut. Untuk mengatasinya, sebelum Anda berpikiran file penting tersebut hilang, cobalah mengeceknya dengan cara berikut:

  • Masuk ke My Computer, pilih Organize. Lalu pilih Folder and search options.

  • Pilih tab View, lalu pilih Show hidden files, folders, and drives.

  • Hilangkan tanda ceklis pada Hide protected operating system file.

  • Klik Apply lalu klik OK.

Coba Anda cari kembali file penting tersebut, jika belum muncul juga Anda bisa mencoba 2 aplikasi ini. Pertama Bring Back My Data untuk memunculkan kembali file yang hilang. Dan yang kedua Attribute Changer untuk merubah atribut file yang telah diubah.

Itulah tips dan trik mengenai cara menghilangkan virus computer tanpa harus menginstall antivirus dan mengatasinya. Silahkan Anda praktikkan. [PNJ]