Fungsi Tablet PC

16 Mar 2012 11:30 | Hits: 3190

Fungsi Tablet PC Akan Menggeser Eksistensi Desktop PC

Fungsi Tablet PC Akan Menggeser Eksistensi Desktop PC

Pada sebuah konferensi bulan Januari lalu, CEO Apple, Tim Cook, mengatakan, "saya sangat percaya, dan banyak perusahaan lainnya percaya, bahwa akan datang suatu hari dimana pasar tablet PC akan lebih besar dari pasar PC tradisional." Sebagian besar pengamat memprediksikan, dalam waktu dekat sekitar tahun 2013, fungsi tablet PC akan menjadi "tambahan” bagi pasar PC karena banyak pengguna akan memiliki keduanya.

Poin penting dari pergeseran dominasi fungsi tablet PC ini telah terlihat saat ini, dimana banyak situs telah melihat traffic pengunjung dari perangkat mobile mulai tumbuh, dan dalam beberapa kasus melebihi angka 50%. Dari fakta yang terjadi ini, dapat diprediksikan pangsa desktop PC yang tersisa lebih lanjut akan terfragmentasi oleh tablet PC.

Prediksi dominasi fungsi tablet PC ini juga didukung oleh tren yang sedang terjadi saat ini. Berikut tren yang terjadi dalam berbagai bidang saat ini yang mendukung prediksi tablet PC akan mendominasi dan mengakuisisi desktop PC atau PC tradisional lainnya.

Enterprise

Banyak perusahaan telah menemukan bahwa tenaga kerja lebih efektif dalam keadaan mobile, dan dibekali dengan perangkat mobileserta aplikasi mobile untuk memenuhi kebutuhan karyawan. Banyak vendor dan pengembang aplikasi yang dulu didominasi oleh BlackBerry, kini menargetkan pasar pengguna selain penggunaan oleh personal. Seperti contoh rumor bahwa Apple akan mengumumkan ketersediaan Microsoft Office Suite untuk iPad, dimana ini adalah salah satu upaya penerapan fungsi tablet PC dalam dunia kerja dan bisnis.

Printing

Banyak perusahaan dan lembaga pendidikan memerlukan dokumentasi dan text books yang selalu diperbaharui. Laju perubahan ini apabila dilihat dari sudut pandang dampak biaya dan pengaruh lingkungan dari pencetakan pada kertas, tentu akan berdampak negatif. Oleh karena itu banyak pihak yang mengarahkan pada satu titik solusi, yaitu tablet PC. Terdapat data yang menunjukkan bahwa perusahaan yang menggunakan tablet PC untuk keperluan karyawan mereka, secara signifikan mengurangi kebutuhan atas kertas dan biaya pengeluaran.

Education

Sebagai konsekuensi pada poin printing di atas, banyak sekolah, mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi, menggelar program tablet PC. Sayangnya hal ini sudah marak terjadi di luar negeri, tetapi masih belum begitu diimplementasikan di Indonesia. E-Book buku pelajaran telah tersedia, tetapi perangkat tablet PC masih merupakan barang eksklusif. Sehingga belum terdapat suatu program dimana tablet PC memungkinkan untuk dimiliki oleh semua siswa.

Contoh perkembangan fungsi tablet PC pada dunia pendidikan di luar negeri bisa dilihat pada blog Schools iPad. Hanya lebih dari sebulan lalu setelah Apple mengumumkan software iBooks Author dan metode distribusi iBooks, pihak Apple mengatakan bahwa 1,5 juta iPad digunakan dalam sistem pendidikan, memanfaatkan lebih dari 20.000 aplikasi pendidikan.

Entertainment

Selain menjadi "pendamping" untuk menonton televisi, fungsi tablet PC berkembang menjadi alat untuk menikmati konten saluran televisi. Dulu perkembangan aplikasi hanya sebatas memberikan jadwal tayangan televisi saja. Tetapi kini TV streaming sangat mungkin dilakukan oleh perangkat mobile, khususnya akan lebih nyaman menggunakan tablet PC. Hal ini sudah terjadi di Indonesia, seperti contoh aplikasi streaming myTRANS yang menyajikan beragam tayangan TransTV dan Trans7.

Government

Berita yang beredar mengatakan bahwa Angkatan Udara AS membeli satu skuadron iPad untuk mendukung kinerja mereka—berita yang juga menjadi petunjuk bahwa Blackberry Playbook tidak lagi menjadi satu-satunya tablet PC yang memiliki sertifikat untuk digunakan oleh lembaga pemerintah AS. Rumor yang muncul juga menyatakan Android dan Windows 8 juga sedang bersiap-siap untuk mentarget "sertifikat” tersebut. Dengan adanya "sertifikat” ini, jelas akan makin mengukuhkan fungsi tablet PC sebagai perangkat yang banyak digunakan ke depannya.

Munculnya tablet PC, efisiensi yang ditawarkannya, dan pertumbuhannya untuk digunakan dalam banyak bidang, harus diakui sangat memiliki kompetensi untuk mewujudkan apa yang diprediksikan oleh para ahli, yaitu menggeser eksistensi PC tradisional. Apa yang akan terjadi pada desktop PC? Dalam jangka pendek, desktop PC masih akan digunakan, karena tablet PC bisa dibilang masih dalam tahap perkembangan dan belum bisa sepenuhnya menggantikan desktop PC. Tetapi dalam jangka panjang, sangat mungkin desktop PC akan menjadi perangkat peninggalan kuno yang dipamerkan di museum dengan tajuk "sejarah perkembangan teknologi” bersama dengan beberapa perangkat peninggalan kuno lainnya. [RY]