Modem Wireless Router

14 Mar 2012 18:30 | Hits: 22126

Tips & Trik Memilih Modem Wireless Router Sebelum Membeli

Tips & Trik Memilih Modem Wireless Router Sebelum Membeli

Sebelum Anda memutuskan untuk mulai menggunakan modem wireless router, sebaiknya Anda mulai memikirkan apakah Anda memang benar-benar memerlukannya atau tidak?

Beberapa orang hanya beraktivitas dari satu laptop atau PC yang dapat langsung terhubung ke satu modem biasa. Mereka mungkin tidak memiliki pengguna lain atau perangkat lain di rumah. Jika Anda berada pada kondisi seperti ini, maka Anda tidak memerlukan modem wireless router.

Namun, apabila di dalam rumah Anda terdapat banyak pengguna internet dan/atau banyak gadget, maka modem wireless router baru bisa menjadi perangkat yang sangat bermanfaat, dan juga bisa untuk menghemat biaya, daripada masing-masing menggunakan layanan data internet sendiri-sendiri.

Apabila koneksi data internet umumnya digunakan untuk browsing situs, modem wireless router biasa dengan harga yang lebih murah sudah cukup untuk kebutuhan koneksi WiFi sederhana Anda.

Namun apabila aktivitas online Anda kebanyakan untuk treaming high-definition video, heavy-duty gamer, atau sering transfer file dengan kapasitas yang sangat besar, Anda membutuhkan modem wireless router dengan kemampuan bandwith yang lebih besar pula, dan tentu saja dengan harga yang lebih mahal.

Beberapa modem wireless router menawarkan fitur tambahan seperti slot SDcard dan port USB untuk sharing printer dan drive eksternal. Jika fitur tersebut Anda butuhkan, maka perhatikan fitur tersebut saat Anda mencari modem wireless router.

Di dalam bidang wireless router juga terdapat istilah-istilah seperti band misalnya. 2.4GHz dan 5GHz band yang merupakan frekuensi di mana komunikasi nirkabel beroperasi. WiFi 802.11B dan 802.11G menggunakan band 2.4GHz, sementara 802.11N dapat menggunakan 2.4GHz dan 5GHz band. Sebuah modem wireless router single-band, 2.4GHz, diarahkan untuk penggunaan jaringan nirkabel sederhana. Sementara modem wireless router dual-band yang mendukung frekuensi baik 2.4GHz dan 5GHz, bermanfaat bagi pengguna yang lebih advance dengan aktivitas internet yang lebih berat.

Kekurangan dari frekuensi 5GHz adalah ia tidak dapat mempertahankan sinyal pada jarak yang jauh sebaik frekuensi 2.4GHz. Jadi, jika Anda mencari modem wireless router dual-band untuk mengambil keuntungan dari bandwidth frekuensi 5GHz yang besar, Anda harus memperhatikan penempatan modem wireless router tersebut di dalam rumah Anda agar jangan terlalu jauh.

Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan perihal penggunaan frekuensi WiFi ini adalah frekuensi apa yang didukung oleh gadget Anda. Perhatikan spesifikasi gadget atas jaringan WiFi yang didukungnya, cara paling mudah adalah dengan memperhatikan spesifikasi yang bertuliskan WiFi 802.11B, 802.11G, dan/atau 802.11N.

Ketika Anda memilih modem wireless router, Anda akan melihat tiga digit angka yang terpampang di kemasan yang menunjukkan kecepatan. Beberapa tahun yang lalu, 300 Mbps adalah kecepatan standar dari WiFi router. Hal tersebut mengartikan bahwa pengujian dalam situasi terbaik dan tanpa gangguan, modem wireless router dapat mencapai kecepatan hingga 300 Mbps. Saat ini, 450 Mbps atau bahkan 900 Mbps. Kecepatan hingga 900 Mbps bisa Anda temukan pada modem wireless router dual-band terbaru di pasaran.

Kecepatan modem wireless router tidak berbanding lurus dengan kecepatan koneksi data internet Anda, karena koneksi kecepatan internet Anda bergantung pada provider di mana Anda berlangganan data internet. Modem wireless router berkecepatan 900 Mbps tidak akan lebih cepat dari modem wireless router berkecepatan 300 Mbps apabila Anda berlangganan layanan data internet dengan kecepatan maksimal 512 Kbps.

Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda untuk dalam memilih modem wireless router, yaitu dengan menyesuaikan layanan data internet yang Anda gunakan.

Kecepatan modem wireless router akan berbanding lurus dengan performa jaringan internal Anda. Contoh sharing file atau streaming video antar gadget di dalam rumah akan lebih cepat pada modem wireless router berkecepatan 900 Mbps daripada 300 Mbps.

802.11N saat ini menjadi standar dalam jaringan nirkabel. Jika Anda membeli modem wireless router baru, baik itu single-band atau dual-band, pilih router 802.11N. Jangan pilih 802.11N draft, yang merupakan standar yang lebih tua. Modem wireless router 802.11N dapat berjalan dalam Mixed mode sehingga gadget non-802.11N masih dapat terhubung.

Sebagian besar modem wireless router terbaru saat ini mendukung tingkat keamanan tertinggi WiFi, yaitu WPA2. Jadi, jika Anda mencari modem wireless router baru, pastikan produk terebut mendukung WPA2. Jika Anda menggunakan modem wireless router tersebut untuk digunakan pada jaringan nirkabel rumah bersama dengan anak Anda, mungkin Anda layak mempertimbangkan sebuah produk dengan fitur keamanan parental controls.

Memang konversi dari jaringan IPv4 ke IPv6 tampaknya masih akan berlangsung dalam beberapa waktu mendatang. Tetapi jika Anda akan membeli sebuah modem wireless router dan tidak ingin melakukan upgrade dalam waktu dekat, pertimbangkan untuk membeli produk yang mendukung IPv6. Modem wireless router yang mendukung IPv6 akan membantu Anda menjaga jaringan Anda bisa digunakan secara utuh ketika ISP(Internet Service Provider) Anda melakukan transisi ke IPv6.

Baik itu modem wireless router single-band berharga murah maupun dual-band yang mahal, setiap produk memiliki setting dan manajemen jaringan yang berbeda-beda. Apabila Anda masih kurang paham atau masih awam dengan setting jaringan nirkabel tersebut, carilah modem wireless router dengan setting dan manajemen jaringan yang mudah. Di pasaran terdapat produk dengan setting sederhana atau otomatis di mana Anda tinggal melakukan klik pada beberapa instruksi. [RY]