WiFi Tethering

14 Mar 2012 11:00 | Hits: 23085

Mengenal Lebih Dalam tentang WiFi Tethering

Mengenal Lebih Dalam tentang WiFi Tethering

Ketika melihat spesifikasi sebuah perangkat mobile, baik itu tablet PC ataupun smartphone, kadangkala Anda akan menemui kata WiFi tethering. Namun sebenarnya apakah maksud dari WiFi tethering tersebut? Paseban pun cukup tertarik untuk mengetahui fungsi dari fitur ini. Berikut ulasannya.

Secara kata, tethering memiliki arti untuk membagi atau sharing koneksi internet dari sebuah perangkat mobile dengan perangkat lain. Sharing koneksi internet tersebut bisa dilakukan melalui WiFi atau wireless LAN, Bluetooth atau menggunakan koneksi fisik menggunakan kabel. Dalam arti singkat, jika sebuah handphone memiliki fitur WiFi tethering, maka handphone tersebut bisa Anda jadikan sebagai mobile hotspot. Dengan fungsi ini, tentunya Anda tak perlu menggunakan lebih dari satu jenis paket internet untuk beberapa perangkat mobile. Anda cukup membeli satu paket internet dengan kuota yang cukup besar dan membaginya dengan beberapa perangkat mobile sekaligus. Dengan adanya fitur ini, maka handphone Anda juga akan melakukan router.

Berbagai jenis platform sistem operasi mendukung fitur WiFi tethering ini. Dari Android, iOS, hingga Windows Phone bisa menggunakan fungsi tersebut. Untuk para pengguna handphone Android, Anda diharuskan paling tidak menggunakan OS Android Froyo 2.2. Sedangkan untuk pengguna perangkat Apple, Anda bisa melakukan jailbreak untuk menggunakan fitur WiFi tethering. Selain itu, jika Anda memiliki perangkat Apple dengan sistem operasi iOS versi 4.3 atau versi di atasnya, maka Anda tak perlu melakukan jailbreak.

Fitur ini sebenarnya juga bisa digunakan untuk platform lain seperti Symbian, Meego ataupun WebOS. Namun untuk platform-platform tersebut, Anda membutuhkan sebuah aplikasi WiFi hotspot untuk memfungsikan fitur WiFi tethering. Sedangkan untuk pengguna Android, kemungkinan fitur ini akan diblok oleh beberapa operator. Anda bisa menyalakan fungsi ini dengan melakukan rooting. Sedang untuk pengguna Symbian, Anda dapat menggunakan aplikasi bernama JoikuSpot yang bisa diunduh dengan membayar 9 Euro di sini.

Cara melakukan tethering menggunakan wireless atau WiFi sangat mudah. Anda bisa memperoleh beberapa aplikasi WiFi tethering yang bisa Anda peroleh dengan mudah dan gratis. Antara lain adalah WiFi Tethering, Barnacle WiFi Theter dan lain-lain. [IB]