Membuat Jaringan WiFi

18 Mar 2012 18:00 | Hits: 4951

Membuat Jaringan WiFi di Rumah Anda - Mengatur Sharing File Folder dan Membuat Akun (3 - end)

Membuat Jaringan WiFi di Rumah Anda - Mengatur Sharing File Folder dan Membuat Akun (3 - end)

Pada Windows 7, salah satu setting untuk membuat jaringan WiFi ini bisa dilakukan dengan menciptakan "HomeGroup,” cara user-friendly untuk menciptakan sebuah "workgroup”. Sebuah "HomeGroup” adalah sekelompok gadget pada jaringan rumah yang dapat berbagi file dan printer.

Menggunakan "HomeGroup” membuat berbagi lebih mudah. Anda dapat berbagi foto, musik, video, dokumen, dan printer dengan orang lain di HomeGroup Anda. Orang lain tidak dapat mengubah file yang Anda share, kecuali Anda memberikan mereka izin. Anda dapat melindungi HomeGroup Anda dengan password, yang dapat Anda ubah setiap saat.

  • Ketika Windows 7 pertama terhubung ke jaringan, pengguna akan diminta untuk menetapkan lokasi jaringan. Pastikan bahwa lokasi tersebut diatur ke "Home network " (Anda dapat memeriksanya pada Network and Sharing Center) karena HomeGroup hanya bekerja pada "Home network”.

  • Buka "HomeGroup" pada control panel, kemudian klik "Create a HomeGroup." Untuk setiap klien Windows 7 yang Anda berikan akses ke HomeGroup, buka HomeGroup di Control Panel dari perangkat lain tersebut dan kemudian klik "Join now" (perangkat tersebut harus secara fisik atau secara nirkabel terhubung ke jaringan).

  • Selama proses setup atau join dengan HomeGroup, Anda dapat memilih libraries, printers atau file dan folder yang Anda ingin share. (detail dari setting ini terdapat pada langkah membuat jaringan WiFi di artikel selanjutnya).

Kekurangan menggunakan HomeGroup dalam membuat jaringan WiFi adalah ia hanya sharing dengan perangkat lain yang menggunakan platform Windows 7, dan tentu saja setting ini kurang efektif apabila pengguna jaringan WiFi menggunakan perangkat yang berbeda-beda. Apabila Anda dalam kondisi seperti ini maka Anda bisa menggunakan Workgroup standar.

  • Klik "Start menu,” klik kanan "My Computer,” dan klik "Properties.”

  • Klik "change setting” yang terdapat di samping "Computer name.”

  • Pada jendela "System Properties -> tab Computer Name,” klik tombol "Change," yang tersedia pada bagian paling bawah.

  • Pilih "Workgroup," dan inputkan nama workgroup -> Klik "OK” -> restart perangkat.
    Lakukan hal yang sama pada semua perangkat lain yang berada di jaringan WiFi yang sama.

Membuat Akun

Umumnya dalam membuat jaringan WiFi pada level bisnis, pengguna dapat mengakses jaringan dengan login user account dan password mereka. Jaringan perusahaan IT mengatur akun pengguna untuk mengawasi siapa yang mengakses jaringan dan kapan mereka mengaksesnya. Akun pengguna merupakan sarana untuk kontrol terhadap akses pengguna. Mungkin ada beberapa data pada jaringan dimana beberapa pengguna harus memiliki akses dan beberapa pengguna lainnya tidak. Mungkin beberapa pengguna hanya bisa membaca file tertentu, sementara yang lain dapat mengubah file tersebut.

Anda bisa menerapkan sistem jaringan semacam ini dalam membuat jaringan WiFi di Rumah Anda, apalagi setelah Anda menciptakan HomeGroup atau Workgroup yang telah dipaparkan pada artikel sebelumnya. Setting akun pengguna cukup mudah pada Windows 7:

  • Di "Control Panel,” pilih ikon "User Accounts.” Kemudian Anda bisa mengkonfigurasi bagaimana setting yang Anda inginkan.

  • Untuk menambahkan akun pengguna lain, di "User Accounts” klik "Manage another Accounts," lalu klik tab "Create account."

Untuk mengakses pengaturan user account yang lebih advanced, Anda bisa mengaksesnya dengan cara:

  • Buka "Start menu”

  • Di "search programs and files” pada bagian paling bawah, ketikkan netplwiz, lalu klik hasil yang muncul.

  • Pada window yang muncul, pilih tab "Advanced,” dan pada bagian "Advanced user management,” klik tombol "Advanced.”

  • Klik kanan pada "Users" atau "Groups" untuk menambahkan user atau group baru.
    Untuk mengontrol akun pengguna mana bisa mengakses data apa, Anda juga bisa mengatur hak akses untuk file dan folder. Untuk melakukan hal ini dalam rangka membuat jaringan WiFi di rumah Anda, klik kanan pada folder, klik "Properties" dan kemudian "Sharing" tab.

Pada pilihan yang tersedia di menu ini, Anda dapat menambahkan akun pengguna yang ingin Anda berikan akses ke folder tersebut dan akun pengguna yang tidak mendapat akses. Anda juga dapat klik kanan "Library” pada masing-masing akun pengguna untuk mengatur masalah sharing. Klik kanan pada printer untuk menampilkan tab "sharing" dan menentukan akses bersama.

Apabila Anda membuat jaringan WiFi untuk pengguna yang banyak, ide yang baik apabila Anda mengelompokkan user tersebut menjadi beberapa group. Dan kemudian menentukan akses file dan folder berdasarkan group tersebut. [RY]