Membuat Jaringan WiFi Sendiri

17 Mar 2012 18:00 | Hits: 10485

Panduan Lengkap Membuat Jaringan WiFi Sendiri di Rumah Anda: Mengkoneksikan Wireless Router (1)

Panduan Lengkap Membuat Jaringan WiFi Sendiri di Rumah Anda: Mengkoneksikan Wireless Router (1)

Pada artikel ini Paseban ingin membahas cara membuat jaringan WiFi sendiri atau setting jaringan WiFi di rumah Anda, baik itu menggunakan modem wireless router maupun menggunakan dua perangkat terpisah modem DSL+wireless router.

Setelah Anda membeli modem wireless router atau modem DSL + wireless router, menyiapkan semua gadget Anda—laptop, tablet PC, smartphone, desktop PC—untuk terkoneksi satu sama lain dalam sebuah jaringan WiFi di rumah Anda, kemudian yang harus Anda lakukan adalah melakukan setting atas semua perangkat tersebut. Bagi beberapa orang, langkah selanjutnya berupa membuat jaringan WiFi sendiri ini adalah langkah yang paling tidak menyenangkan.

Tidak peduli betapa mudahnya setting wireless router yang diucapkan penjual produk saat Anda membelinya, membuat jaringan WiFi sendiri di rumah Anda melibatkan lebih dari sekedar membeli dan mengkoneksikan semua gadget ke wireless router. Tapi tidak berarti bahwa hal itu harus mimpi buruk, Anda dapat mengatur jaringan WiFi yang dapat dikelola dan dikendalikan dari suatu pusat dalam beberapa langkah. Anda hanya perlu tahu apa yang Anda lakukan dan melakukannya dengan cara yang benar.

Jika Anda dapat melakukan langkah-langkah membuat jaringan WiFi sendiri yang tepat, Anda akan memiliki jaringan yang dikontrol melalui satu pusat dengan keamanan yang lebih baik. Memiliki kontrol yang lebih atas jaringan WiFi memungkinkan Anda untuk mendapatkan efisiensi atas remote access ke perangkat dan data pada jaringan. Dan bagi orang tua, kontrol lebih atas jaringan ini memberikan kemampuan untuk melihat apa yang diakses anak Anda dan mengontrol apa yang boleh mereka akses.

Dalam membuat jaringan WiFi, wireless router adalah pusat dari jaringan WiFi di rumah Anda tersebut. meskipun vendor seperti Cisco atau Linksys telah menciptakan wireless router dengan embel-embel setup yang cukup mudah, Anda masih perlu untuk menggali lebih dalam di konfigurasi router tersebut demi mendapatkan keamanan, kontrol akses, dan managemen yang lebih.

Mengkoneksikan Wireless Router

Dalam membuat jaringan WiFi sendiri, router adalah pintu gerbang antara internet dan jaringan WiFi di rumah Anda. Perangkat ini juga merupakan sarana di mana semua perangkat pada jaringan Anda berkomunikasi dengan satu sama lain, baik itu adalah modem wireless router maupun modem DSL+wireless router yang terpisah. Jadi bisa dibilang router adalah pusat dari jaringan WiFi, oleh karena itu perangkat inilah yang harus Anda setting terlebih dahulu.

Seperti yang telah Paseban bahas pada Tips Dalam Memilih Modem Wireless Router, pilihlah router 802.11N untuk mendapatkan performa yang maksimal dalam membuat jaringan WiFi sendiri di rumah Anda. Anda juga harus memastikan gadget yang akan terkoneksi dengan router ini juga memiliki 802.11N network adapter. Apabila gadget Anda bukan tergolong gadget jadul, maka Anda tidak perlu khawatir akan dukungan 802.11N ini. Untuk perangkat mobile yang sudah mendukung WiFi, dapat dipastikan mereka sudah mendukung 802.11N. Tetapi apabila Anda menggunakan laptop atau desktop produk lama, Anda bisa membeli adapter kompatible tambahan yang mendukung 802.11N.

Setelah Anda memastikan semua perangkat sesuai dengan kriteria diatas, langkah membuat jaringan WiFi berlanjut pada setup. Dan langkah pertama setup adalah mengkoneksikan router ke modem internet Anda dengan Ethernet cable. Langkah ini untuk Anda yang menggunakan modem+router secara terpisah, tetapi apabila Anda menggunakan modem wireless router, langkah pertama ini bisa Anda abaikan dan langsung lompat ke langkah kedua pada artikel selanjutnya.

  1. Pertama, cabut atau matikan modem DSL (Digital Subscriber Line).

  2. Nyalakan router Anda dan colokkan kabel Ethernet pada port yang tersedia di router dengan label "Internet" atau "WAN."

  3. Hubungkan ujung lain dari kabel ethernet ke modem DSL, kemudian nyalakan modem.

  4. Jangan mencoba untuk menghubungkan perangkat seperti laptop atau tablet sampai Anda memiliki sinyal yang kuat dan baik, sinyal yang menunjukkan koneksi WAN (Wide Area Network) pada kedua perangkat router dan modem.

Langkah membuat jaringan WiFi selanjutnya adalah Mengakses Interface Router dan menguncinya yang akan Paseban bahas pada artikel mendatang. [RY]