Penemuan Teknologi Terbaru

09 Mar 2012 09:00 | Hits: 13926

Penemuan Teknologi Terbaru yang Mutakhir Di Tahun 2011

Penemuan Teknologi Terbaru yang Mutakhir Di Tahun 2011

Peluncuran produk seperti Galaxy Nexus, Kindle Fire, dan iPhone 4S dengan teknologi Siri miliknya menjadi berita penemuan teknologi terbaru yang paling hot pada tahun 2011 lalu. Tetapi di antara gencarnya rilis berita paling hot tersebut, terdapat beberapa penemuan teknologi terbaru yang bisa dibilang 10 atau 15 tahun lebih cepat dari masanya. Apa saja penemuan terknologi terbaru yang bersifat "masa depan” tersebut? berikut rangkumannya:

Networking via LED

WiFi Anda ngadat? Itu bukanlah masalah, Anda masih bisa menjalankan jaringan melalui lampu kamar Anda. Para ilmuwan dari Fraunhofer Institute for Telecommunications di Jerman bekerja di luar cara biasa untuk menciptakan penemuan teknologi terbaru ini. Teknologi ini berjalan dengan cara mengirimkan data melalui bola lampu LED normal. Dan Anda masih dapat menggunakannya untuk penerangan, karena saat transfer data, lampu akan berkedip sangat cepat sehingga mata telanjang tidak bisa melihatnya.

Seberapa cepat? Cukup cepat untuk berjalan 800 Mbps, sebuah spesifikasi yang mengesankan untuk standar home-networking. Hanya beberapa komponen yang diperlukan untuk meng-upgrade LED normal menjadi illuminator jaringan yang dapat mencapai luas 10 meter persegi. Salah satu kekurangan penemuan teknologi terbaru ini, dan sedang dalam pengembangan lebih lanjut, adalah bila ada orang berjalan antara cahaya tersebut, perangkat akan mematikan koneksi.

Terminator Contact Lens

Beberapa waktu lalu Paseban pernah membahas kacamata Google HUD (Head-Up Display) ala Ironman. Ternyata contact lens HUD ala Terminator telah menjadi penemuan teknologi terbaru pada 2011 lalu.

Para peneliti di University of Washington mengembangkan contact lens yang memiliki beberapa elektronik untuk menampilkan informasi visual bagi pemakainya, dan tentu saja masih tetap aman untuk mata pengguna. Tetapi penemuan teknologi terbaru ini memiliki satu batasan, yakni hanya dapat memberikan tampilan sebesar satu piksel saja.

Adanya penemuan teknologi terbaru ini jelas akan mengarah pada sistem yang lebih canggih di masa mendatang. Suatu hari nanti Anda mungkin dapat segera memesan sepasang contact lens Anda sendiri yang siap untuk menampilkan informasi dari Google atau Wikipedia, atau membuat Anda tenggelam pada live-action gameplay.

Baterai yang Lebih Baik

Beberapa kelompok peneliti sedang bekerja untuk membantu menciptakan penemuan teknologi terbaru mutakhir di mana kita tidak harus charge gadget setiap malam. Dan ketika men-charge, tidak akan butuh waktu lama untuk mengisi daya.

Berkeley National Laboratory menciptakan bahan polimer baru sehingga mereka dapat menciptakan sebuah baterai yang menyimpan biaya 30% lebih besar dari baterai Lithium-Ion saat ini. Penemuan teknologi terbaru yang sama diciptakan oleh laboratorium University of Illinois yang mengembangkan teknik untuk memungkinkan baterai berkapasitas tinggi yang bisa charge dan discharge dalam hitungan detik.

Penemuan teknologi terbaru dalam rangka pengembangan kemampuan baterai juga dilakukan oleh lulusan mahasiswa pascasarjana di Stanford. Mahasiswa tersebut membangun baterai yang bisa di-charge selama puluhan tahun tanpa kehilangan kapasitas. Penelitian lain di Stanford menciptakan baterai transparan yang dapat digunakan dalam gadget transparan. Mengumpulkan semua penemuan teknologi terbaru di atas bersama-sama, maka baterai masa depan akan memiliki kapasitas tinggi, pengisian instan, tahan lama, dan transparan.

Gadget Fleksibel

Satu masalah pada layar touchscreen saat ini adalah memiliki risiko pecah. Meskipun terdapat penemuan seperti Gorilla Glass, namun penemuan semacam ini hanya meminimalisir risiko, bukan menghilangkan risiko layar touchscreen pecah. Risiko ini bisa dihilangkan apabila layar touchscreen bukan berbahan kaca, tetapi dari bahan yang bisa ditekuk. Nokia dan Samsung telah mengisyaratkan akan adanya produk ponsel yang bisa ditekuk seperti ini, dan satu penemu asal Kanada telah menunjukkan bahwa penemuan teknologi terbaru semacam ini bisa dilakukan.

Full Duplexing

Spektrum yang lebih, lebih banyak, dan lebih lagi, itulah gencarnya teriakan industri nirkabel, dan solusi untuk banyak masalah yang dihadapi. Permintaan akan gelombang udara lebih adalah permintaan yang rasional. Tetapi sebenarnya mereka bisa mengatasi hal ini menggunakan apa yang telah mereka miliki dengan penemuan teknologi terbaru yang sedang dikembangkan peneliti Rice University.

Tim peneliti dari Rice University ini berhasil mencapai dupleks penuh yang secara efektif menggandakan jumlah data yang dikirimkan melalui jaringan. Bagusnya, penelitian tersebut berjalan dengan menggunakan perangkat yang sudah ada saat ini. Meskipun standar nirkabel baru perlu dikembangkan untuk menggunakannya, penemuan teknologi terbaru ini bisa diimplementasikan dengan cepat karena ia bisa dilakukan dengan menara BTS yang sudah ada.

Social Cloud Computing

Penemuan teknologi terbaru yang terjadi pada 2011 terakhir adalah cloud computing. Teknologi ini memungkinkan penggunaan beberapa komputer melalui sebuah jaringan untuk memadukan kemampuan mereka dalam menyelesaikan beberapa tugas komputasi. Penemuan teknologi terbaru ini memiliki potensi, tetapi memiliki masalah terbesar apabila salah satu dari komputer mengandung malware maka seluruh jaringan akan terkontaminasi. [RY]