Sistem Operasi Open Source

09 Mar 2012 08:00 | Hits: 4360

Linpus OS - Sistem Operasi Open Source Berbasis Linux yang Digunakan untuk Smartphone, Tablet dan Laptop

Linpus OS - Sistem Operasi Open Source Berbasis Linux yang Digunakan untuk Smartphone, Tablet dan Laptop

Kepopuleran Linux sekarang ini mungkin masih kalah jika dibandingkan dengan Android dari Google yang sebenarnya juga berbasis Linux. Sifat Open Source dari Linux inilah yang memicu muncul banyak distro Linux seperti Debian, Fedora, Ubuntu hingga Android. Namun terdapat salah satu distro Linux yang kurang dikenal tapi sebenarnya cukup menarik yakni Linpus. Sistem operasi open source Linpus ini sebenarnya sudah disertakan saat Acer merilis netbook pertamanya yaitu Aspire One.

Linpus OS sendiri adalah sistem operasi open source dengan basis Fedora yang dibuat firma Linpus Technologies Inc Taiwan. Sistem operasi open source Linpus ini didesain khusus untuk sepenuhnya mendukung kebutuhan pasar Asia yang lengkap dengan unicode untuk bahasa China dan Jepang.

Seiring dengan kemajuan teknologi, Linpus OS tidak hanya terbatas hadir untuk komputer. Kini, Linpus telah mempunyai beberapa versi yang mendukung bermacam - macam perangkat mulai dari tablet, netbook hingga notebook dengan prosesor x86 atau bahkan untuk smart TV sekalipun. Desain interface Linpus OS mengambil inspirasi dari Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Sementara itu, untuk versi notebook Linpus OS akan menyediakan perangkat keras tambahan yang biasanya tidak dimasukkan dalam sebuah tablet Android.

Versi spesial dari Linpus OS adalah Linpus Lite yang berjalan pada perangkat dengan harga terjangkau seperti netbook. Sistem operasi open source versi ini memiliki memiliki icon dan tab dengan mode yang sederhana, dan didesain untuk pengguna baru dengan gaya konvensional. Linpus Lite memang ditujukan untuk handheld device dengan layar yang lebih kecil dan mendukung resolusi rendah (640 x 480).

Sekarang ini, Linpus OS sedang berfokus untuk mengoptimalkan OS Android Ice Cream Sandwich untuk arsitektur Intel x86. Dan terbentuklah versi terbaru produk Android mereka, Linpus Lite Android ICS. Sebenarnya edisi terbaru dari Linpus OS dipecah menjadi dua versi: versi pertama adalah Linpus OS untuk tablet dan yang lain adalah versi netbook/notebook. Pada kasus selanjutnya, karena Ice Cream Sandwich pada prinsipnya didesain untuk tablet dan smartphone, Linpus bekerja keras untuk mengoptimalkannya pada area PC hardware. Contohnya pada power manager, openGL, HDMI out, LAN, Bluetooth, VGA hingga mode sleep.

Kabar terakhir Linpus OS juga akan dipersiapkan untuk perangkat dengan chip Medfield dari Intel. Jika Anda tertarik untuk mengembangkan sistem operasi open source Linpus dan ingin tahu lebih banyak mengenai sistem operasi open source alternatif ini, Anda dapat mengunjungi situs resmi Linpus di sini. [RK]

Linpus QuickOS Intro Video