Teknologi Canggih

08 Mar 2012 10:00 | Hits: 2539

Moneto - Teknologi Canggih NFC di MicroSD Smartphone

Moneto - Teknologi Canggih NFC di MicroSD Smartphone

Perkembangan teknologi canggih memang tidak ada habisnya, berbagai teknologi baru bermunculan untuk menawarkan produk berupa layanan atau jasa. Seperti contohnya teknologi cloud computing yang banyak digunakan pada smartphone. Dan untuk saat ini yang ramai diperbincangkan adalah teknologi NFC atau Near Field Communication. Beberapa jenis handphone pintar seperti Samsung Galaxy S II, BlackBerry Dakota dan Nokia C7 mendukung pemakaian teknologi ini.

Mungkin lebih asyiknya, Paseban akan memaparkan terlebih dahulu apa itu Teknologi NFC ? Teknologi NFC merupakan teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai transaksi. Seperti pertukaran konten digital dengan hanya satu sentuhan saja. Teknologi canggih ini mempunyai cara kerja yang mudah, di mana memungkinkan orang untuk melakukan hal yang mereka inginkan dengan menyentuh atau menempatkan perangkat mereka dekat dengan layanan yang dikehendaki. Jadi, Layanan NFC sama persis dengan teknologi infrared untuk komunikasi data antara dua device. Akan tetapi yang membedakan disini adalah Teknologi NFC ini beroperasi pada pita frekuensi dengan standar berlisensi 13.56MHz dengan jarak lebih dari sekitar 20 cm. Menawarkan kecepatan transfer data 106 Kbps, 212 Kbps dan 424 Kbps. Tentu berbeda dengan teknologi komunikasi data semisal infrared dan Bluetooth.

Teknologi canggih NFC bekerja pada dua perangkat device, setelah perangkat tersebut didekatkan maka secara otomatis sambungan akan dibuat dalam hitungan detik. Selanjutnya, kedua device perangkat tersebut dapat melakukan pertukaran data secara langsung. Untuk mendukung teknologi NFC ponsel pintar harus menggunakan chip NFC. Selain itu, untuk melakukan layanan komunikasi dengan teknologi ini diperlukan alat pembaca NFC. Tanpa alat pembaca NFC, chip NFC tidak akan berfungsi.

Nah, permasalahan yang muncul kemudian adalah masih sedikitnya handphone dan smartphoneyang memiliki dan built in chip NFC tersebut. Menanggapi permasalahan yang muncul tersebut, telah dirilis sebuah Chip NFC yang built in dengan microSD bernama Moneto. Jadi, Anda tidak perlu harus mengganti-ganti smartphonedan ponsel yang tidak memiliki chip NFC ini. Cukup membenamkan Moneto, Anda bisa mempergunakan teknologi canggih ini.

Teknologi canggih chip NFC MicroSD Moneto ini, dibuat oleh produsen kartu memori terkemuka yaitu DeviceFidelity dan Spring Card Systems. Kedua produsen kartu memori terkemuka ini merancang Moneto untuk platform Android. Awal mula rilis dari produk ini hanya menekankan pada smartphone Samsung. Seiring perkembangan yang ada maka produsen menambah untuk merek lainnya yaitu Motorola, Sony, HTC, LG dan Huawei.

Cara penggunaan teknologi canggih Moneto ini cukuplah mudah. Anda tinggal memasukkan kartu microSD Moneto tersebut ke dalam ponsel atau smartphoneyang dimiliki. Lalu Anda tinggal meng-install aplikasi In2Pay yaitu software bawaan dari chip NFC Moneto ini. Setelah proses instalasi dilakukan, maka Anda pun bisa mempergunakan teknologi canggih chip NFC Moneto ini.

Merasa tidak ingin meninggalkan kesan sebagai media penyimpanan data, chip NFC Moneto ini pun masih bisa dipergunakan untuk menyimpan data layaknya memori microSD serupa lainnya. Tetapi di sini ukuran penyimpanan data yang ada, hanya cukup untuk penyimpanan data sekitar 1 GB saja. Karena memang dilihat dari segi penggunaanya, chip NFC Moneto ini memang mengambil peran sebagai chip NFC dan bukan mengambil peran sebagai memori microSD.

Untuk harga yang ditawarkan untuk para penggunanya, produsen mematok harga paket sebesar seharga US$29,99 dan sekaligus Anda bisa mendapatkan kartu microSD 1 Gb dengan chip NFC di dalamnya, stiker sinyal, dan kartu debit US$10 yang sudah dimuat ke rekening Moneto. Jika Anda memiliki permasalahan klasik seperti di atas, tidak ada salahnya Anda mencoba membeli chip NFC Moneto ini. Dengan mempergunakan chip NFC Moneto ini anda bisa merasakan teknologi canggih NFC dengan tipe ponsel apa pun. [AD]