Cara Menggunakan Mouse

21 Apr 2013 12:00 | Hits: 4642

Berbagai Tips dan Trik Cara Menggunakan Mouse dan Kursor Komputer

Berbagai Tips dan Trik Cara Menggunakan Mouse dan Kursor Komputer

Hingga beberapa waktu yang lalu, kita penduduk Indonesia hanya melihat keberadaan mouse sebagai alat untuk menggerakkan kursor pada komputer. Tampilannya terbatas dengan desain yang datar; hanya menggunakan bentuk setengah lingkaran (yang cenderung lonjong) dan menggunakan bola. Cara menggunakan mouse seperti ini pun cukup sederhana. Tinggal hubungkan mouse pada PC, nyalakan PC dan tunggu sampai OS-nya ter-load dengan baik, maka pointer pun dapat kita gerakkan sesuai dengan pergerakan mouse.

Beberapa Jenis Mouse Sejak Mouse Bola

Teknologi berkembang. Mouse pun makin banyak ragamnya, dan perkembangan teknologi pada beberapa tahun jauh ke belakang menciptakan mouse dengan sistem sensor infra merah. Dengan sistem sensor ini, kita tidak perlu membersihkan apa-apa lagi ketika pergerakan mouse tidak lancar. Sangat praktis jika dibandingkan dengan mouse bola. Cara menggunakan mouse dengan sistem infra merah ini masih tetap sama dengan mouse bola.

Kemudian diciptakan mouse wireless yang tanpa kabel. Cara menggunakan mouse dengan jenis ini sedikit berbeda. Karena tanpa kabel, kita harus menghubungkan sebuah receiver pada PC sebelum dapat menggunakan mouse ini dengan leluasa. Sedikit merepotkan mmang, apalagi mouse wireless membutuhkan energi tambahan dari keberadaan satu set (biasanya dua buah) baterai.

Makin berkembangnya teknologi menciptakan sebuah sistem input yang dinamakan tablet. Keberadaan perangkat ini kini bukan lagi barang baru di dunia teknologi. Dengan bantuan sebuah tablet, kita dapat melakukan tugas desain dengan lebih muda. Cara menggunakan mouse pada tablet pun hampir sama dengan cara menggunakan mouse konvensional, bedanya pada tablet mouse ini berbentuk sebuah pulpen.

Modifikasi Sistem Input Pada Perangkat Penggerak Pointer PC

Kini, ada beberapa cara menarik untuk menggerakkan mouse pada PC. Pertama adalah dengan menggunakan smartphone Android. Ya, ponsel canggih ini dapat menggerakkan mouse Anda dengan baik, dan hanya memerlukan dua kali install aplikasi saja; satu di PC dan satu lagi di smartphone. Cara menggunakan mouse ala Android ini juga tidak jauh berbeda, kita hanya harus menggerakkan jari pada touchscreen Android untuk menggerakkan pointernya ke arah yang kita kehendaki. Terdapat beberapa virtual button juga untuk melakukan konfirmasi dan berbagai hal lainnya. Memang tidak terlalu praktis, namun cara menggunakan mouse dengan perangkat smartphone Android ini dapat menjadi solusi yang unik jika Mouse Anda sedang rusak dan Anda memiliki sebuah perangkat Android.

Cara menggunakan mouse dengan bantuan perangkat Android ini membutuhkan bantuan sebuah aplikasi. Salah satu aplikasi rekomendasi untuk menggerakkan mouse ini adalah WiFi Mouse, sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh wifimouse.necta.us. Aplikasi yang satu ini mmpu menggantikan mouse dan keyboard konvensional untuk menggerakkan kursor pada PC Anda.

Aplikasi Android

Aplikasi Android yang juga menangani mampu untuk menggerakkan mouse ini memiliki ukuran sebesar 2.2 MB dan dapat didapatkan dari Google Play. Cara menggunakan mouse dengan menggunakan aplikasi masih merekomendasikan beberapa aplikasi lagi sebetulnya, namun hanya aplikasi WiFi Mouse ini saja yang memiliki fitur lumayan lengkap sebagai aplikasi Android penggerak mouse.

eViacam

Satu lagi cara menggunakan mouse yang cukup atraktif adalah dengan menggunakan sebuah software yang sedang dikembangkan oleh developernya. Software yang diberi nama eViacam ini merupakan sebuah proyek SourceForge yang diklaim mmpu untuk menggerakkan mouse pada PC hanya dengan mendeteksi pergerakan kepala pemakainya. Dengan metode ini, kita nantinya hanya harus menggunakan pergerakan kepala untuk menggeser pointer mouse, serta kabarnya kita akan dapat menggunakan deteksi kedipan mata sebagai klik kiri. Proyek yang benar-benar menarik.

Untuk dapat menggunakan software ini, PC Anda harus dilengkapi dengan sebuah webcam terlebih dahulu. Masih belum diketahui spesifikasi minimal dari perangkat-perangkat yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan sistem ini dengan baik, namun softwarenya sendiri sudah dapat didownload dari SourceForge. Salah satu pertanyaan yang akan muncul mungkin adalah sampai sejauh apa perkembangan teknologi akan maju?

Mungkin di masa depan, tidak terlalu lama, kita akan dapat menggerakkan mouse hanya dengan deteksi arah bola mata saja. Teknik ini juga telah dikembangkan, dan mungkin akan hadir di tengah-tengah kita tidak lama lagi. [BAM]